CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
Sebelum Belajar Bermain Alat Musik, Cek Dulu Nih !!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee9d69aa727681e3a3413a3/sebelum-belajar-bermain-alat-musik-cek-dulu-nih

Sebelum Belajar Bermain Alat Musik, Cek Dulu Nih !!

Sebelum Belajar Bermain Alat Musik, Cek Dulu Nih !!
Konon katanya sih, alat musik punya daya tariknya tersendiri tergantung pandangan dari masing-masing orang.. Ada yang suka sama gitar karena senarnya ada 6, ada yang suka sama piano karena tuts nya ada banyak, ada yang suka sama drum karena bentuknya yang bulet, dan sebagainya. 

Tentunya daya tarik alat musik di mata setiap orang beda-beda ya.. Dan kalau udah mulai tertarik, pasti ada dah sedikit rasa pengen belajar memainkan alat musik tersebut..

Di postingan kali ini, izinkan aku sedikit berbagi hal penting yang harus kita gumulkan sebelum kita memutuskan untuk serius belajar musik, biar pembelajaran musiknya nggak berhenti di tengah jalan gitu..

1. Belajar Musik Itu Membosankan
Kok membosankan? Secara, kita harus mengulang-ulang terus sampai lancar.. Gw pun cukup ngerti kalo hal ini sangat membosankan, tapi sampai sekarang gw masih belum tau ada cara instan yang bisa melangkahi hal satu ini..

Namanya masih belajar, pastinya kita akan terus mengulang-ulang teknik, melodi, ataupun beatnya sampai kita lancar dong. Masalahnya, sering kali kita males kalo harus ngulang berkali-kali, jadinya masih setengah mateng tapi udah pengen lanjut aja.. Alhasil, makin kedepannya bakalan terasa makin susah deh..

2. Musik Itu Mesti Siap Terima Teorinya
Ga beda jauh dengan mempelajari hal lainnya, masing-masing musik pun punya teorinya. Cuma, memang hal ini sih nggak begitu terasa selama bisa dinikmati prosesnya aja.. Salah satu teori penting yang sempet gw pelajari pas awal-awal dulu itu namanya teori interval.. Teori interval ini umumnya dipelajari di musik-musik melodis kayak keyboard, gitar, atau bass gitu..

Jadi intinya teori itu mengajak pemusik untuk memahami kalau jarak antar nada itu nggak sama, melainkan ada yang jarak 1, dan jarak setengah. Dan teori ini pun kadang-kadang gw turunkan ke beberapa orang yang pengen belajar musik.

Sampai suatu ketika pernah ketika gw baru mulai ngajarin teori ini ke seseorang muncul pertanyaan,

“Bisa nggak kita main musik kalau nggak ngerti teori ini?”
“Bisa aja sih,, TAPIIII cuma bisa main sambil baca kunci doang! “
“Oh, aku punya buku kunci banyak kok.. Nggak apa-apa lah..”
*bletak* - “Hehh, Poin utamanya belajar teori interval ini ga cuma itu aja, tapi intinya gimana biar kita bisa main musiknya mandiri tanpa ngandelin buku ato kunci dari luar gitu.. Kalo gw suatu saat mati ketabrak pesawat terbang, kamu mau nyari kunci gimana cobak?“
"Euh,, iya deh.."


Jadi gitu gaes.. Teori musik itu ada bukan buat menuh-menuhin kurikulum kayak di sekolah kok.. Tapi emang ada maksud dan tujuan baik untuk kedepannya.. Jadi kalo nggak pengen belajar teorinya pun juga ya sebaiknya pikir-pikir dulu..

3. Belajar Musik itu Lama
Sebenernya poin ini sifatnya agak relatif sih,, ada temen gw baru belajar gitar 6 bulan udah jago, ada juga yang udah belajar 2-3 tahun tapi masih belum begitu lancar.. Pada akhirnya semuanya tergantung.. Iya, tergantung berapa banyak waktu yang kita pake buat belajar musik..

Kalau kita belajarnya cuma seminggu sekali (itupun paling cuma sejam), tentunya akan sangat berbeda daripada yang belajarnya tiap hari, sekalipun tiap harinya paling cuma 10-15 menit. Makanya gw pun kadang suka menganjurkan orang-orang yang punya kesibukan padat untuk mikir ulang sebelum memilih belajar musik.. Pasti bakal lama pake banget..

Kadang-kadang suka agak kesel aja sih kalo misalnya ngajar musik seseorang yang biasanya ketemu seminggu sekali, terus pas gw tanya seminggu ini udah belajar apa aja? Dan jawabannya, "belom belajar apa-apa.. Ya soalnya gimana ya? Di sekolah lagi banyak ulangan nih, terus juga kalo pulang sekolah langsung disuruh les, kalo udah malem kan ga boleh berisik tuh, jadinya ya nggak sempet deh..". Tepok jidat aja deh~ ._.'


4. Belajar Musik itu Harus Pake Hati
Uhh, so swiit banget cobak.. Pada akhirnya, kita bisa bertahan dari kebosenan mengulang-ulang, bertahan dari teori yang harus dipahami, maupun bertahan karena lamanya proses belajar musik itu sendiri,, itu semua bisa kalau kita punya hati yang sungguh-sungguh buat belajar. Sekalipun kita orangnya bosenan (kayak gw pun sebenernya sangat bosenan), kalau kita mau belajar mencurahkan hati kita selama belajar musik, pasti bisa dilewatin kok.. Ataupun misalnya kita emang orangnya ga suka teori, tapi kalo punya hati untuk belajar pun pasti dijabanin dah..


Soo,, setelah memikirkan semua hal itu jadinya gimana,, apa masih tetap ingin belajar musik? Kalau iya, tetap semangat aja yaa.. Belajar musik itu nggak ada habisnya, jadi bersiap aja untuk terus melewati tantangan yang ada selama kita belajar musik.. emoticon-Big Grin




Nah dengan belajar memainkan alat musik juga bisa memberikan banyak manfaat lho.


Bermain musik dapat meningkatkan koordinasi tubuh, melatih konsentrasi, ketekunan, dan daya ingat. Kamu juga bisa mengikuti kursus yang menjanjikan satu ini di

Allegra Private Music Course untuk mendapatkan keahlian bermain musik.

Kamu juga bisa pilih kursus musik sesuai dengan minat kamu seperti bernyanyi, bermain piano, drum, gitar, biola, saxophone dan alat musik lainnya.


Dengan memiliki keterampilan di bidang musik, kamu juga berkesempatan menjadi guru musik atau bekerja sebagai pemusik lhoo .


Dan kami juga bisa dengan sistem online class loohh, yang gak kalah seru dengan les tatap muka .


Sebelum Belajar Bermain Alat Musik, Cek Dulu Nih !!




profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di