CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Mengenal Ciri-ciri Penyebab Faktor Jerawat Hormon dan Cara Menyembuhkannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee9b2d3365c4f128b7866b2/mengenal-ciri-ciri-penyebab-faktor-jerawat-hormon-dan-cara-menyembuhkannya

Mengenal Ciri-ciri Penyebab Faktor Jerawat Hormon dan Cara Menyembuhkannya

Mengenal Ciri-ciri Penyebab Faktor Jerawat Hormon dan Cara Menyembuhkannyah

jerawat ,salah satu keadaan pada kulit yang sering dialami oleh hampir kebanyakan orang,sebagaian besar dialami saat seseorang memasuki usia pubertas, alias remaja,Namun ternyata jerawat bisa juga dialami oleh para wanita dewasa diusia 20 s/d 50 tahun.Kira-kira apa yaa penyebabnya ? Bagaimana cara mengatasinya ?

Jerawat timbul pada wajah dan tubuh diantaranya dikarenakan permasalahan kotoran pada kulit dan masalah hormon. Fluktuasi hormon dan ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesterone yang terjadi bersamaan yang terdapat didalam tubuh bisa menyebabkan kulit berminyak atau kering,Produksi minyak berlebihan yang tergangu karena flukuatif hormon yang tidak stabil akan menyumbat pori-pori sehingga menyebakan breakout,.Permasalahan Jerawat hormonal akan lebih sulit dihilangkan jika tidak ditangani dengan benar dan tepat serta untuk permasalahn jerawat hormonal memiliki penanganan yang lebih khusus untuk diatasi.

HORMON-HORMON PENYEBAB JERAWAT PADA WANITA

Pada masa seseorang mengalami masa pubertas biasanya mengalami munculnya jerawat hormonal pada tubuh maupun wajah serta produksi minyaknya lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya,karena ada peningkatan hormon testosteron yang dapat menyebabkan jerawat,serta penurunan hormon estrogen ketika masa menstruasi dan menopause juga bisa memicu munculnya jerawat.

● Hormon Androgen.

Hormon Androge aalah hormon yang banyak di miliki “ laki-laki “ ,pada kaun hawa tetap ada tapi tubuh hanya memproduksi sedikit dan antara lain fungsinya mengatur seks dan pembentukan otot.
Menurut Dr, Steffy Adity dan NMW Skincare Kalimalang ,bekasi,Peningkatan kadar hormon Androgen (hiperanandrogen) bisa menstimulasi aktivitas kelenjar minyak agar melakukan produksi minyak yang berlebihan dari kuota umum yang telah ditetapkan,Efek dari kelebihan minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak adalah penyumbatan yang terjadi di pori-pori kulit yang pada akhirnya menghadirkan kemunculan tamu yang tak di undang yaitu Jerawat hormonal.
Aktifitas kelebihan minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak penyebab jerawat hormon ini bisa disebabkan oleh beberapa hal,dari mulai masa pubertas ,masa kehamilan ,dan hingga mengonsumsi obat atau pil KB jenis tertentu.

● Hormon Estrogen

Mungkin sebagian dari kita lebih populer mendengar penyebab jerawat hormon karena aktifitas hormon yang tinggi ,tapi ternyata aktifitas hormon yang rendah pun bisa juga menyebabkan jerawat hormonal,Nah yang menyebabkan jerawat hormonal salah satu pemicunya karena aktifitas hormon Estrogen kadarnya menurun ditubuh kamu.

Penyebabnya kenapa hormon Estrogen mengalami penurunan adalah faktor menstruasi,perimenopause,ginjal anoreksia,atau bisa jadi aktivitas olah raga kamu yang berlebihan

● Hormon Progesteron

Biasanya hormon ini terjadi pada wanita sebelum menstruasi,biasanya meningkatnya kadar hormon progesteron sebelum menstruasi dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah.tidak hanya itu hormon testosteron ( lebih banyak dimiliki laki-laki ) setelah menstruasi membuat wajah memproduksi kelenjar minyak yang bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit,sehingga inilah penyebab,kenapa terkadang jerawat muncul pada saat wanita menstruasi.

CIRI-CIRI JERAWAT HORMONAL DI KULIT.

