CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Arsitektur /
Cara Mudah Ubah Dekorasi Rumah Low Budget
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeaed0f8d9b17496e5fd8eb/cara-mudah-ubah-dekorasi-rumah-low-budget

Cara Mudah Ubah Dekorasi Rumah Low Budget

Cara Mudah Ubah Dekorasi Rumah Low Budget
Rumah merupakan sebuah tempat tinggal yang menyajikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemiliknya. Setelah seharian beraktivitas di luar rumah, rumah menjadi pilihan tepat untuk menjai tempat istirahat. Istirahat yang berkualitas tentunya ditunjang juga dengan dekorasi rumah yang nyaman.

Nah, berikut ini Jual desain rumah siap pakai menjelaskan  bebagai hal yang berhubungan dengan dekorasi rumah.

Jika Anda merasa bosan dengan dekorasi rumah yang begitu-begitu saja dan sudah diterapkan bertahaun-tahun? Cobalah berkreasi untuk menghadirkan sesuatu yang baru dan segar. Tidak selalu harus dengan membeli furniture baru atau merenovasi ruangan, tapi cukup dengan memanfaatkan perabotan yang ada.

Nah, berikut ini tips mendekorasi rumah tanpa pelu banyak mengeluarkan biaya tambahan.

1. Furniture Gaya Modern

Furnitur yang memiliki gaya modern memiliki desain yang simple dan rapi, tapi kadang bisa terlihat membosankan dan kurang mengundang. Berikanlah sedikit aksen agar terlihat lebih menarik dengan menambahkan tekstur. Misalnya, menempatkan karpet atau permadani bulu di lantai, bantal hias warna-warni di sofa atau hiasan meja bergambar floral dan dedaunan.

2. Berikan Detail Unik

Buatlah ruangan menjadi lebih unik dengan mengaplikasikan detail-detail yang tidak biasa. Caontohnya, Anda bisa menumpuk buku-buku seperti menara dan menempatkannya di pojok ruangan.

3. Penataan Rak

Permainan warna merupakan kunci utama saat menata rak lemari. Pilih dua atau tiga warna berbeda, tapi masih dalam harmoni yang sama dan kombinasikan. Misalnya, kuning-hijau muda-hijau tua, merah-oranye-pink atau biru muda-biru tua-putih. Anda bisa menempatkan cangkir-cangkir kecil, vas bunga, piring kecil, kotak alfabet atau teko air berbentuk unik. Lakukan penataan berdasarkan ukuran perabotan, mulai dari kecil ke besar atau sebaliknya.

4. Hiasan Dinding

Jika bosan dengan warna putih pada dinding, Anda bisa mencoba mengaplikasikan ruangan Anda dengan warna yang lebih berwarna atau dengan mengaplikasikan hiasan dinding yang berkesan vintage. Caranya, cukup pilih satu dari empat bagian dinding, kemudian cat dengan warna pink muda, ungu oranye, atau warna pastel lainnya. Selanjutnya, tambahkan elemen-elemen bernuansa tiga dimensi di atas dinding tersebut. Misalnya, piring-piring hias bebagai ukuran dan motif atau sejumlah cermin bingkai dengan ragam bentuk.

5. Foto

Jika Anda memiliki koleksi foto, bisa juga diaplikasikan untuk menambah sentuhan personal pada ruangan Anda. Tentunya, sebelum memasang koleksi foto Anda di dinding rumah, lebih baik tentukan dulu cara memasangnya karena jika posisi pemasangan foto kurang tepat, malah akan mengganggu pandangan mata. Anda bisa menempatkan foto di dinding sepanjang anak tangga, membuat rak-rak dinding untuk menaruh foto dengan bingkai warna yang senada atau menggantung foto hitam putih di atas dinding yang berwarna cerah.

6. Focal Point

Setiap ruangan memerlukan focal point, yaitu komponen yang paling menarik perhatian dan membuat mata orang langsung tertuju pada benda tersebut begitu memasuki ruangan. Focal point bisa berupa furnitur berdesain unik dan besar, poster bergambar pop-art berukuran besar atau dinding cermin di tengah ruangan.

Dekorasi Rumah yang Menakjubkan

Dekorasi rumah seharusnya menjadi tanggung jawab pemilik rumah. Meskipun meminta bantuan orang lain, keputusan akhir tetap berada di tangan Anda sebagai pemiliknya. Hal ini dikarenakan di tempat inilah Anda sebagai pemilik rumah menghabiskan sebagian besar waktu untuk beristirahat dan berbagi dengan keluarga.

