CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UAD Temukan Pistol UV Pemusnah Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeab3ffc0cad709d57f24de/uad-temukan-pistol-uv-pemusnah-virus-corona

UAD Temukan Pistol UV Pemusnah Virus Corona

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Alat penangkal virus Corona dan bakteri berhasil diciptakan Pusat Riset CIRNOV Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Alat disinfektan berbentuk pistol berbasis sinar ultraviolet (UV) jenis C ini diklaim mampu membunuh bakteri maupun virus, termasuk COVID-19.

Pistol seberat 500 gram ini dibuat inventor sekaligus Kepala CIRNOV UAD, Prof Hariyadi. Dibantu pakar mikrobiologi UAD, Hadi Sasongko, keduanya sejak awal pandemi COVID-19 muncul mulai mengembangkan alat tersebut.

"Saya dari awal punya firasat akan terjadi pandemi sebelum kasus (COVID-19) di Wuhan mulai banyak muncul. Pengalaman dalam bidang pertahanan dan keamanan sejak 2003 di Eropa dan Amerika membuat saya berpikir bagaimana ikut bertanggungjawab menghadapi pandemi dari sisi ilmu pengetahuan," ungkap Hariyadi di kampus UAD, Rabu (17/06/2020).

Karenanya sejak Maret 2020 lalu, Hariyadi mencoba mengutak-utik berbagai komponen pembuat pistol UV dengan harga di bawah Rp 1 juta per pistol. Membeli bahan dari pasar lokal yang murah dan mudah didapat, alat tersebut dibuat dengan spesifikasi untuk mematikan virus dan bakteri dalam rangka mencegah penularan COVID-19.

Pengoperasiannya pun cukup mudah, aman dan cepat. Satu kali tembakan pada benda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit.

Pengujian penembakan awal dilakukan menggunakan bakteri E.Coli di roti. Penembakan dilakukan untuk membunuh bakteri yang molekulnya lebih kuat dibanding virus.

Roti yang ditembak pistol UV memastikan semua bakteri. Efek mematikan ini juga dialami virus yang memiliki struktur molekul lebih rapuh dibandingkan bakteri. Ujicoba dilakukan selama sebulan penuh di laboratorium Mikrobiologi UAD.

Virus yang ditembak menjadi tidak sempurna molekulnya sehingga tidak bisa mereduplikasi masuk ke tubun manusia. Dalam penggunaannya, pistol bisa digunakan dalam jarak sekitar 0,5 meter. Namun penggunaannya diluar tubuh manusia dengan power sekitar 10-11 watt untuk 1 menit penembakan.

"Roti yang ditembak (pistol UV), bakterinya mati semua sehingga tidak ada penyebaran atau pembiakan virus atau wabah penyakit," terangnya.

Ujicoba lanjutkan pun dilakukan menggunakan virus dengan tingkat keselamatan uji lebih tinggi. Bahkan Hariyadi melakukan sosialisasi penggunaan pistol COVID-19 ini di depan Kepala Dislitbang TNI AD sebagai antisipasi terjadinya ancaman virus di objek-objek vital, termasuk di bidang pertahanan dan keamanan.

Hariyadi juga sudah mendaftarkan desain ini ke HKI untuk mendapatkan proteksi konfigurasi dan susunan alatnya. Mereka terus melakukan uji lanjutan mikrobiologi dan penyempurnaan desain.

"Alat ini bisa diproduksi massal agar digunakan secara luas," jelasnya.

Sementara Hadi menjelaskan, pistol ini memang baru bisa digunakan untuk pencegahan COVID-19. Yakni dengan menembak benda-benda di luar tubuh manusia untuk membunuh bakteri dan virus.

"Penembakan sinar UV ini jauh lebih besar dari rontgen tapi punya efek di kulit. Karenanya saat ini lebih baik digunakan untuk luar tubuh. Kedepan bisa dikembangkan varian yang ready to release," imbuhnya.

http://m.ayoyogya.com/read/2020/06/1...h-virus-corona
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Muncul orang2 yg pengen tenar...UV beam utk bunuh bakteri n virus dari dulu digunakan utk usaha air galon rumahan. Lagian kalo virusnya belum ngejangkitin orang, air sabun cuma butuh 3 detik utk ngebasminya....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Apa gk bahaya
Ini apa lagi?emoticon-Bingung (S)
hati2 kena mata
Diubah oleh andanlandung
pansos... pengetahuan soal kemampuan sinar uv bunuh kuman sudah lama ada, cuma bahaya bisa membuat kerusakan mata jadi aplikasinya terbatas.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
uv gun buat ngebasmi vampir kah
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
kabar baik, harus dihargai
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
kemarin bilang peneliti universitas mana gitu telah menemukan obat corona, telah menemukan vaksin kini telah ditemukan UV beam gun!?!?

serasa di negeri Halu, everything is possible emoticon-DP
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
badanlu disinarin pake itu pestol semenit, corona bersih tp kanker kulit coeg.

Lagian juga bukan barang baru ah, cek di produk pembersih buat bayi, instalasi air minum isi ulang, dll

Mending herd Immunity lah...
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh akumidtorc
Lihat 1 balasan
Jauh jauh soko yakult ki emoticon-Big Grin
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
gw pesimis beli bahan elektronik dipasar lokal bisa ngurangin cost krn komponen elektronik asalnya udah pasti dari china.

Jangan2 malah lebih murah pistol uv buatan china.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
ane punya uv gun ane bawa kemana2 kalau keluar malam. memang efektif buat basmi vampir.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Trump beberapa bulan lalu kan promosi alat ultraviolet yang langsung dimasukkan ke paru-paru untuk membasmi coronavirus di dalam tubuh.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Ntar gua buat Pistol Disinfektan Pembasmi Virus Corona..

tinggal isi pistol maenan pake Wipol jadi deh..

mudah mudahan ntar gua dapat gelar profesor
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
entah knp gw gk pernah percaya dgn sterilisasi pake UV
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lehugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
kangen sunda empire
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Udah males percaya ginianemoticon-No Hope
Beritanya doang heboh, faktanya belum tentu samaemoticon-No Hope
lucu juga kalau beli nasgor, tembak uv dulu nasi gorengnya, baru makan.... emoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di