CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
PELAYANAN INDAH CARGO SANGAT MENGECEWAKAN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee97ff9c0cad705f87feb83/pelayanan-indah-cargo-sangat-mengecewakan

PELAYANAN INDAH CARGO SANGAT MENGECEWAKAN

Sedikit cerita nih tentang pengalaman saya tentang indah cargo dan sangat2 membuat saya kesal ,kemaren tgl 16 juni 2020 teman saya mengirim barang by ekspdisi ini dari jakarta ke makasar  ,nah kemudian saya lupa bilang kalo paket ini harus dikirim via udara bukan darat , setelah teman saya ini sampai kantor saya melihat resi nya via darat dan saya langsung nyuruh teman saya ubah itu pengiriman dari yang darat menjadi udara sembari saya telpon indah cargo nya tapi sma sekali ga diangkat2 dan wa saya ga diblas2 ( diread doang padahal online kan kimak  ) sesampai teman saya disana dia ngabarin ke saya kalo itu bisa diubah tapi yang resi via darat tadi uangnya ga bisa balik lagi jadi ceritanya nih kita bayar yang via darat dan via udara double bayar jadinya  ,padahal itu barang belum diangkut atau di loading lah dan berselang 10 menit doang tapi indah kargonya tetap ngotot ,memang peraturan mereka itu jika pembatalan pengiriman akan dikenakan biaya 100 % dari biaya pengiriman atau biaya kirim tidak dikembalikan ,saya kan bukan batalin saya hanya mengubah pengirimannya dari darat menjadi udara trus saya mau nelpon langsung ke pusatnya mau mastiin apakah memang begitu peraturannya tapi sma sekali ga diangkat angkat dan sibuk, kalo mencari untung ga gitu2 amat yah dan tolong dong pelayanannya bagus2 saya juga dibagian logistik apapun keluhan pelanggan harus kita respon baik2 ,dan yg sangat disayangkan saya langganan ke indah kargo hampir tiap hari saya mengirim barang ke luar kota pake ekspedisi ini tp pelayananya sangat2 tidak bagus dan saya sangat kecewa ,
profile-picture
profile-picture
pasarlokal.com dan nona212 memberi reputasi
-Beda ekspedisi, beda aturan mainnya, Pak Boss. emoticon-Big Grin
Mana bisa main pukul sama rata.
Kecuali anda berkedudukan sebagai pemegang kebijakan tertinggi (untuk semua jasa ekspedisi) & telah menentukan SOP sesuai kemauan anda yang berlaku global & mutlak. emoticon-Big Grin

-Ind*h Cargo di area gw (Tangerang) ada menempelkan peringatan di dinding kantornya yang menyatakan bahwa: "Bila resi telah keluar, pembatalan = ongkir hangus".
Jadi asumsi gw ya bahwa peraturan tersebut benar turun dari Pusat.

-Bila secara manajemen ya sah-sah saja, mungkin karena terlampau banyak resi yang telah diinput ke sistem & berujung pembatalan akibat error dari pihak pengirim (seperti teman anda).
& pihak manajemen gerah dengan banyaknya resi yang statusnya: "Dibatalkan" dalam database.

-Ongkir jalur udara berbeda jauh dengan ongkir jalur darat, kode resi antara jalur udara dengan jalur darat mungkin berbeda, atau alasan lainnya.
Sehingga tidak memungkinkan untuk mengganti secara manual (dari darat -> udara) hanya dengan mencoret-coret resi yang telah muncul. emoticon-Big Grin
Mungkin bisa bila anda menggunakan jasa pengiriman yang masih manual.

Edit:
Lagipula, apakah ada jasa ekspedisi yang telah full otomatis & tersistem mendukung edit-edit data yang telah masuk ke database?
Terlebih bila yang di-edit adalah "Kelas Jasa" & "Ongkir"?
Bisa kacau balau databasenya di-edit & sangat mudah untuk menilep uang perusahaan.

-Bila anda menghubungi kantor tempat pengiriman, dari pengalaman kantor area gw, memang performanya sangat busuk karena panggilan tidak pernah dijawab.
Biasanya gw selalu meminta nomor WA milik PIC yang gw nilai mungkin responsif.
Namun gw belum pernah sampai harus menghubungi call center Pusatnya.

-Gw pribadi sih berpikir "Pembatalan Resi = Ongkir Hangus" sudah rahasia umum (terlebih lagi anda yang sudah sering ngirim-ngirim emoticon-Big Grin).
Kecuali Wah*na yang untuk saat ini masih support pengembalian ongkir 100% bila paket masih belum dibawa mobil pickup dari Pusat (bila sudah dibawa, ya ongkir hangus & bahkan akan dicharge biaya pengembalian ke kantor agen pengirim).

-Anda sebagai pengusaha (?) sukses yang sering ngirim pesanan & bahkan memiliki kantor, bukankah sudah sewajarnya anda memiliki kemampuan analisis untuk menentukan dimana letak kesalahan suatu kejadian? emoticon-Big Grin
1. Anda telah menyatakan bahwa problem terjadi akibat kesalahan teman anda saat pengiriman.
2. Jasa ekspedisi punya SOP atau kebijakannya tersendiri.
3. Bila anda ingin membebankan biaya pengiriman yang batal tersebut, ya gw pikir teman anda sangat memenuhi syarat. emoticon-Big Grin
4. Kecuali bila anda bisa membuktikan bahwa SOP atau kebijakan tersebut hanya dibuat-buat oleh kantor agen tempat anda mengirimkan barang (bukan kebijakan dari Pusat).


*Bukan staff / die-hard fan dari ekspedisi Ind*h Cargo maupun Wah*na emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tokainosuke dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh seindryu
ya begitulah gan, kebijakan setiap jasa pengiriman barang punya aturan maen tersendiri, soalnya perubahan data bisa ribet karena tersistem, solusinya biar ga ribet ya pembatalan kemudian kirim ulang. kalo menurut ane sih gitu.

emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
Quote:


biar ngga dibilang hoax, lampirkan bukti resi disini sebagai syarat forum ini (di edit informasi pentingnya?

Quote:



poin 3 saya kurang setuju

yg salah TS, dia yg lupa bilang ke temannya harus pake jalur udara

profile-picture
seindryu memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di