CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
Cerita Rinka : Perdagangan Uang Nyata Di Game Online (RMT)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee96dbfc82084125850e73a/cerita-rinka--perdagangan-uang-nyata-di-game-online-rmt

Cerita Rinka : Perdagangan Uang Nyata Di Game Online (RMT)

Perdagangan uang sungguhan yang dikenal sebagai Real Money Trading atau RMT di kalangan pemain game online sudah mendarah daging sejak dahulu kala. Para pemain game online melakukan jual beli dan tukar menukar mata uang gane online dengan Rupiah. Hal ini karena adanya pemain yang sedang mencari keuntungan dari game online yang sedang musim.

Yang dimaksud uang nyata disini adalah mata uang seperti Rupiah, Dong, Yen, Won, atau Yuan. Sepertinya ada juga pelaku yang terlibat menggunakan uang emas dan perak.

Cerita Rinka : Perdagangan Uang Nyata Di Game Online (RMT)

Aku mengetahui adanya RMT sejak kelas 3 SMP, ketika itu memang Ragnarok sedang beruntung, karena banyak dimainkan di warnet game yang sedang menjamur di kota dan desa-desa di dekatnya. Katanya, ada anak SMA bilang kalau kita bisa mendapatkan uang dari hasil memainkan Ragnarok. Entah bagaimana caranya.

Waktu itu aku juga sempat main Ragnarok, bukan karena permainannya, aku suka lebih suka ngerumpi di dalam game online daripada bertarung melawan monster.

Spoiler for Ragnarok:


Sedangkan untuk game online sendiri, aku kenal MMORPG berjudul Final Fantasy XI yang beredar di PS2.

Spoiler for FFXI:


Sedangkan pengertian game online yang aku tahu adalah versus mode atau co-op mode itu online pakai internet, itu pun biasanya mode tambahan dari game console. Permainan seperti inilah yang aku nikmati di PS4 sampai sekarang.

Mulai dari Ragnarok, Risk Your Life, Ran, Emil Chronicle, dan macam-macam game yang ada di warnet, ada saja yang melakukan ini.

Ada macam-macam cara untuk melakukan perdagangan uang asli di game online, biasanya MMORPG, diantara adalah :

Spoiler for Penukaran Uang:


Spoiler for Lelang:


Spoiler for Jual Diri:


Spoiler for Joki:


Ada pula dampak yang terjadi karena RMT

1. Video Game ramai di musimnya saja. Ketika baru beredar dipenuhi banyak pemain, kemudian ditinggalkan pemain karena ada game online baru.

2. Pelaku RMT senang, keadaan game online kelak akan seperti di angka 1 itu. Tapi mereka tidak peduli, kan sudah dapat keuntungan berupa uang Rupiah yang banyak. Lumayan lah, menutup modal main di warnet 24 jam.

3. Kesenjangan kesejahteraan pemain game online. Bayar untuk menang. Item Mall ada banyaj dan dijual dengan harga tinggi, gacha pula.

4. Penipuan dalam game online. Entah dari penukaran uang, pelelangan, jual ID, atau Joki. Bisa saja orang yang jual id atau joki mencuri uang dan barang char game atau mengganti password dan email tanpa sepengetahuan siapapun.

5. Pemain baru kena bully karena mereka masih lemah. Kemudian terjadi pertengkaran antara penggemar sejati yang tumbuh bersama dari level rendah ke level tinggi melawan tukang RMT dan para pelanggannya.

Tindakan penerbit game online biasanya berbeda-beda. Banyaknya mengurus pencegahan daripada pengobatan. Namun, aku punya pengalaman ketika membuka Launcher game Final Fantasy XIV di PS4, ada pengumuman ribuan id kena banned. Menurut dugaanku, biasanya pelaku dari kalangan gamer PC, alasannya karena mencoba menggunakan Cheat dan melakukan RMT. Kalau tidak salah ingat, nama id mereka pun diumumkan.

Spoiler for Diriku di FFXIV:


Hingga kini, aku tidak mengerti untuk apa mereka main game online hanya mengejar level saja ? Apakah demi gengsi, pamer, atau RMT ?

Begitulah pengalamanku di game online yang sering ada di warnet. Sekarang aku main game online di PS4. Kalau ada yang mau tanya ID PSN aku, bilang saja. Barangkali kita bisa bermain bersama.

