CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menggali Potensi Diri Berdasarkan Jenis Kepribadian
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eea2d83dbf76447a777dd81/menggali-potensi-diri-berdasarkan-jenis-kepribadian

Menggali Potensi Diri Berdasarkan Jenis Kepribadian

Menggali Potensi Diri Berdasarkan Jenis Kepribadian

Setiap diri kita dilahirkan dg membawa ciri2 fisik yang unik sebagai bawaan secara genetis dari orang tua kita dan juga sifat sifat emosional yg berbeda yang merupakan Blue Print/ cetak biru kepribadian yang didesign Alloh untuk masing masing diri kita.

Kita sadari atau tidak, bahwa di di dalam diri kita ada Basic Personality (Kepribadian Dasar) bawaan sejak kita di lahirkan, dimana masing2 jenis kepribadian mempunyai Kelebihan dan kekuatan di satu sisi serta mempunyai Kekurangan dan Kelemahan disisi yang lain. Ada org2 yg perfeksionis dlm berfikir tapi lemah keberanian dlm mengambil keputusan, ada org2 ceria dan menyenangkan tetapi rapuh dalam sikap dan pendirian, dll.

Semua kekuatan dan kelemahan pribadi dasar kita, akan berkembang menjadi jati diri kepribadian saat kita tumbuh menjadi dewasa.

Berkaitan dg sisi kuat serta sisi lemah pribadi kita, ada kata kata dari Seorang Filosof dan Jendral militer dimasa Tiongkok kuno yg hidup 400 th sebelum masehi yang bisa dijadikan nasehat bg kita, Dia pernah menyampaikan,”

“Kenalilah musuhmu, kenalilah diri sendiri. Maka dalam 100 kali pertempuran niscaya tak akan ada resiko kekalahan”.

Salah satu Makna dari nasehat militer diatas adalah bahwa mengenali dan memahami sisi kekuatan diri sendiri adalah sangatlah penting dlm rangka untuk penggalian potensi diri dalam menangkap peluang2 yang Alloh suguhkan dihadapan kita.

Sedang mengetahui dan memahami kelemahan diri sendiri tujuanya agar kita bisa menghindar diri terhadap hal2 yang diluar kemampuan kita dlm menghadapinya, serta agar bisa mengantisipasinya kemungkinan masalah yang akan timbul dihadapan kita.

Berikut adalah macam type kepribadian dasar yang telah di kelompokkan oleh para pakar psikologi, dimana tidak menutup kemungkinan kita memiliki kombinasi dua type dari jenis kepribadian dibawah ini,

Sanguin → dijuluki si “Populer”karena pandai persuasif dan ingin terkenal.

Koleris → dijuluki si “Kuat” karena sering dominan dan kompetitif.

Melankolis → dijuluki si“Sempurna”karena perfeksionis dan serba teratur.

Plegmatis → dijuluki si “Cinta Damai”karena kesetiaannya dan menghindari konflik.

Keempat Kepribadian diatas tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek, sebab masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan. Sekarang mari kita ulas kekuatan dan kelemahan dari 4 kepribadian tersebut.
Read more:
Diubah oleh Koying01


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di