CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Berbahaya! Dampak Buruk Terlalu Sering Mengkonsumsi Kecap
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee9a6739775131c7c3e68d2/berbahaya-dampak-buruk-terlalu-sering-mengkonsumsi-kecap

Berbahaya! Dampak Buruk Terlalu Sering Mengkonsumsi Kecap

Hai... agan-agan semuanya,,, selamat datang dithread saya emoticon-Hai
Quote:

Kecap adalah salah satu bahan pelengkap makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahan makanan yang terbuat dari biji kedelai ini, sering ditambahkan dalam berbagai masakan seperti, bakso, mie, soto dan lain-lain. Rasanya yang manis dan gurih memberikan tambahan cita rasa tersendiri pada makanan tersebut. Dan jika belum ada tambahan kecap didalamnya, rasa makanan terasa ada yang kurang lengkap. emoticon-Big Grin Terlepas dari semua kelezatan kecap tersebut, ternyata terlalu sering mengonsumsi kecap tidak baik untuk kesehatan tubuh loh. Beberapa proses kimia dalam pembuatan kecap dapat mengakibatkan dampak serius bagi tubuh apabila terlalu sering dikonsumsi. Nah, apa saja dampak buruk mengonsumsi kecap yang berlebihan ? emoticon-Thinking Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut telah saya rangkum beberapa daftarnya, langsung saja cekidot... emoticon-thumbsup

1. Menggangu Kesuburan Pria

Quote:

Salah satu dampak buruk terlalu sering mengonsumsi kecap bagi para pria adalah dapat menurunkan tingkat kesuburan sel sperma. Konsumsi kecap yang terlau berlebihan dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga akan menghambat kerja dari tiroid (kelenjar yang menghasilkan hormon). Karena hal itu, juga akan menghambat kinerja metabolisme dalam tubuh, meningkatkan berat badan dan mengurangi tingkat kesuburan sel sperma yang diproduksi.emoticon-Frown

2. Menyebabkan Kanker

Quote:

Kecap manis mengandung senyawa isoflavone yang cukup tinggi karena memang bahan dasarnya dari kedelai. Kandungan isoflavone yang tinggi tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya menjadi pemicu pertumbuhan kanker payudara. Dampak buruk lain mengonsumsi kecap yang berlebihan adalah dapat menggangu siklus haid pada kaum hawa. Oleh karena itu, bagi sista yang sedang dalam masa haid, sebaiknya kurangi konsumsi kecap ya.emoticon-thumbsup

3. Mengganggu Kerja Ginjal

Quote:

Konsumsi kecap yang terlalu berlebihan sangat tidak bagus untuk kesehatan ginjal. Kandungan oksalat dan pythoestrogen yang tinggi selama pemrosesan kecap dapat mempengaruhi kinerja ginal. Senyawa oksalat tersbut dapat mengakibatkan terjadinya batu ginal sedangkan senyawa fitoestrogen yang tinggi dapat menyebabkan gagal ginjal. Jadi, konsumsi kecap yang sewajarnya saja akan sangat membantu menjaga fungsi ginjal.


4. Memicu Hypernatremia
Quote:

Hypernatremia adalah sebuah kondisi dimana aliran darah dalam tubuh memiliki kandungan garam yang berlebihan, sehingga darah tersebut menjadi kental dan menggumpal. Hypernatremia ini akan membuat pasokan oksigen dalam darah menjadi berkurang sehingga dapat memicu penyakit berat seperti serangan jantung dan kerusakan otak. Kecap yang mengandung tinggi natrium adalah salah satu penyebab hypernatremia.


5. Menggangu Pencernaan

Quote:

Salah satu akibat buruk karena terlalu banyak mengonsumsi kecap yang jarang diketahui banyak orang adalah dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Didalam bahan kecap mengandung zat asam fitat yang cukup tinggi. Zat asam fitat ini merupakan molekul non-gizi yang tidak dapat dicerna oleh tubuh., sehingga apabila konsumsinya terlalu berlebihan dapat menggangu kerja sistem pencernaan.


