CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PA 212 Tuntut 'Syariat Islam' Dimasukkan dalam Pancasila
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb1bc2c0cad77e52401aa6/pa-212-tuntut-syariat-islam-dimasukkan-dalam-pancasila

PA 212 Tuntut 'Syariat Islam' Dimasukkan dalam Pancasila

PA 212 Tuntut 'Syariat Islam' Dimasukkan dalam Pancasila

VIVAnews – Persaudaraan Alumni 212 menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila ( RUU HIP ) meski pemerintah memutuskan untuk menunda membahasnya dengan Dewan Perwakilan Rakyat.

Keputusan menunda, alih-alih dibatalkan, itu jug menuai kritik karena sebagian kalangan menganggap pemerintah maupun DPR masih berniat untuk membahasnya di lain waktu.

Jika pemerintah dan DPR masih berkukuh ingin membahasnya sampai disahkan menjadi undangundang, PA 212 menuntut agar tujuh kata dalam Piagam Jakarta, yaitu "... dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya", dimasukkan lagi dalam sila kesatu Pancasila.

"Jika mereka memaksakan RUU HIP menjadi UU kami juga akan menuntut kembali Pancasila berdasarkan Dekrit Presiden 5 Juli yang mencantumkan kewajiban melaksanakan syariat Islam pada sila satu," kata Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif, kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 18 Juni 2020.

Ia mengingatkan, masalah Pancasila sudah selesai dibincangkan dan diperdebatkan oleh para pendiri bangsa sehingga menjadi bagian dari Undang-Undang Dasar 1945. Kalau DPR da pemerintah mau mengutak-atiknya lagi, itu sama dengan mundur ke masa lalu.

"Jadi, jika mereka memaksa mundur kembali untuk membahas kembali ideologi bangsa yang sudah disepakati, ya, apa salahnya kita, umat Islam, mewacanakan kembalinya tujuh kata dalam Pancasila," katanya.

Alasan Slamet mengusulkan memasukkan kembali tujuh kata dalam Pancasila itu tentu menuai kontroversi namun sebenarnya yang membuat polemik di masyarakat adalah para anggota DPR. Kalau pemerintah dan DPR tak mau kontroversi, segera batalkan pembahasan RUU HIP.

Untuk itu, dia menegaskan, jangan mencoba untuk mengutik-atik yang sudah menjadi kesepakatan pendiri bangsa; umat Islam iklhas melepas tujuh kata dalam sila pertama. "Jangan coba-coba rusak lagi Pancasila dengan ideologi lain, apalagi berbau sosio-Marxisme," ujarnya.


https://www.vivanews.com/berita/poli...alam-pancasila

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 43 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
Agama lain gak ambil pusing, ormas ini ribut sendiri. Bawa-bawa nama Islam tapi yang diurus politik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonk007 dan 110 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jangan.maling
Lihat 39 balasan
ide bagus emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
Yakin ga ad pergerakan pemisahan diri klo entu kejadian?
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 7 lainnya memberi reputasi
Yg pnting eksis
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 6 lainnya memberi reputasi
Konsisten gk cuman bagi umatnya doang?
Kl bs konsisten sy sih setuju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
harusnya komplain ke BPUPKI...emoticon-Amazed


eh...emoticon-Kagets
BPUPKI ada unsur (huruf) pki-nya emoticon-Hammer (S)
terpelatuk lagi nih...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurhazbiy dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Pe A 212 bener bener goblognya natural emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ini bukan islam kok emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Cobak dipisah dlu yg sumber duid yg mana...
Klo sudah bru klean bole cobak mana yg maw diganti. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Pemikir pemikir kita di jaman awal kemerdekaan kayaknya jauh lebih pintar daripada mereka2 ini kaum pea212 deh..
padahal di antara para pemikir tsb banyak yang merupakan cendekiawan muslim dan mengerti betapa kepentingan negara ada di atas golongan agamanya sendiri

Heran kenapa kata "syariat Islam" begitu diwaspadai?
karena walaupun dengan lugu dituliskan untuk "pemeluk2nya saja" tapi secara terang-terangan di dalam rinciannya ikut mengatur peraturan untuk "non penganut". Hypocrite.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
t36uhdcfc dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Cuk lom lahir zaman tu dah pd ngebacot pling tau sejarah piagam jakarta emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ruuuruuu
pahlawan kesiangan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 10 lainnya memberi reputasi
klo gak mainkan isu bgnian..ya mereka gak eksis..gak makan...biarin aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 7 lainnya memberi reputasi
Kayak yang penting aja....
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 4 lainnya memberi reputasi
JOHN WIK 4 : NO KHADROON

PA 212 Tuntut 'Syariat Islam' Dimasukkan dalam Pancasila
PA 212 Tuntut 'Syariat Islam' Dimasukkan dalam Pancasila



GA PULANG-PULANG emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh evildankside
Lihat 5 balasan
".. dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya"

kl mpe ini kejadian, gw bakal ubah kolom agama di KTP, najiss kepaksa ikutan syarengat gegara KTP
kebayang yg pd ngeslam KTP pd ubah KTP biar ga kena syarengat, bakal ngaruh ke statistik si mayones kgk yach
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Kaum fadang fasir mau maksa para penganut nya jalanin hukum ala arab

PA 212 Tuntut 'Syariat Islam' Dimasukkan dalam Pancasila


emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Syariat matamu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 12 lainnya memberi reputasi
di indon mah agamis slama ga pgn mndirikan negara atawa mngagntikan pmerintahan yg sah,mo ngapain aj mah bebas ngomong

kilafack? gimik doang aj dr junjungan kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh frimen
Nah kan, semak dibakar kadalnya pd keluar..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di