Sampai disini dulu ya ceritanya...

Sekarang mari kita menyanyikan lagu tentang game online


Sekali lagi


Rinka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 5 lainnya memberi reputasi
Thread ini mengingatkan ane ketika masih jadi Joki salah satu game online yang ramai pada masa itu.
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
memang gila game online dulu gue maen ragnarok juga.... ragnarok keluaran lytod.... terasa begitu indah nya beli zeny.... 1 juta = Rp.50.000 mahal sekali.... modal satu juta rupiah bisa equip +7 rata dari ujung rambut sampe ujung bulu kaki....
RMT gw juga melakukan baik jadi pembeli maupun penjual... ntah tuker cash game online / barang / equip maupun jual beli ID... kadang untung kadang rugi tapi balik lagi ke playernya jadi suatu kepuasan tersendiri

contoh gw bedagang malem 2 bulan lebih bikin char level maximum walaupun equip seadanya jual karakter Rp. 750.000 full set padahal yang gw keluarin mungkin Rp. 1.500.000 tapi ada rasa gmn gitu.. puas aja gue bs bangga jualan dari game online, ada juga zaman gw RMT terkenal sejakarta anak bina nusantara tukarg guling motor RX king sama kartu RO langka.....

ya pokoknya gtu sebenarnya RMT ini gak bagus melanggar privasi dan persetujuan developer game online itu sendiri tapi yaa mau gimana lagi... enak aja dapet drop langka / hoki bikin item bagus terus dijual emoticon-Angkat Beer

=============================================================================================================
apa perasaan gw tapi TS kayaknya eksis dimana mana neh akhir2 ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh blezzernet
Jadi inget cerita adik ane maen Seal online katanya temennya pernah ditawarin Avanza buat dituker pet yang ada kata "fly" nya, fly phoenix apa fly valkyrie gitu, lupa.
Jaman jaman awal kuliah ... Ragnarok lg booming2 nya ... Mayan la jual zeny.. char lv 99.. jasa bot... Berlanjut ke seal online... Gw rasa kl gak bs dijual juga para pemain bakal boring juga . . Penyemangat ny kan bs jual jual item jadi real... Mayan si waktu itu bs buat bayar tangihan internet ..bayar kos .. dan jajan .. tampa nyentuh uang jajan dr orang tua ... Tp dampak negatif nya nilai perkuliahan ancur semua sempet 3 semester nasakom wlwlwkkwl era kegelapan
gue juga pernah dulu, bukannya untung malah bangkrut emoticon-Tai:
Quote:


Kalo berani melakukan itu di Final Fantasy XIV, bisa cepat kena banned

Quote:


Bagaimana ceritanya sampai gulung tikar ?
Gamenya keburu tutup ?
Soal RMT game onlen masih ada yg aktif salah satunya RF online private server...

Atau kadang klo gak RMT yah bisa jadi joki
@Rinka17

waktu itu gue diajak jadi penadah "loot" katanya menguntungkan, eh pas udah gue beli ada yang menemukan glitchnya supaya dapat loot gak terbatas. Rugilah gue harganya jadi anjlok dari 10.000 rupiah per 1000 part jadi cuma 100 rupiah itupun kalo ada yang mau emoticon-Cape deeehh

emang berdagang barang game online sangat berisiko emoticon-Berduka (S):

kalo orang lain mah ada yang kehilangan motor, tapi mulai dari situ gue kapok mengeluarkan duit untuk main game online. Biar aja karakter gue cupu yang penting gue seneng dan gak terlilit hutang
profile-picture
gta007 memberi reputasi
jaman2 ane sma jadi joki lumayan hasilny bisa buat jajan2 trs jual2in cp di rf wkwk
profile-picture
gta007 memberi reputasi
kalau main mmorgpg yang premium emang enak kyk final fantasy XIV kalau main yang android gratisan biasanya top upnya harus gila2an ketauan main game premium aja sekalian..
Jadi inget pas jaman RO
Remuk pas bot mulai menjamur. Tp maen pake bot gandeng asik juga emoticon-Ngakak (S)
bisa ya orang2 maen game dapetin duit, banyak pula, jadi pengen ngrasain juga
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
Ane jadi ingat kalau beli peralatan tempur di games ntu ternyata pakai uang, akibat curhatan istri temab😅


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di