6. Tidak Baik Untuk Ibu Hamil
Quote:

Konsumsi kecap yang berlebihan, ternyata juga tidak baik untuk ibu hamil lo sist. Kandungan kimia yang terdapat dalam kecap selama proses pembuatan dan fermentasi, membuatnya tidak baik dikonsumsi untuk ibu ibu hamil. Karena jika tetap dikonsumsi maka akan menghambat perkembangan dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

7. Penggumpalan Sel Darah Merah dan Mengganggu Penyerapan Mineral
Quote:

Hampir sama dengan poin nomor 4, konsumsi kecap yang berlebihan dapat mengakibatkan penggumpalan darah. Hal ini karena produk olahan kedelai seperti kecap, banyak mengandung hemaglutinin yang merupakan senyawa penyebab penggumpalan sel darah merah. Selain itu kandungan fitat yang tinggi dalam produk kecap, dapat mengganggu proses penyerapan mineral penting dalam tubuh.


Nah, diatas adalah beberapa dampak buruh terlalu sering mengonsumsi kecap bagi kesehatan tubuh. Mungkin bagi agan yang masih doyan menginsumsi kecap berlebihan, mulai sekarang bisa lebih dikurangi ya gan, karena sesuatu hal yang berlebihan itu pasti ujung-ujungnya tidak baik. heheheemoticon-Blue Guy Peace

Sumber Penulisan: 123

Terimakasih atas kunjungannya, semoga menambah wawasan dan pengetahuan. salam cendols..... emoticon-Cendol (S)
emoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
irma.kawaii dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Reserved

Sebelum keduluan, hehehe..
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan blezzernet memberi reputasi
Kecap juga gak bagus untuk mata.
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jauhdekat3000 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ane jarang minum kecap sihemoticon-Big Grin
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane kira jadi diabetes... nice tred btw gan
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane biasanya ngasih kecap banyak" ke kuah soto, ehh.. dilihat lihat malah jadi kyk kuah rawon emoticon-Ngakak wkwkw
profile-picture
profile-picture
DiaryBodoh dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
konsumsi harian kecap masyarakat sepertinya msh dalam batas wajar.. bbrp sendok per hari mungkin.. bahkan kl ane.. beberapa tetes per minggu x... emoticon-Big Grin

kalo yg berlebihan mungkin 1 botol/hari.. emoticon-Big Grin ada.. ?? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalau sehari paling nggak SATU BOTOL KECAP DIMINUM seumur hidup baru ente boleh ngomong gini... kuantitasnya setiap hari dikonsumsi loh sangat kecil dan setiap hari dikeluarkan lewat feses, tolong jangan sharing sembarangan kalau ga ada evidence based nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
coba sebut kecap, 'p' nya dipanjangin
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
saya ga doyan kecap aman dong
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
jumlah batas konsumsi aman'a berapa breey ???!

emoticon-Betty

ane termasuk yg doyan ketjap manis,
telur goreng mata sapi, tahu tempe goreng, tongkol pindang goreng paling enak dimakan sm ketjap+lombok....
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
segala yang berlebihan memang tak baik kawan
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tergantung pemakaian sih gan.... heheh

emoticon-Ngakak emoticon-Toast emoticon-2 Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semua merek kecap adalah nomor 1, gan. pasti mantafff......
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang namanya berlebihan itu emang gak baik, konsumsi secukupnya dan sewajarnya saja.
profile-picture
profile-picture
yogapranata0008 dan bagashadi36 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
intinya semua yg berlebihan jg bakalan gak baik sih. tp ane jarang sih masak2 yg pake kecap2 gt, paling apasih tumis gt doang gak sih. itu pun kecap yg dibutuhin utk masakan paling jg cm bbrp sendok doang
profile-picture
profile-picture
yogapranata0008 dan bagashadi36 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sekarang bahas kecap,besok bahas saos,besoknya lagi bahas baksoemoticon-2 Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
jadi hitam.... karena keseringan pakai kecap....
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sebulan satu sendok makan aja belum tentu ane konsumsi kecap,,,
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gak jelas tritnya...

sebutin donk batas wajar dan gak wajarnya berapa???
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di