CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Masa Kadaluarsa Produk, Sesuatu yang Seringkali Terlupakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eea9f7d09b5ca1aa239bacd/masa-kadaluarsa-produk-sesuatu-yang-seringkali-terlupakan

Masa Kadaluarsa Produk, Sesuatu yang Seringkali Terlupakan

Semua ada masanya, begitu juga dengan sebuah produk pasti ada masa kadaluarsanya. Di setiap kemasan produk terutama produk makanan pasti kita akan menemukan tanggal kadaluarsa dimana makanan tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Setiap produk tentunya beda daya tahannya sehingga masa kadaluarsanya ada yang dalam jangka pendek dan juga ada yang jangka panjang sehingga bisa tahan lama di pasaran.
Masa Kadaluarsa Produk, Sesuatu yang Seringkali Terlupakan

Credit : idntimes.com

Masa kadaluarsa produk, satu hal ini seringkali terlupakan oleh sebagian orang. Padahal setiap produk sudah mencantumkan masa kadaluarsanya. Faktor tak peduli membuat banyak orang tak memperdulikan produk yang dibelinya. Selain itu faktor karena kurang paham akan produk membuat mengecek masa kadaluarsa produk terlupakan, padahal bisa saja produk yang telah beredar adalah produk yang sudah kadaluarsa. Produk yang kadaluarsa bisa ditemukan di mana saja mulai dari toko kelontongan hingga supermarket bisa saja menemukan produk kadaluarsa. Pengalaman ane sendiri terkadang di toko kelontong ditemukan produk yang sudah kadaluarsa dan bahkan saat ane belanja di supermarket ada produk yang sudah mendekati dan sudah lewat masa kadaluarsa namun tetap terpajang di rak produk, tentunya hal ini miris sekali dan menjadi ironi.

Masa kadaluarsa produk, sesuatu yang seringkali terlupakan. Padahal mengecek masa kadaluarsa produk itu penting sebelum membeli produk. Tak jarang karena kecerobohan inilah kadang ada penyesalan setelah membeli mulai dari rasanya yang berbeda dan lain sebagainya. Produk yang sudah kadaluarsa jelas tidak aman untuk dikonsumsi, untuk itulah cek kemasan terlebih dahulu sebelum membeli. Hal ini memang terlihat sepele akan tetapi ini adalah sesuatu yang penting bagi kita semua.

Untuk para pedagang kecil maupun pedagang besar sudah semestinya menyadari hal ini, jangan sampai ada produk yang sudah kadaluarsa namun masih beredar begitu saja. Dalam kenyataannya tak jarang pedagang kecil ada yang tak peduli dengan masa kadaluarsa produk dengan membiarkan produk terpajang begitu saja. Sedangkan untuk tingkat supermarket sendiri mungkin karena saking banyaknya produk membuat hal ini tak sempat tercek sepenuhnya mana yang kadaluarsa dan mana yang tidak.
Masa Kadaluarsa Produk, Sesuatu yang Seringkali Terlupakan

Credit : republika.co.id

Dari permasalahan ini tentu selalu ada solusinya. Bagi para konsumen tentu harus mengecek masa kadaluarsa produk terutama makanan sebelum membeli. Untuk para pedagang kecil tentunya jika membeli produk untuk dijual pastikan masih jauh dari masa kadaluarsa dan jika menjual produk pastikan tidak menjual produk yang sudah melewati masa kadaluarsa. Untuk pedagang besar seperti pemilik supermarket alangkah baiknya buat manajemen yang baik agar produk yang sudah lewat masa kadaluarsa tidak dipajang di rak barang dan bisa mengatur strategi menjual produk yang mendekati masa kadaluarsa dengan harga diskon guna menghindari kerugian besar karena produk yang sudah lewat kadaluarsa. Demikian paparan tulisan ane kali ini, selalu waspada dan cek kemasan sebelum memberi produk terutama tanggal kadaluarsa produk, bagaimana pendapat agan dan sista? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan inspirasi kehidupan
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 34 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
reserved
profile-picture
profile-picture
hilmanr13 dan nation73 memberi reputasi
suka cuek
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nyimak dulu ganemoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan tafakoer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
klu ane ttep nomor 1 gan, tiap x bli ssuatu apalgi di supermarket pasti yg pertama ane lihat tgl kdaluarsany krna pengalaman ane pernah seh bli ssuatu lpa g cek...e...tauny dh kdaluarsa.🤦‍♀️🤦‍♀️🤦‍♀️
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fira262 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
katanya barang kadarluarsa itu belum tentu tidak layak dimakan bray, itu cuma expetasi pembuat kapan makanan itu masih atua tidak layak.

