CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Trump minta bantuan Xi Jinping agar menang pilpres
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeadd3e10d2952e986a43ae/trump-minta-bantuan-xi-jinping-agar-menang-pilpres

Trump minta bantuan Xi Jinping agar menang pilpres

Trump minta bantuan Xi Jinping agar menang pilpres

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berupaya meminta bantuan kepada Presiden China, Xi Jinping, agar dia bisa kembali menang dalam pilpres AS mendatang, sebut mantan Penasihat Keamanan Nasional, John Bolton, dalam buku barunya.

Dalam cuplikan buku karyanya yang diberikan kepada media AS, Bolton mengatakan bahwa Trump ingin China membeli produk-produk pertanian dari para petani AS.

Para koresponden media mengatakan hal ini mengingatkan khalayak ketika Trump dituding meminta presiden Ukraina menyelidiki bakal calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Pemerintahan Trump diketahui berusaha mencegah buku ini tidak terbit. Menurut Departemen Kehakiman, buku tersebut memuat "informasi rahasia", namun Bolton menepisnya.

Buku berjudul The Room Where It Happened bakal dirilis pada 23 Juni mendatang.

Dalam buku tersebut, Bolton juga membahas klaim-klaim yang berujung pada sidang pemakzulan Trump.

Klaim itu, antara lain, Trump menahan bantuan militer ke Ukraina guna menekan Presiden Volodymyr Zelensky agar memulai penyelidikan terhadap Joe Biden dan putranya, Hunter.

Trump membantah laporan tersebut dan, setelah sidang berjalan selama dua pekan di Senat yang dikendalikan Partai Republik, dia tidak dimakzulkan.

Bolton mengatakan penyelidikan itu mungkin berbeda hasilnya jika tidak hanya fokus ke Ukraina, tapi contoh-contoh campur tangan politik lainnya.

Bolton bergabung dengan Gedung Putih pada April 2018 dan hengkang pada September 2019. Saat itu dia mengatakan dirinya memutuskan berhenti sebagai penasihat keamanan nasional. Akan tetapi, Trump berujar bahwa Bolton dipecat karena perbedaan pendapat yang "kuat".

Apa yang dituduh Bolton terkait Xi Jinping?
Tuduhan Bolton merujuk pada pertemuan antara Trump dan Xi pada pertemuan G20 di Osaka, Jepang, pada Juni 2019.

Presiden China itu mengeluh bahwa sejumlah kalangan di AS menyerukan perang dingin yang baru, menurut Bolton dalam cuplikan buku yang diterbitkan harian New York Times,

Trump, seperti disebutkan Bolton, kemudian berasumsi bahwa Xi merujuk pada orang-orang Partai Demokrat.

"Trump, secara menakjubkan, mengubah percakapan itu menjadi soal pemilihan presiden AS [pada 2020], dengan menyebut kemampuan ekonomi China dan memohon Xi agar memastikan dirinya menang," tulis Bolton.

"Dia menekankan pentingnya para petani dan pentingnya peningkatan pembelian kacang kedelai serta gandum dari China terhadap hasil pemilihan," tambah Bolton.

Ketika Xi sepakat agar diskusi mengenai produk-produk pertanian menjadi prioritas dalam perundingan dagang, Trump menyebut Xi sebagai "pemimpin terhebat dalam sejarah China".

Penuturan Bolton ini dibantah Perwakilan Dagang AS, Robert Lighthizer, pada Rabu (17/06). Lighthizer mengatakan permintaan agar China membantu Trump agar terpilih lagi "tidak pernah terjadi".

Bolton juga menyebut soal percakapan antara Trump dan Xi saat makan malam dalam acara pembukaan pertemuan G20. Ketika itu, keduanya berdiskusi soal pembangunan kamp-kamp di wilayah Xinjiang, bagian barat China.

Trump, kata Bolton, berujar bahwa pembangunan kamp-kamp tersebut seharusnya terus berlangsung karena "itu adalah hal yang benar untuk dilakukan".