Memang, jika bukan sang pemilik rumah yang menentukan dekorasi rumah, kenyamanan dan rasa memiliki akan jauh berkurang. Oleh karena itu, tidak sedikit pemilik rumah yang ingin memberikan nuansa baru pada tampilan interior dan eksterior rumahnya.

Nah, jika Anda adalah salah satu dari pemilik rumah yang ingin mengubah nuansa di rumah Anda, berikut ini sedikit tips dari jasa desain arsitek online dan jasa desain rumah online bisa diikuti untuk mengubah tampilan rumah Anda. Bukan hanya mengubah tampilan, semoga perubahan ini mampu mendamaikan hati Anda dan keluarga.

1. Ikuti Kata Hati

Segala keputusan harus berdasarkan kata hati. Begitupun dengan keputusan mendekorasi ulang rumah. Tidak ada salahnya melihat referensi desain yang sedang menjadi tren saat ini. Namun, ingat bahwa Anda yang tetap menentukan tren yng berlaku di rumah Anda. Contohnya dalam hal pemilihan warna. Pilihlah warna sesuai dengan tema yang sedang tren. Jika sedang tren warna cerah, aplikasikan warna cerah untuk cat dinding rumah.

2. Barang Bekas

Barang BekasTak ada salahnya untuk mencoba berkeliling ke pasar-pasar loak atau pasar barang antic yang ada di sekitar daerah Anda. Tidak semua barang-barang di pasar loak berkualitas buruk. Anda akan terkesan saat menemukan barang-barang antik di pasar-pasar seperti ini. Anda yang tinggal di Jakarta bisa mengunjungi pasar barang antik di Jalan Surabaya di Menteng, Jakarta Pusat.

3. Menggali Referensi

Teruslah untuk melakukan penggalian referensi dalam hal mendekor dan mendesain. Anda bisa mendaftarkan diri pada kuliah-kuliah umum, seminar, atau workshop tentang dekorasi dan desain.

4. Menentukan Fungsi

Pastikan Anda menentukan fungsi yang jelas untuk setiap ruangan. Fungsi yang jelas dapat menghindarkan Anda dari tumpukan barang yang tidak menyenangkan. Selain itu, Anda pun dapat dengan mudah dan selekasnya menyingkirkan barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan lagi.

5. Pencahayaan

Memberikan perubahan yang dramatis di rumah juga dapat Anda mulai dengan menata pencahayaan. Pencahayaan yang berbeda dapat membuat ruangan tampak sangat berbeda.

6. Majalah Dinding

Buatlah sebuah mood board berbentuk majalah dinding. Bukan hanya untuk menginspirasi Anda, mood board juga dapat menjadi hiasan cantik di ruang kerja Anda.

7. Pintu yang Cantik

Perbaiki atau percantik pintu masuk atau pintu depan Anda. Selain itu, pelajari juga cara membetulkan pintu dan barang-barang lain di rumah Anda. Pintu merupakan kesan pertama yang Anda berikan kepada setiap orang yang mengunjungi rumah Anda. Untuk menambah aksen, tambahkan tanaman dalam pot, nomor rumah, bel, atau ornament kecil lainnya yang bisa  memperindah tampilan pintu.

8. Sentuhan Istimewa

Salah satu hal penting dalam mendekorasi rumah adalah memastikan kamar mandi rumah dalam keadaan yang baik, sehat, dan wangi. Selain kamar mandi, kamar tidur juga dapat menjadi fokus perhatian dalam hal mendandani rumah. Berikan sentuhan istimewa seperti inisial nama Anda pada seprai, sarung bantal, dan handuk, pajang foto Anda, anak Anda, atau bahkan hewan peliharaan Anda.

Terakhir, mulai sekarang, Anda jangan terlalu sering berbelanja. Ada baiknya, Anda sedikit berbelanja, tapi dengan kualitas terbaik. Memang, tidak semua perabotan lebih mahal memiliki kualitas lebih baik. Tapi, tidak ada salahnya Anda berinvestasi pada perabotan bermerek yang sudah terkenal dengan kualitas yang dimilikinya.

Nah, itulah penjelasan mengenai dekorasi rumah. Semoga bermanfaat.



Diubah oleh suryaarsitek


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di