CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Kerupuk Terigu Pengobat Rindu Kampung Halaman Ala Rirandara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee9b97e68cc9511d15d99e5/kerupuk-terigu-pengobat-rindu-kampung-halaman-ala-rirandara

Kerupuk Terigu Pengobat Rindu Kampung Halaman Ala Rirandara

Kerupuk Terigu Pengobat Rindu Kampung Halaman Ala Rirandara

Assalamu'alaikum warahmatullahi


Kerupuk ialah sejenis makanan ringan atau camilan. Itu menurut saya. Tetapi, kerupuk juga biasa dijadikan makanan pendamping saat makan berat. Misalnya, makan soto. Tentu akan lebih enak bila ada selingan menggigit kerupuknya, bukan. Di sisi lain, tidak dipungkiri juga, sebagian orang ada yang menjadikan kerupuk sebagai lauk utamanya ketika makan. 

Arti kerupuk sendiri menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah makanan yang dibuat dari adonan tepung dicampur dengan lumatan udang atau ikan, setelah dikukus disayat-sayat tipis atau dibentuk dengan alat cetak, dijemur agar mudah digoreng. Sudah kebayang gimana enaknya kerupuk yang ada campuran ikan. 

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis kerupuk. Yang paling mahsyur tentu si kerupuk Palembang, Amplang. Ada juga kerupuk upil dari Jawa Timur, yang proses pematangannya memakai teknik sangrai menggunakan pasir. Kerupuk tenggiri, kerupuk uyel, kerupuk mie selang. Banyak deh. Karena tiap daerah beda sebutan namanya walau bentuk dan rasanya sama. 

Di rumah saya sendiri tiada hari tanpa kerupuk. Sebabnya, Bebeb saya enggak khusuk makan bila tanpa kehadiran si kerupuk. Awalnya, sih, oke tak masalah, ya. Namun, semenjak pandemi melanda, saya lebih mengerem lagi untuk membeli makanan dari luar. Sebisa mungkin makanan yang dikonsumsi, harus kita yang mengolahnya sendiri. Berawal dari situlah, muncul ide untuk membuat kerupuk sendiri. 

Singkat cerita, dapatlah resep kerupuk yang pas di lidah saya, anak-anak, dan tentunya Bebeb. Ya, resep itu didapat tidak lain dan tidak bukan ialah dari bapak saya sendiri. Yang kebetulan mantan kuli pabrik kerupuk di Palembang, ketika beliau masih bujang (rahasia besar bapak yang baru saya ketahui … hiiihii). Resep takaran asli pabriknya, sih, bapak juga lupa. Hanya secara garis besar dan prosesnya saja yang beliau ingat.

Berbicara tentang bapak, pasti melebar ke emak dan kampung halaman. Membuat rindu saja. Dan rindu itu mesti ditumpuk dulu, untuk kemudian dituai pada masanya. Saat ini, biarlah kerupuk saja yang mewakilinya. Loh, malah melantur kemana-mana. Maaf! Hehhe

Tentu banyak resep yang lebih oke dari saya punya. Namun, tak mengapa. Walau tanpa ikan atau udang, tapi resep ini tetap bisa menggoyang lidah, loh. Enggak percaya, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 


Quote:


Saya diberitahu bapak, bila ingin hasil gorengan kerupuknya bagus-bagus, gorengnya dua kali. Ada teknik-nya gitu.
Jika terlalu belibet, goreng sekali tak mengapa. Asal kerupuk mentahnya benar-benar kering. Juga saat menggoreng, minyaknya sudah pas untuk dipakai. Panas tapi jangan terlalu kepanasan.

Demikian lah resep kerupuk terigu rumahan ala saya. Semoga bermanfaat. 
Sejujurnya, prosesnya lumayan memakan waktu. Tapi bila hasilnya memuaskan, tak jadi masalah, bukan?! Oiya, jika ingin mencoba-coba dulu, bisa pakai setengah resep saja, ya. 

Salam bahagia selalu, Gansist. 
Saya rirandara, sampai jumpa kembali di tulisan selanjutnya.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh


Foto: dokpri
Tulisan pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roybgr dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rirandara
enak ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
uewenaaaaaaaaakkk beeeeebb🤤🤤
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan rirandara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Enak nih yaa ? heheh

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
profile-picture
rirandara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dicampur udang dikit pasti enak tuh gan
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan rirandara memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wahh gampang juga ya bikin kerupuk sendiri bahannya juga sederhana gitu, cocok deh buat pendamping pas lagi makan apalagi cuaca lagi panas begini jadi cepet keringnya pas dijemur
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan rirandara memberi reputasi
Lihat 5 balasan
kerupuk :
KERiuk keriUk temen lauk PaUK
profile-picture
rirandara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Oke deh, ane otw bilang emak ane suruh bikinin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan rirandara memberi reputasi
Lihat 6 balasan
cemilan enak gurih gurih nyoi
profile-picture
rirandara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gak sadar bisa mengahabiskan setoples kalau makannya sambil lihat televisi.
profile-picture
rirandara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
penggemar kerupuk datang🌹
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan rirandara memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bisa dicoba kiye, Mak resepe. Suwun ya. 😘
profile-picture
rirandara memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kriuk kriuk emoticon-Genit
profile-picture
rirandara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kerupuk emang gapernah salah ya, wkwkwkwk gorengnya lama karena sekaligus banyak tapi habisnya paling cepet, pernah coba kerupuk ini dan emang enak bgtt
profile-picture
rirandara memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di