CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Kampanye Belanja dari Rumah, Menperin Ajak Beli Produk Lokal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee9c9eadbf76454eb50ab4b/kampanye-belanja-dari-rumah-menperin-ajak-beli-produk-lokal

Kampanye Belanja dari Rumah, Menperin Ajak Beli Produk Lokal

Kampanye Belanja dari Rumah, Menperin Ajak Beli Produk Lokal

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin serius memacu pengembangan industri kecil dan menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang dijalankan adalah mengoptimalkan pemasaran produk IKM melalui platform e-commerce untuk menggantikan cara penjualan offline yang sulit dilakukan di masa pandemi Covid-19.

(Baca Juga: Bisnis E-Commerce Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19)

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk mempercepat transformasi digital. Sebab, transaksi produk mengalami perubahan dengan penetapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penjualan produk yang sebelumnya didominasi transaksi offline beralih ke online.

Baca Juga:

"Dengan adanya social distancing yang dilakukan masyarakat untuk menghindari penyebaran Covid-19, transaksi di e-commerce mengalami peningkatan. Selain itu, pemerintah dan platform e-commerce juga berperan dengan menginisiasi kampanye belanja dari rumah," tuturnya di Jakarta, Rabu (17/6/2020)

Dia melanjutkan dengan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia bertujuan membangun kesadaran masyarakat akan kemampuan industri nasional dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan kualitas yang mumpuni. Adapun produk lokal tidak kalah saing.

"Produk IKM dalam negeri memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Dengan menggelar #SemuanyaAdaDisini, Kemenperin mendukung promosi produk-produk IKM dengan memanfaatkan sarana digital," papar Menperin.

Adapun sektor IKM yang menjadi target program tersebut antara lain yang menghasilkan produk makanan dan minuman dalam kemasan, produk herbal, olahan bumbu masak, furnitur, fesyen, masker nonmedis dan alas kaki, aksesoris dan perhiasan, serta kosmetik.

Selanjutnya, IKM yang memproduksi hand sanitizer dan homecare, mainan anak, peralatan makan, peralatan kebersihan, home decor dan kerajinan, peralatan masak dan perlengkapan dapur, mesin pertanian dan industri, perkakas tangan berkebun dan bertani, askesoris otomotif, produk elektronik, serta alat kesehatan dan olahraga.

Upaya Kemenperin mendukung pemasaran produk IKM secara online telah dilakukan sejak 2017 melalui program e-Smart IKM. Program tersebut dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku IKM untuk mampu memasarkan produknya lewat platform digital. Hingga saat ini, e-Smart IKM sudah diikuti sebanyak 11.167 pelaku IKM di seluruh Indonesia.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/724...kal-1592373966

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kampanye Belanja dari Rumah, Menperin Ajak Beli Produk Lokal Perbolehkan Pelanggan Cicil Bayar Listrik Bebani Keuangan PLN

- Kampanye Belanja dari Rumah, Menperin Ajak Beli Produk Lokal Ketika Renovasi Rumah, Harus Tetap Tinggal atau Pindah?

- Kampanye Belanja dari Rumah, Menperin Ajak Beli Produk Lokal Kampanye Belanja dari Rumah, Menperin Ajak Beli Produk Lokal

profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di