Umumnya jerawat homonal akan muncul pertama kali pada wanita yang mulai memasuki usia pubertas,yaitu antara usia 13 hingga 17 tahun.
Jerawat hormonal biasanya berbentuk bulatan atau bintik putih di wajah ,bisa muncul ditengah-tengah pipi,komedo disekitar hidung dan bintik merah bengkak yang super sakit.
Jerawat hormonal akan muncul rutin ketika para wanita yang akan memasuki pra menstruasi atau paska menstruasi,Ada juga jerawat hormonal muncul pada masa wanita hamil yang menyebabkan perubahan hormon pada tubuhnya.
Biasanya pemilik jerawat hormonal akan mengalami permasalahan lebih sulit dihilangkan,apabila itu terjadi pada diri Anda jangan sekali-kali melakukan pemencetan atau penyelesaian sendiri,dikhawatirkan akan menciptakan masalah baru seperti kerusakan pada jaringan parut,pori-pori yang membesar hingga flek-fleh hitam yang sulit hilang.Cara yang paling benar adalah kamu membutuhkan penanganan dari dokter untuk menghilangkan jerawat hormonal Anda.

BAGAIMANA SOLUSI UNTUK MENGATASI KETIDAKSEIMBANGAN HORMON.

Mengatasi permasalahan jerawat hormon sebenarnya bisa disembuhkan jika kamu displin dan ditanganin dengan cara-cara yang benar.Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar jerawat hormon kamu tidak bertambah parah dan bisa segera diatasi adalah sebagai berikut :

● MENJAGA KEBERSIHAN KULIT

Menjaga kebersihan kulit dengan baik dan benar dapat mempermudah kulit kamu lebih sehat dan terawat serta terhindar dari jerawat.Seperti yang tadi kita bahas diatas,kulit berminyak atau kering salah satu penyebabnya adalah faktor hormon,Kulit yang kotordan terawat akan memicu lebih mudah bakteri menempel dan berkembang, sehingg kulit akan rentan mengalami iritasi.

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak,lakukan untuk membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari,Pilihlah pembersih wajah khusus wajah berminyak dan gunakan toner setelah menggunakan facial wash dan sebelum penggunaan cream jerawat,Paket Perawatan Toner by Rinna diazella skincare bisa menjadi salah satu referensi untuk digunakan untuk produk perawatan wajah dalam mengatasi permasalahan kulit jerawat hormonal.

Toner adalah cairan yang selalu kerap dipasangkan dengan pembersih yang mampu membantu mengatasi jerawat dan noda bekas jerawat di wajah,Toner juga mampu membantu menghilangkan minyak berlebihan,sekaligus mengecilkan pori-pori.

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering,jangan sampai lupa untuk selalu menggunakan pelembab setiap hari,Pilihlah pelembab yang bebas minyak dan bersifat noncomedogenic agar jerawat tidak semakin parah.

● MENGGUNAKAN OBAT JERAWAT

Penggunaan obat jerawat bisa Anda gunakan jika dirasakan jerawat yang singgah dikulit wajah kamu membandel,namun tetap pilihlah obat jerawat yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan yang Anda alami.

Untuk jenis kulit berminyak,pilihan obat jerawat yang mengandung retinoid, benzoil peroksida dan asam salisilat bisa Anda perioritaskan.Sementara untuk pemilk jenis kulit kering penggunaan obat jerawat benzoil peroksida,asam salisilat dan asam azelaic untuk dihindari atau kamu bisa konsultasikan pada dokter kulit kamu untuk produk-produk yang tadi disebutkan.

● MENGURANGI GULA DAN SUSU

Coba lakukan penyembuhan jerawat hormonal dengan mengatur pola makan.Para ahli kesehatan banyak menyarankan pada orang-orang yang memiliki jerawat hormonal untuk membatasi ,mengurangi atau menghentikan konsumsi gula dan susu.Kedua bahan makanan ini dapat memicu jerawat lebih cepat dan inflamasi,namun tidak hanya kedua bahan makanan itu saja ,Anda juga harus membatasi atau mengurangi nasi putih ,kentang ,permen,soda dan makanan instand.Akan tetapi perlu juga diingat pada sebagian orang mengubah makanan ada uga yang tidak efektif buat mereka.

