CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Perkasa, Truk Nasional Yang Layu Sebelum Berkembang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeab9777414f568de169a6b/perkasa-truk-nasional-yang-layu-sebelum-berkembang

Perkasa, Truk Asli 90% Buatan Anak Bangsa Yang Layu Sebelum Berkembang

Perkasa, Truk Nasional Yang Layu Sebelum Berkembang


Indonesia  punya pasar truk potensial dan juga pasar bus yang terus berkembang. Kondisi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Texmaco Group untuk mencoba peruntungan bermain di segmen yang satu ini.

PT. Wahana Perkasa Auto Jaya (WPAJ) anak perusahaan grup Texmaco pun muncul dengan memperkenalkan truk Perkasa di pasar Indonesia. Hebatnya pabrikan tersebut tidak melakukan langkah rebrand, namun benar-benar merangkai produknya dengan melakukan lisensi pada komponen yang digunakannya. Artinya apa yang dilakukannya merupakan upaya untuk menghasilkan kendaraan nasional Indonesia.

Pada pertengahan 1998, produk perdana Perkasa dikenalkan di tanah air dengan produk pertamanya berupa truk, sebagai produk nasional. Klien pertama tak lain adalah pemerintah untuk memenuhi kebutuhan militer ataupun polisi yang digunakan sebagai kendaran militer (ranmil) dan kendaraan taktis (rantis).

Secara kualitas, tak perlu dikhawatirkan. Truk ini mengasup berbagai komponen dan teknologi yang diambil dari pabrikan yang bonafit.

Mesin Perkasa menggunakan dapur pacu lisensi dari Styer dan Cummins. Tetapi yang sempat digunakan adalah yang berlisensi Styer dengan seri WD 612 dan WD 602. Sedangkan Cummins baru digunakan sebatas pada kendaraan prototipe saja.

Untuk transmisi dipilih produk Jerman, ZF yang juga sudah dilisensi dan dibuat di Indonesia, sementara gardan sebagian dipasok oleh Eaton dari Amerika dan juga Styer. Proses produksi bagian ini pun sudah melalui lisensi.

Khusus untuk kabin, Perkasa mendapatkan lisensi dari DAF Belanda dan sasis dari Leyland, Inggris. Tak heran jika kemudian Perkasa dengan percaya diri melakukan klaim bahwa produknya tersebut mengantongi tingkat kandungan lokal hingga 90%.

Di atas kertas, truk ini punya spesifikasi di atas rival sekelasnya dari Jepang pada saat itu.

Perkasa, Truk Nasional Yang Layu Sebelum Berkembang


Sebagian dari truk ini pun berhasil dijual pada umum dan menurut berbagai sumber, hasilnya pun cukup menggembirakan dan memuaskan pelaku pasar saat itu.

Namun nampaknya dewi fortuna belum betah menaungi brand nasional ini. Perkasa merupakan merek yang lahir pada saat terjadi krisis besar, pada 1998 yang meluluhlantakkan ekonomi nasional. Salah satu merosotnya penjualan Perkasa disebabkan oleh situasi pasar yang belum pulih daya belinya, ditambah perusahaan pembuat truk tersebut, terbelit persoalan finansial.

Pada 2004, menjadi kiprah terakhir Perkasa di Indonesia. Produk yang harusnya bisa jadi kebanggaan bangsa ini harus layu sebelum berkembang.

Perkasa, Truk Nasional Yang Layu Sebelum Berkembang


SOIRCE : https://www.google.com/amp/s/bus-tru...mbang/9882/amp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thoriq27ST dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh SenaP99
Halaman 1 dari 4
Pertamax berhasil diamankan

Laporan selesai...
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botaysan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dedek gemez skrg bantink stir yaaemoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
botaysan dan SenaP99 memberi reputasi
syangny kejayaan itu tdak bertahan lama....
profile-picture
SenaP99 memberi reputasi
pernah lihat truknya yg dipakai TNI dijalanan jkt 😎🇩
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 3 lainnya memberi reputasi
Baru tahu emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
botaysan dan SenaP99 memberi reputasi
thank's info ny
profile-picture
profile-picture
botaysan dan SenaP99 memberi reputasi
nice info banget nih
mengingat kan kita, bahwa Indonesia belum merdeka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nouah dan 2 lainnya memberi reputasi
Dulu awal 2000-an perkasa yang non-TNI sempat dijadikan car carrier juga. Sayang sekarang udah nggak dipake lagiemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 5 lainnya memberi reputasi
bikin proyek baru aja, esemka x perkasa. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
decodeca dan SenaP99 memberi reputasi
Mungkin pengembang truk perkasa tertarik buat belajar bisnis dari esemka
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
decodeca dan SenaP99 memberi reputasi
indonesia tidak bole menjadi bangsa yg mandiri.... itu perintah IMF
profile-picture
decodeca memberi reputasi
Sayang bener
profile-picture
profile-picture
nouah dan SenaP99 memberi reputasi
Menyusul ESEMKA.

2024.

Ganti presiden walasam tuh mobnas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nouah dan 2 lainnya memberi reputasi
lahir di saat yg tidak tepat...
profile-picture
nouah memberi reputasi
Pabriknya perkasa tumbang gegara induknya terya ekspansi eh gak berprofit, di tambah dulu ada krismon tumbang lah semua cabang texmaco
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nouah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
pabriknya deket ane itu gan cm sayang pabriknya luas sekarang gak keurus, kalo lewat cipali pasti keliatan gan daerah cipendeuy subang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nouah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mengapa industri dalam negeri dibidang pembuatan transportasi selalu gagal terus ya bisnis di indo?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nouah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mudah mudahan ada lagi kali y
profile-picture
profile-picture
nouah dan SenaP99 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
beneran klo perkasa bukan kaleng kaleng beda ma produksi 5 tahunanemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nouah dan 2 lainnya memberi reputasi
bikin proyek selalu mandek, oh indahnya indonesia
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di