CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Kita Tidak Menggunakan Petir Sebagai Pembangkit Listrik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeabdac68cc9570455aaa34/kenapa-kita-tidak-menggunakan-petir-sebagai-pembangkit-listrik

Kenapa Kita Tidak Menggunakan Petir Sebagai Pembangkit Listrik?



Petir, gejala alam yang sering sekali kita lihat dikala langit ditutupi oleh awan awan gelap. Petir muncul berkat tabrakan muatan positif dan negatif yang terjadi di awan kumolonimbus.

Ternyata perbedaan tegangan antara petir yang beradu dan permukaan tanah mrmiliki listrik jutaan volt dan energi sebesar 20000 ampere. Untuk perbandingannya jumlah energi segitu bisa menerangi ratusan rumah hanya dengan satu sambaran petir.

Nah, kalau gitu kenapa kita enggak pakai saja petir sebagai sumber energi? Kenapa kita enggak suruh Thor buat pembangkit listrik tenaga petir (PLTP)? Kalau bisa begitu kan tarif PLN dijamin nggak bakalan naik.

Petir memang sumber daya yang tidak terbatas seperti layaknya matahari. Bahkan kota catatumbo di venezuela pernah dihantam 3600 petir dalam waktu satu jam yang berlangsung hampir sepanjang tahun. Kalau PLTP dibangun disana bukankah pasokan listrik dunia akan terjamin dan kita bisa mengucapkan selamat tinggal untuk pemadaman bergilir?

Kenapa Kita Tidak Menggunakan Petir Sebagai Pembangkit Listrik?

Sayangnya tidak semudah itu ferguso. Kita memang sering melihat yang seperti itu di film film sci-fi dan secara teori itu memang mungkin namun prakteknya lebih sulit dari teori.

Sampai saat ini belum ada orang yang memanfaatkan petir untuk menghasilkan listrik. Alasannya adalah karna kekuatan petir terlalu besar.

Suhu dari jalur yang dilewati petir bisa mencapai 10 ribu derajat celcius dan bisa menguapkan baja dengan mudah. Terlebih dengan daya 20 ribu ampere baterai mana yang sanggup menampungnya?

Lalu bagaimana dengan penangkal petir? Penangkal petir memang mampu manahan petir namun konsepnya adalah mengalirkan petir langsung ke dalam tanah agar tidak merusak bangunan tinggi yang ada di bawahnya. Ion negatif yang dibawa oleh petir akan dinetralkan dengan ion positif yang ada di dalam tanah.

Kenapa Kita Tidak Menggunakan Petir Sebagai Pembangkit Listrik?

Penangkal petir hanya bisa mengalirkan dan tak mampu menampung tenaga petir yang begitu besar dan karna itulah sampai sekarang pembangkit listrik tenaga petir belum bisa diwujudkan.

Namun teknologi semakin maju setiap harinya. Bukan tidak mungkin di masa depan manusia akan menemukan cara untuk menampung energi dari petir dan bila itu terwujud maka krisis energi di dunia pun dapat terselesaikan.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 6
indonesia termasuk salah satu negara dengan petir terbanyak di dunia jadi bila PLTP benar benar bisa diwujudkan maka indonesia akan menjadi salah satu negara yang paling untung. semoga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Mau buat tower setinggi mana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
085697414539 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
lah, kalo petirnya panas kok penangkal petirnya nggak nguap gan? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
karena terlalu kuat
belum ada alat yang mampu menampung tenaganya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balnus2019 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Maksud agan kalo pemerintah bikin pltp terus harga listrik gak akan naik?
Gak semudah deh perguso. Hoho emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
geforce9800gtx dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
semoga aja ada teknologi baru, minimal penemuan logam penghantar berbahan tahan petir emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
085697414539 dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kenapa Kita Tidak Menggunakan Petir Sebagai Pembangkit Listrik?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jadi palu nya thor setara dgn powerbank 20rb amper donk emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini pernah ane tanyakan ke guru ane dulu, beliau bilang kagak mungkin!
Karena Kesambar petir secara langsung auto mati gan emoticon-Takut
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Thor bisa jadi direktur PLTP nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
bahaya
nanti kesetrum
Mending seluruh rakyat belajar ilmu petir sendiri biar mandiri dlm energi terbarukan, kayak Sasuke
Kenapa Kita Tidak Menggunakan Petir Sebagai Pembangkit Listrik?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Gila 10ribu derajat celcius gimana gak gosong kalo orang yg kesamber petir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gt04 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dalam kepala ane harusnya mungkin-mungkin aja petir jadi sumber pembangkit listrik. Mungkin gak harus semua energinya langsung diserap, tapi mungkin bisa sebagian konversi energinya aja.

Ane emang gk tau2 amat konsep penangkal petir, tp jd ada kemungkinan dengan metode yg sama kita bisa dapet konversi energi tersebut dengan bantuan alam itu sendiri. emoticon-Malu
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
mungkin bisa chat langsungemoticon-Leh Uga ke tim nya gen petir yang subscibernya banyak
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nampung dayanya itu yg dimana?
profile-picture
profile-picture
ih.sul dan putrateratai.7 memberi reputasi
...dan petir ga terjadi setiap saat juga, jarang malah....jadi ga bisa diandalkan.....emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theoneday dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Cuz it's just pointless duh
kayak di film frankenstein, pakai layang-layang buat nangkap petir jadi gak usah tower.
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di