● HINDARI MAKANAN JUNK FOOD

Kita tahu bahwa junk food memiliki tinggi akan kadar garam,sehingga garam dapat memicu masalah jerawt hormonal.Selain itu ,mengonsumsi minuman bersoda juga memiliki potensi yang besar dalam menimbulkan jerawat hormonal.

● MENGONSUMSI MINUMAN PROBIOTIK.

Probiotik memiliki kandungan bakteri baik yang mampu memudahkan tubuh dalam melakukan penyerapan nutrisi,nutrisi yang terserap dengan benar akan memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh dan menghindari Anda dari masalah jerawat hormonal.

● TERAPI PERAWATAN HORMON

Sebagaian para ahli setuju jika sebenarnya perawatan paling ampuh untuk menyembuhkan jerawat hormonal adalah dengan mengatasi masalah hormon tersebut.Meminum obat-obatan yang mengendalikan hormon seperti pil kontrasepsi dapat menjaga siklus menstruasi dan mengurangi jerawat.

Namun tidak disarankan untuk memilih obat-obat hormon tanpa mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda ,pasalnya beberapa tipe pil hormon justru kandungannya bukan memperbaiki jerawat Anda bahkan bisa menambah dan memperburuk keadaan jerawat itu sendiri

DAPATKAH JERAWAT HORMONAL DISEMBUHKAN DENGAN EKSFOLIASI.

Minyak dan bakteri yang tersumbat di pori-pori adalah penyebab kulit berjerawat,Eksfoliasi kimia seperti salicylic,glycolic dan lactic adalah kandungan senyawa terbaik untuk melawan jerawat.Untuk produk Eksfoliasi Anda bisa menggunakan beberapa kandungan produk skincare yang mengandung AHA & BHA agar eksfoliasi semakin maksimal,Di Rinnadiazella skincare Anda bisa menggunakan produk toner T69 Rinnadiazella yang memiliki kandungan AHA & BHA yang bisa digunakan sebagai menghilangkan jerawat,detok,penghilang flek dan mengontrol kadar minyak dikulit wajah.

Eksfoliasi kimia sangat membantu dalam perbaikan sel-sel kulit mati yang menempel sehingga jerawatmu akan perlahan terkikis sedikit demi sedikit serta sekaligus dapan mencegah jerawat baru yang akan muncul.


APAKAH JERAWAT HORMONAL BISA SEMBUH TOTAL.

Selama Anda disiplin dan mengindahkan semua pantangan-pantangan yang dilarang serta rutin melakukan perawatan dan menjaga kebersihan kulit ,bukan tidak mungkin lagi jika jerawat hormonal akan sembuh Para ahli menyarankan pada orang yang sedang mengalami jerawat hormonal untuk tetap menjaga perawatan kulit baik ketika sedang terjadi maupun setelah kesembuhannya.

Apabila permasalan jerawat hormonal kamu sudah memasuki fase jerawat membandel yang diakibatkan hiperandrogen,langkah pertama yang bisa dilakukan adalah gunakan krim topika selama beberapa bulan,jika pemakaian produk skincare topika belum mendapatkan hasil yang diinginkan,kamu bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk memberikan pengobatan antibiotik untk mematikan bakteri penyebab jerawat.Tapi perlu diingat penggunaan obat anti-biotik hanya maksimal digunakan selama 5 hari lalu lihat efeknya dan penggunaannya tidak digunakan untuk jangka waktu panjang.

Gunakan membantu hasil yang maksimal dalam pengobatan jerawat hormonal ,Anda bisa juga disarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan menjaga berat badan.Memiliki kelebihan berat badan ( obesitas) bisa memicu ketidakkesimbangan kadar hormon tubuh dan hal itu menyebabkan munculnya jerawat dikulit .Jika dibutuhkan Anda menggunakan perawatan tambahan untuk menyembuhkan masalah kulit itu sepenuhnya.

Hal yang tidak kalah penting dan ini sering sekali dilakukan bagi orang-orang yang memiliki permasalahan jerawat yaitu kebiasan memegang atau memencet jerawat,karena aktivitas tersebut dapat membuat jerawat makin parah dan meradang.Namun jangan lupa untuk berkonsultasi dengan doktermu agar dapat menjalani perawatan yang tepat.


Has tag : Kecantikan,jerawat,perawatan wajah,
SUMBER : RINNADIAZELLA SKINCARE







profile-picture
nona212 memberi reputasi
Diubah oleh weddingpackage


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di