CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeab24d97751338a930b5d1/6-karakter-buruk-netizen-indonesia-yang-norak-amp-bikin-geram-agan-masuk-gak

6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?

6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?

Kalau ngomongin netizen Indonesia memang enggak ada habisnya, ya GanSis. Dengan pengguna internet ratusan juta jiwa, tentu kita dapat dengan mudah menemukan beragam karakter di dunia maya. Ada yang bikin geram, ada juga yang menyenangkan. Ada yang membuat bodoh, ada juga yang mencerdaskan.

Karakter netizen Indonesia tak lepas dari watak asli Indonesia yang sudah mendarah daging sejak ratusan tahun silam. Salah satu sisi positif dari netizen kita adalah kedermawanannya dalam mengalang dana. Bahkan, Indonesia masuk ke dalam negara-negara paling banyak menyisihkan uang pribadi untuk mereka yang membutuhkan.

Eh tapi, sisi negatifnya tak kalah "hebat dan membanggakan". Nah, di thread kali ini @malaikatrindu telah merangkum 6 karakter buruk netizen Indonesia yang norak dan bikin geram. Yuk, simak satu persatu barangkali GanSis ada yang masuk, ehek!

1. Overproud

6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?
Foto: YouTube

Terlalu membangga-banggakan adalah sifat netizen Indonesia yang sangat terpampang nyata. Kita dapat lihat dengan mudah karakter overproud ini saat ada media atau konten luar yang menyebut Indonesia di dalamnya, maka para netizen akan segera membanjiri kolom komentar dengan mengatakan bahwa dirinya dari Indonesia, terima kasih dari Indonesia hingga kalimat-kalimat menggelikan lainnya.

Jika dalam dosis yang pas, komentar seperti ini tidak ada salahnya. Bahkan, menunjukan jika netizen tersebut sangat mencintai negaranya. Akan tetapi, jika jumlahnya sampai ribuan komentar serupa itu jatuhnya malah norak.

Kenorakan ini dimanfaatkan oleh para YouTuber luar. Dengan pangsa pasar yang besar dan potensial, mereka dengan baik memanfaatkan hal tersebut. Orang Korea bisa berbicara bahasa Indonesia saja langsung booming, penyanyi Indonesia go-internasional di-spam.

2. Hobi Mem-Bully & Rasis

6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?
Foto: YouTube

Kekeyi adalah segelintir dari jutaan contoh bagaimana netizen Indonesia begitu bahagia dengan menghina orang lain. Kekeyi memang menampilkan personalitas nyeleneh yang membuat geram netizen. Tapi, itu adalah strategi marketingnya.

Jika hujatan yang disampaikan adalah lelucon dalam batas normal, itu mungkin hal yang lumrah. Akan tetapi, jika mem-bully dengan menghina fisik dan hal privasi dari seseorang maka itu sudah kelewat batas.

Selain gemar mem-bully, netizen Indonesia juga sangat rasis. Di Facebook dan YouTube, kita dapat melihat banyak kaum konservatif salah satu agama memojokan ras yang ada di Indonesia. Sementara itu di Kaskus, banyak pula yang menghina salah satu agama dan ajaran di dalamnya. Apapun alasannya, rasisme tidak dapat ditoleransi dan rasisme merupakan tanda dari kebodohan seseorang.


3. Tidak Sopan di Forum Internasional

6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?
Foto: Kompas

Belasan ribu komentar netizen Indonesia membanjiri akun instagram Prince Mateen, anak dari Sultan Brunei. Mereka menuliskan hal-hal tidak sopan terhadap seseorang yang di mana di negara asalnya sangat dihormati. Berkomentar seperti seorang pelacur dengan mengatakan, "Rahim aku anget, Mas", "Mantap-mantap yuk, Mas" hingga tulisan menggelikan lain membuat geram publik internasional.

Warga Brunei Darussalam secara khusus menyatakan kemarahannya atas ketidaksopanan orang Indonesia di akun pribadi pangeran mereka. Belum lagi, netizen Indonesia mem-bully kekasih sang pangeran.

Han So Hee merupakan sosok berikutnya atas ketidaksopanan netizen Indonesia di forum Internasional. Mereka mengatakan jika aktris cantik itu sebagai perebut lelaki orang atau pelakor. Padahal itu hanyalah peran semata di salah drama. Han So Hee bahkan sampai menuliskan respon serius atas kenorakan netizen negara kita tercinta ini.


4.Pengonsumsi Hoax

6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?
Foto: Detik

Literasi terendah kedua di dunia menjadikan orang Indonesia dapat dengan mudah mempercayai sebuah warta yang tidak jelas aktualitasnya. Hal yang sangat konyol dan aneh pun mereka telan mentah-mentah, kemudian dipercaya sepenuh hati dan dibagikan kepada publik.