Biasanya masih bisa di komsumsi dengan baik jika sudah lewat 1 sampe 3 bulan selagi tidak bau, jamuran, dan berasa aneh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakcikanto dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
sebelom beli barang, pastikan cek espayed det dulu
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bener nih, kebiasaan asal comot barang aja kalo lagi beli, taunya sampe rumah udah mepet tanggal kadaluarsanya. rugi dah
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan tafakoer memberi reputasi
Lihat 7 balasan
kalo barang / makanan cepet basi pasti gw lihat terutama beli roti di alpa indo atau beli minuman sejenis susu emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan tafakoer memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Digitnya mbingungin, kadang formatnya lokal DDMMYY atau DDMMYYYY, kadang import formatnya iso YYYYMMDD atau YYMMDD; belum kalau amerika datang dengan MMDDYY dan MMDDYYYY.

Kenapa nggak ditulis lengkap saja,
"EXP: 18JUN2020"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yurikaede dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ane malahan koplak, 2kali dapet tengo kaleng dari kantor. udah 2 taun berturut turut juga itu tengo ga dimakan ampe expired saking males makannya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Sering" liat expdt biar aman.. makan lebih tenang.. hehe


emoticon-Toast emoticon-Ngakak
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Alhamdulillah saya gk pernah makan makanan kemasan.. emoticon-Malu

Saya hidup dihutan soalnya emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
bsshhsvebsj dan nlc.168 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sering tu di minimarket kalau produk udh deket tanggal kadaluarsa dikasih iming2 diskon.!

emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
nlc.168 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pernah beli minuman di alfamar* minuman teh kemasan botol gitu pas ane buka rasanya ada yang anehh pas cek tanggal kadaluarsanya ternyata udah kadaluarsa beberapa bulan yang lalu emoticon-Cape d...
profile-picture
nlc.168 memberi reputasi
jaman kuliah dulu ane sering beli makanan kaleng, kaya sarden atau yg paling sering ya kornet, sengaja beli yang masa kadaluarsanya pendek, sekitar 1 bulanan lagi biar harganya 80% lebih murah, maklum namanya juga anak kuliahan budget pas2an, tapi untungnya sampai hari ini ane ga ada masalah kesehatan apapun, masih segar bugar, cuma kadang2 aja kepala sering pusing, perut mual, muntah2 dan sering ilang fokus...
emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan nowbitool memberi reputasi
Biasakan selalu cek masa Kadaluarsa suatu produk.
profile-picture
nlc.168 memberi reputasi
Mka dri itu kita hrus cermat dan teliti saat blnja.cek kadaluarsanya.tpi kdang2 tgl kadaluarsanya udh g klhtan,udh beram.
profile-picture
nlc.168 memberi reputasi
pernah ni beli susu ultra da expired
. masny gk percaya gw suru minum gmw emoticon-Ngakak akirny d gnti bru
profile-picture
nlc.168 memberi reputasi
Biasanya klo kadarluasa lebih dari 3 bulan udah di pastikan bener-bener basi

Kadang-kadang klo ada yg basi w buka dlu terus testing taste (tes rasa) klo udah bau, asem, pahit dah pasti beneran kadarluasa dan gak layak makan...
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Diubah oleh nowbitool
Quote:
Ane malah pernah coba makan mie (indomie) yang kedalursanya udah lebih dari 3 tahun
Diubah oleh comrade.frias
Lihat 6 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di