Berbagai kelompok hak asasi manusia telah dengan keras mengritik China mengenai pembangunan kamp-kamp tersebut yang menahan sekitar satu juta orang etnik Uighur dan etnik minoritas lainnya untuk dihukum dan diindoktrinasi.

Sumber
Pernyataan John Bolton ini emg kontradiksi sih dgn kebijakan Trump terhadap China..
siapapun yg menang pilpres amerika 2020
tetap saja masih utang duit negara pada china

xi jinping jelas tidak campuri urusan pilpres amerika 2020
jadi trump lebih bagus tak perlu mewek merengek minta bantuan supaya bisa 2 periode
Lihat 1 balasan
Harus nya Trump itu mendewakan diri sendiri nya sama seperti Xi Jink Pig, "Presiden Setengah Dewa" seumur hidup Republik Rakyat Cinak (republik my ass emoticon-Big Grin) lumayan dapat babuk tukang jilat bool nya tiap hari di BPLN
profile-picture
ronny398 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Beritanya bisa bikin ayan coli
itulah sebabnya warga menlen menyebut trump dgn sebutan 川建国 (chuan jianguo) emoticon-Big Grin
Bolton bergabung dengan Gedung Putih pada April 2018 dan hengkang pada September 2019. Saat itu dia mengatakan dirinya memutuskan berhenti sebagai penasihat keamanan nasional. Akan tetapi, Trump berujar bahwa Bolton dipecat karena perbedaan pendapat yang "kuat".

Wahahahhahahaha narasumber beritanya John Bolton
lo tau siapa itu John Bolton ?

gw kasih beritanya langsung siapa itu John Bolton, sepak terjang warmongernya terlalu mudah dilacak, alias transparan warmonger

"Donald Trump fires national security adviser John Bolton over his warmongering — and maybe his moustache"
ABC

Jelas Trump mecat Bolton, karena Trump menolak cara kriminal Bolton seperti era warmonger di jaman Bill Clinton, Bush Jr, Obumer.

terus kalian masih percaya kalau bolton (warmonger) bilang jujur di buku karangannya, padahal sebagian besar bukunya berisi fitnah ?

sumpeh, sungguh hina banget kalau media ambil nara sumber dari warmonger untuk beritanya, banyak media jaman sekarang sudah tidak beretika cuma mengangungkan propaganda
emoticon-No Hope

kalau warmonger macam Bolton bilang Trump minta bantu Xi, maka gw yakin kenyataannya adalah Trump menolak bantuan Xi.

Note : Left wing idiot ga bakal mampu jatuhkan Trump kecuali pakai sumber fitnah, beberapa kali gw debat sama left wing di kaskus dan medsos, membuktikan kualitas left wing kurang baca berita dan sejarah tanpa propaganda
profile-picture
profile-picture
keybrot dan romanxe memberi reputasi
Jadi perang gak neh di LCS??? emoticon-Marah

Aye gak sabar lg mau lihat cina dan amerika saling bunuh emoticon-Blue Guy Bata (L)
Dari awal kasus covid gw pernah bilang yang paling diuntungkan oleh donald trump ya china...

Kini china menjadi negara pertama yang memberi bantuan ke negara2 lain..

Kepemimpinan usa di tingkat dunia pelan2 digeser china kalo gw jadi xi jelass gw milih trump.. emoticon-Big Grin


bagaimanapun john bolton ini pecatan
gak disini g disono

pecatan biasanya koar2 gak karuan emoticon-Big Grin
Yang gw bingung kalo emang Bolton bohong, knapa DOJ , pres sec dan trump bilang kalo di buku bolton banyak rahasia negara..
Sampe2 doj nuntut supaya bukunya gak beredar... emoticon-Big Grin

Kalo bohong berarti gak rahasia
Kalo rahasia berarti bener emoticon-Big Grin

Dan kalo yang dilakukan trump itu dilakukan capres dan presiden indonesia udah pasti disuruh mundur sama DPR... emoticon-Big Grin
Diubah oleh jamkecil
bagus sih klu Trump terpilih lg. bagus utk negara lain...... emoticon-Ngacir


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di