CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Minta Pembahasan RUU HIP Ditunda, Ngabalin:Pemerintah Fokus Tangani Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee99cb64601cf1aed6dd69d/pemerintah-minta-pembahasan-ruu-hip-ditunda-ngabalinpemerintah-fokus-tangani-corona

Pemerintah Minta Pembahasan RUU HIP Ditunda, Ngabalin:Pemerintah Fokus Tangani Corona

"Kita menghadapi pandemi covid-19. Konsentrasi presiden, pemerintah itu kan dalam menangani percepatan penanganan covid-19"


Suara.com - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, pemerintah belum mau membahas usulan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

"Kita tidak mau membahasnya," ujar Ngabalin saat dihubungi wartawan.

Pernyataan Ngabalin menyusul keputusan pemerintah yang menunda pembahasan RUU HIP.

Ia menegaskan alasan pemerintah sementara menolak pembahasan RUU HIP karena terjadi perdebatan yang luar biasa di sejumlah pihak dan kalangan masyarakat.

Selain itu, kata Ngabalin, pemerintah saat ini fokus dan serius menangani pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Minta DPR Tunda Pembahasan RUU HIP, Begini Tanggapan PPP

"kita sekarang sangat serius sedang menghadapi pandemi covid-19. Konsentrasi presiden, pemerintah itu kan dalam menangani percepatan penanganan covid-19," katanya.

Tak hanya itu, pembahasan RUU HIP bukan momentum yang tepat lantaran pemerintah masih fokus menangani Covid-19.

Menurut dia, tidak mudah membahas Haluan Ideologi Pancasila. Pasalnya pembahasan HIP adalah persoalan besar yang butuh konsentarasi yang besar.

Baca Juga:Pemerintah Minta DPR Tunda Bahas RUU HIP, Wapres Ma'ruf Undang Ormas Islam

"Diharapkan agar konsentrasi besar, power pemerintah benar benar fokus dalam rangka penyelesiaan, percepatan penanganan covid 19. Jadi ini soal timing sebetulnya ya, tidak terlalu tepat. Tidak gampang ini bahas haluan ideologi pancasila loh. Ini persoalan besar. Konsentrasi kita nanti akan terganggu," tutur dia.

Ketika ditanya apakah pemerintah akan membahas RUU HIP dengan DPR setelah Covid-19 dikendalikan, Ngabalin menuturkan hal tersebut tergantung DPR komponen masyarakat.

"Itu tergantung DPR. DPR yang punya hak inisiatif. Kalau seluruh komponen masyarakat melakukan perlawanan kan, akan mengganggu situasi keamanan. Yang pasti karena ini hak inisiatif parlemen, jangan ada yang sebarkan berita kebohongan, kebencian, yang dialamatkan kepada pemerintah," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengungkap, pemerintah akhirnya memutuskan menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila.

Mahfud mengatakan, pemerintah juga meminta DPR RI sebagai pengusul untuk menerima masukan terlebih dahulu dari masyarakat, sebelum melanjutkan pembahasan RUU HIP.

Hal tersebut disampaikan Mahfud melalui akun Twitter @mohmahfudmd pada Selasa (16/6/2020).

"Terkait RUU HIP, pemerintah menunda untuk membahasnya dan meminta DPR sebagai pengusul untuk lebih banyak berdialog dan menyerap aspirasi dulu dengan semua elemen masyarakat," kata Mahfud.

Baca Juga

Tunda Pembahasan RUU HIP, KSP: Terjadi Perdebatan Luar BiasaNEWS

Penundaan Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila DiapresiasiDPR

Pemerintah Enggan Bahas RUU HIP, PBNU: Berpotensi Menentang IdeologiNEWS

loading...

# RUU HIP # RUU Haluan Ideologi Pancasila # haluan ideologi pancasila


https://www.suara.com/news/2020/06/1...eadline_home_1
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan nona212 memberi reputasi
Yang aneh DPR setuju semua sampe lolos draft diserahkan ke Presiden, jangan2 anggota DPR cuma kepingin yg ijo2 aja ya ora urus, urusan adu mulut setelah lolos DPR itu urusan rakyat dengan Presiden wkwkwk ini seperti UU KPK yg baru lolos begitu saja, DPR kerjanya apa ya ? waktu pembahasan semua Draft RUU sepertinya memang tidak melibatkan rakyat dan para ahli, ini mudah sekali dibuat RUU sampai rakyatnya terkaget2 ini RUU apalagi tidak tahu asal usulnya wkwkwk
Menarik........ada yang amis emoticon-Cool

Suara Komunis sudah tidak terdengar lagi......ada apa ini emoticon-Bingung

PDI-P bang sat.....bargain politik ente mengacaukan skenario kitak-kitak........biayanya tidak sedikit itu menurunkan laskar dan tokoh Muhammadiyah........apalagi disaat wabah seperti ini emoticon-Marah
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Kitak tunda semwa urusan RUU, soal nya lagi fokus pandemi koronak emoticon-Hansip
Kitak akan lomggarkan psbb agar lebih nyaman saat pandemik.
emoticon-Stick Out Tongue dah paham klean ?
umat sudah kangen demo, bansos wan sarden udah gak ada kabar lagi emoticon-Berduka (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di