CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Apa Bedanya Sengaja Dan Tidak Sengaja?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee98a3509b5ca5bf01e929a/apa-bedanya-sengaja-dan-tidak-sengaja

Apa Bedanya Sengaja Dan Tidak Sengaja?

Apa Bedanya Sengaja Dan Tidak Sengaja?

Sekitar 3 tahun yang lalu kita dikejutkan dengan berita seorang penyidik senior KPK yakni Novel baswedan mengalami penyerangan. Dilaporkan beliau diserang menggunakan air keras yang melukai matanya hingga harus menjalani perawatan ke singapura.

Akhirnya baru baru ini pelaku berhasil tertangkap dan menjalani persidangan. Meski belum mencapai keputusan akhir namun jaksa penuntut umum mengajukan hukuman penjara 1 tahun bagi pelaku dengan alasan bahwa pelaku 'tidak sengaja' melukai area mata.

Dampaknya luar biasa, kita bisa melihat internet ribut dengan kasus ini. Untungnya sekarang sedang masa pandemi, kalau tidak bukan tidak mungkin demo besar terjadi.

Apa itu sengaja? Menurut hemat saya sengaja merupakan sebuah tindakan yang sudah direncanakan dan memang dimaksudkan untuk terjadi sedangkan tidak sengaja adalah sebuah kebetulan yang terjadi tanpa kehendak si pelaku.

Apa Bedanya Sengaja Dan Tidak Sengaja?

Lalu apa bedanya di mata hukum? Terkadang pelaku bisa menjadi korban hanya karna masalah sengaja atau tidaknya namun sebaliknya juga bisa, korban bisa menjadi pelaku tanpa tau apa yang dia lakukan.

Mari kita lihat kembali kasus mantan gubernur jakarta basuki purnama yang kerap disapa Ahok. Ahok dijebloskan ke penjara karna dianggap melakukan penistaan agama.

Kita kenal figur Ahok, dia memang orang yang ceplas ceplos sehingga wajar saja kalau dia kelepasan bicara. Karna itu juga bisa kita asumsikan kalau dia memang 'tidak sengaja' melakukan itu.

Namun kasusnya menjadi besar karna seseorang mengedit video tersebut. Meski telah diverifikasi hoax dan Ahok sendiri sudah minta maaf namun kasusnya tetap berlanjut. FPI dan 212 bersatu dan melakukan demo berjilid jilid demi menjebloskan Ahok dan akhirnya Ahok di vonis 2 tahun penjara.

Apa Bedanya Sengaja Dan Tidak Sengaja?

Lalu mari kita tinjau kembali kasus Ferdian paleka si youtuber sampah. Dia memasukkan sampah ke kardus mi dan membagikannya ke para waria. Tindakan yang jelas jelas 100% sengaja dan dia juga dimasukkan ke penjara namun belum lama ini dia kembali bebas.

Lalu ada kasus bully si penjual jelangkote. Para pelaku melakukan hal tersebut dengan kesadaran penuh dan malah merekamnya jadi itu juga 100% sengaja. Berbeda dengan ferdian Mereka membully secara fisik dan diancam 3,5 tahun penjara.

Apa Bedanya Sengaja Dan Tidak Sengaja?

Dari 3 kasus diatas bisa kita lihat perbedaan besarnya. Ahok yang 'tidak sengaja' dihukum 2 tahun. Dia tidak melukai fisik siapapun sehingga sebenarnya tak ada yang dirugikan atas perbuatannya.

Ferdian paleka juga tidak melukai fisik siapapun meski 'sengaja' berbuat demikian. Mungkin ada beberapa sakit hati namun itu akan hilang seiring dihukumnya ferdian.

Lalu para pelaku bully, mereka 'sengaja' dan meninggalkan luka. Meski hanya luka lecet yang bisa hilang seiring waktu namun dampak psikologis pada korban juga tidak bisa dianggap remeh. Karna itulah ancama hukuman mereka lebih berat yakni 3,5 tahun.

Lalu bagaimana dengan kasus Novel? Pelaku menyatakan diri 'tidak sengaja' namun mereka meninggalkan bekas luka permanen yang merusak hidup seseorang selamanya. Ahok juga 'tidak sengaja' namun dia dihukum 2 tahun. Para pembully 'sengaja' dan hanya menimbulkan luka kecil namun mereka diancam 3,5 tahun tapi kenapa pelaku penyerang novel hanya 1 tahun?

Kesimpulannya sengaja atau tidak itu tidak penting sama sekali. Fakta bahwa kau sudah melakukannya tidak akan berubah dan hukuman harus diberikan. Yang bisa mengampuni sengaja atau tidak hanyalah korban dan hukum juga seharusnya tidak mengenal antara sengaja atau tidak karna kita tak pernah tau apakah si pelaku benar benar tidak sengaja atau sengaja.

Semoga keputusan akhir dari sidang novel baswedan bisa memberikan hukuman yang sepantasnya. Bila sampai pelaku benar benar hanya dihukum 1 tahun maka itu akan menjadi noda besar bagi undang undang negara ini.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

Apa Bedanya Sengaja Dan Tidak Sengaja?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Lihat 2 balasan
Tumben yaa penyidik OON dlm kasus ini.. bawa air keras aja udah ada perencanaan... kekerasan dgn perencanaan kan hukumannya ga main2.. tapi yg ini malah main main.. xixi

negri lawakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Lucunya negerikuemoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan 4 lainnya memberi reputasi
emang nggak adil sih, pelakunya setahun aja bebas tapi si novel buta selamanya. ckckckc
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wkwkw... welcome to 62 gan...

emoticon-Ngakak emoticon-Toast emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kapan ya indo ganti kode nomor? jadi +69 gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trz098 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan Aparatkaskus memberi reputasi
hahaha
gak habis pikir gua,
keep goblok , dasar rezim abal2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh r1pper
Aye jg masih bingung membedakan nasi kucing dgn nasi anjing emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan ih.sul memberi reputasi
jijik
justice warrior tapi berbau politis

itu noh, syiah yg selalu di persekusi di indonesia
kok ga ada suaranya

sama sama islam noh

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan bos.kutang memberi reputasi
mbuhlah emang lucu hukum di sini
profile-picture
bos.kutang memberi reputasi
ingat lagu gayus tambunan,,

"lucunya di negri ini, Hukuman bisa dibeli"
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan ayosholat memberi reputasi
Negeri dongeng +62
profile-picture
bos.kutang memberi reputasi
ga sengaja la.... karena sewaktu awal airnya masih cair pas disiram tiba2 mengeras air nya


emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh shu_suiko
Lihat 1 balasan
lucunya di negeri +62
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan ih.sul memberi reputasi
Indonesia negeriku orangnya lucu-lucu
selama hukum belum ditegakkan dengan baik dan benar kepada seluruh rakyat Indonesia, saya masih merasa ini di wkwkland
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan ih.sul memberi reputasi
Mau komen takut keciduk

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan 2 lainnya memberi reputasi
awas kena ciduk
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan ih.sul memberi reputasi
ane takut gan mau komen. skrg jaman sdh kebablasan.
profile-picture
bos.kutang memberi reputasi
Mafia
profile-picture
bos.kutang memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di