Facebook merupakan sarang para pengonsumi hoax yang cukup masif. Generasi boomer yang baru melek teknologi dengan tingkat pendidikan rendah menjadi garda depan dalam mempercayai dan menyebar hoax di sana. Selain itu, grup WhatsApp keluarga juga umumnya menjadi sarang hoax.


5. Gemar Drama Settingan

6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?
Foto: Youtube


Menonton orang cek-cok dan berselisih pendapat merupakan hal favorit bagi sebagian besar warganet Indonesia. Mulai dari YouTube, televisi hingga media sosial lain penuh dengan drama settingan yang digandrungi netizen. Drama settingan seolah menjadi sebuah kebodohan yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dan media hiburan tanah air. Miris.


6. Doyan Nonton Konten Pamer & Riya

6 Karakter Buruk Netizen Indonesia yang Norak & Bikin Geram, Agan Masuk Gak?
Foto: Sakita.ID


Pamer mobil, rumah mewah, saldo atm, liburan kelas bisnis dan hal-hal riya lainnya adalah salah satu dari sekian tontonan tidak bermutu mayoritas Indonesia. Di tengah rendahnya literasi dan pendidikan, netizen Indonesia malah mabuk dengan konten pamer dan gemerlap palsu dunia hiburan. Ciri di mana negara besar ini masih jauh dari kata SDM yang maju.


Nah, itulah 6 karakter buruk netizen Indonesia yang norak & bikin geram. Poin utama yang dapat diambil dari hal-hal di atas adalah perkataan Coki Pardede di salah satu podcast-nya kurang lebih bahwa "orang Indonesia belum siap memasuki era kemajuan teknologi" dan "orang miskin serta pendidikan rendah kurang cocok menerima internet."

---

Penulis: @malaikatrindu
Referensi: Opini Pribadi
Keterangan gambar utama: line today
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terserahgue dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh malaikatrindu
Halaman 1 dari 9
Tambahan:

Netizen itu sangat sok pakar, khususnya di bidang politik, ekonomi dan agama.

emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh malaikatrindu
Lihat 2 balasan
overproud ... liat artis luar menggunakan ploduk ploduk indonesa.

Padahal Biasa aje.

Tidak sopan di forum luar.
Vid yutub jepun/korea isinya komentar indo.

Bar-bar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh blackf3ather
Lihat 5 balasan
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Damn its true! emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan malaikatrindu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
doyan berpolitik di internet padahl anggota parlemen bukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
selara rakyat +62 memang berbeda dari yang lain bray emoticon-Toast
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dan sifat overproud ini juga udah mulai disadari sama orang luar dan dimanfaatin buat dapet sorotan plus popularitas dari netizen Indonesia hehehe emoticon-Toast

contoh paling gampang ada bule "random" bikin reaction video soal hal yang trend di Indonesia (sebenernya sah-sah aja sih hehe) emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarjojo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
yg baca juga kebanyakan termasuk di atas
profile-picture
profile-picture
andialangoddang dan malaikatrindu memberi reputasi
Sudah saatnya blokir netijen dari indo emoticon-Angkat Beer

Malu maluin
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan malaikatrindu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Netizen bukan boneka
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan malaikatrindu memberi reputasi
ya itulah orang Indo, klo uda ketangkep polisi... baru deh nangis2 bilang nyesel emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan malaikatrindu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wkwkw... 62 gitu lohhhh...


emoticon-Ngakak emoticon-Toast emoticon-2 Jempol
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
suka tiba2 "menjadi"
ada berita politik, tiba2 jadi ahli politik.
ada berita olah raga, tiba2 jadi pengamat olah raga
dll dll dll dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
kadang bikin ketawa aja sih,indo emang bar bar
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
That’s fuckin true !!!
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
Asli netizen kita emang banyak yg memalukan. Suka ngebully dan seneng yg ribut2 itu contoh nyatanya ada di instagram banyak bgt emoticon-Sorry
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
nasib jd negara dgn tingkat pendidikan yg termasuk rendah emoticon-Turut Berduka

hidup buat kerja, ga usah sekolah gpp yg penting bisa cari duid sampai kaya
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
mungkin udah jadi adat sih yg kek gini, suka ngejulidin orang lain, mulai dr ghibah sampek nekat kasih komentar
emoticon-Takut emoticon-Takut
mereka yang komen ga mikir dua kali, gw komen gini aja mikir mikir dulu, kirim jangan kirim jangan
Lihat 5 balasan
bener sih, apalagi nomer 1 & 2.. annoying bet dah emoticon-Cape d...

Diubah oleh unknownnymous
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di