CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee99bc39a972e05535e306f/cara-memperbaiki-kiprok-motor-yang-rusak

Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

https://www.teknik-otomotif.co.id/  – Bagi pengguna motor yang kerap mengalami lampu motor kerap putus perihal ini memicu ketidaknyamanan bagi pemilik kendaraan tersebut, padahal bohlam motor tersebut sudah diganti bersama yang baru.

Tetapi baru dipasang belum lama dipake sudah putus ulang atau kadang waktu menemui aki motor yang sudah soak melemah tegangan seluruh itu ternyata tersedia hubugannya bersama kiprok motor tersebut. Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengetahui kiprok motor sudah rusak, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Kiprok

Kiprok merupakan komponen yang benar-benar berperan untuk pengaturan anggota kelistrikan motor dan termasuk kiprok cukup peka dikarenakan perannya yang langsug berhubungan bersama aki dan pesetabil arus terhadap proses penerangan motor. Sering kali terkandung masalah motor kadang kala mati ditengah-tengah jalan yang aki cepet soak atau lampu utama yang tiba-tiba redup lama-lama mati.


Hal berikut dikarenakan disebabkan yang mungkin suasana kiprok yang tidak ulang optimal bagaimana cara jelas kiprok motor yang udah rusak atau kiprok mati susah-susah enteng untuk mengatasinya. Kalau melihat pentujuk buku wejangan cara enteng untuk jelas kiprok masih faedah atau tidak caranya bersama manfaatkan sebuah alat yang biasa digunakan terhadap kelistrikan yakni multimeter.
Fungsi Kiprok
Fungsi kiprok ialah sebagai penstabil arus dan tegangan sebelum masuk ke aki. Kiprok itu sebagai penstabil arus dan tegangan dari spul sebelum dialirkan ke aki. Aki yang masuk ke aki tidak boleh terlalu besar maupun kecil.


Bila arus yang mengalir ke aki terlalu besar bisa overcharge, sebaliknya jika arusnya terlalu kecil malah tekor, jadi tegangannya harus seimbang. Dan selain itu yang mengalir ke aki terlalu besar bisa overcharge.


Dan sebaliknya jika arusnya terlalu kecil malah tekor, jadi tegangannya harus seimbang. Dan selain itu fungsi kiprok ini untuk mengubah atau penyearah arus yang dihasilkan spul, di mana tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul dengan jenis AC “alternating current”, diubah menjadi DC “direct current”.


Listrik yang dihasilkan oleh spul itu berupa AC, dan sementara listrik yang dapat disimpan di dalam aki itu harus DC, jadi harus disearahkan dahulu melalui kiprok. Jika tipe lampu depan motor masih menggunakan sistem AC, kiprok juga berfungsi sebagai penstabil arus ke lampu. Kiprok juga berfungsi sebagai penstabil arus ke lampu, menyesuaikan dengan kebutuhan arus lampu, kalau kelebihan arus bisa putus bohlamnya.


Dan mesti juga untuk diketahui bahwa kadang kiprok itu tidak mati melainkan rusak kegunaan kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan halangi besarnya tegangan yang bakal menuju ke aki motor dan proses kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang kerap mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu benar-benar besar sebab disebabkan kiprok telah tidak dapat lagi halangi tegangan yag terlihat ke kiprok.


Bahwa kiprok itu kadangkala tetap manfaat untuk mengecas aki motor dapat tetapi kiprok itu udah rusak akibatnya tidak sanggup membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai acuan idealnya tegangan yang keluar dari kiprok terhadap motor yakni ±15V tanpa tersedia beban.
Ciri Ciri Kiprok Rusak

Selanjutnya bagaimana cara mengenali atau mengetahui tanda-tanda kiprok motor telah rusak mati perlu diganti seandainya tidak membawa multimeter jikalau tidak punyai jangan pusing tersedia cara lain untuk menangani atau mengenali keadaan kiprok sebagai berikut:


Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak disini: https://www.teknik-otomotif.co.id/ca...tahui-kiprok/



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di