CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Hendropriyono: Sultan Hamid II Bukan Pahlawan Adalah Fakta Sejarah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee9b1322525c3456b761353/hendropriyono-sultan-hamid-ii-bukan-pahlawan-adalah-fakta-sejarah

Hendropriyono: Sultan Hamid II Bukan Pahlawan Adalah Fakta Sejarah


KARAWANGPORTAL - Menanggapi kabar pengaduan keluarga Sultan Hamid ke Polda Kabar terkait video viral Jenderal AM Hendropriyono, mantan Kepala BIN itu menanggapi dengan tenang dan lugas. Reaksi keluarga Sultan Hamid II dinilainya mengherankan karena sesungguhnya video tersebut dibuat untuk menasihati generasi muda agar memahami sejarah.

“Saya heran kok mereka marah, kan saya cuma menunjuk fakta sejarah,” kata Hendropriyono di Jakarta Selasa (16/6/2020).

Reaksi keluarga Sultan Hamid II terkait keputusan Kemensos, c.q. Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP), yang menyatakan Sultan Hamid II tidak mememuhi syarat sebagai pahlawan nasional. Hal ini disebabkan oleh fakta sejarah bahwa dia berkomplot dengan Westerling yang membantai 40.000 nyawa di Sulawesi Selatan, pencetus pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang juga menewaskan Letkol Lembong.

Memang Sultan Hamid II sebagai koordinator tim memenangkan lomba desain lambang negara, berkepala manusia, yang kemudian direvisi menjadi kepala burung garuda. Selain dia, M. Yamin juga memenangkan lomba tersebut. Jadi lambang negara yang sekarang bukan sepenuhnya hasil karyanya.

“Pengakuan keluarga Sultan Hamid II tersebut palsu, bahwa Sultan Hamid II Alkadrie perancang simbol negara burung Garuda, frasa Bhinneka Tunggal Ika juga karangan pujangga Mpu Tantular, bukan karangannya” tegas Hendropriyono.

Hendropriyono pun memaparkan. Yang paling spektakuler adalah sepak terjang Sultan Hamid II bersama Westerling dan Frans Najoan dalam upaya menjatuhkan Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada 1950. Sultan Hamid II dijatuhi hukuman 10 tahun (Tahta Untuk Rakyat Biografi Sri Sultan Hamengkubuwono IX, halaman 97).Readmore



profile-picture
profile-picture
profile-picture
mhrdhk94 dan 2 lainnya memberi reputasi
generasi muda wajib tau... kelakuan dia dg westerling.... jgn cuma tau nya dia pencipta lambang negara yg sebenernya bukan 100% karya dia...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Sekalian dong sejarah siapa yg jajah rakyat indo di beber emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan karawangportal memberi reputasi
nah lo,
profile-picture
LionMAH0Heart memberi reputasi
Ini GILA !!!!!, Kita dipaksa mengikuti "Cultural Revolution" Kayak China untuk menghapus semua Sejarah Negaranya. HANYA ORANG GILA.....Nope INSANE PEOPLE aja yang mau mengangkat PENGKHIANAT sebagai PAHLAWAN. Balikin dulu nyawa yang sudah dia renggut waktu APRA..... GO TO HELL ONTA HAMID II.
profile-picture
karawangportal memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
yaa pd masa itu ga jelas yg pahlawan mana, yg pengkhianat mana. setelah orde baru, baru ada patokan mana yg pahlawan dan mana yg pengkhianat.

utk Sultan Hamid II mungkin ga sampai dpt gelar pengkhianat negara krn putusan MA, tapi bukan lalu berarti jadi pahlawan.
profile-picture
karawangportal memberi reputasi
Diubah oleh anak manis
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di