CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
MENDADAK PANCASILA! #RUUHIP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee965484601cf6b6832a983/mendadak-pancasila-ruuhip

MENDADAK PANCASILA! #RUUHIP

Di tengah pandemi dan carut marutnya politik dan penegakan hukum Indonesia, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) menggodok rancangan undang-undang kontroversi (RUU HIP) yang kemudian mendapat respon beragam dari publik. Ada yang setuju, dan tidak sedikit yang menentang.

Sebagian berpandangan, munculnya pro dan kontra disebabkan karena bangsa ini terbelah sejak awal karena perbedaan pandangan politik. Sebagian lain menilai, ini biasa terjadi ketika yang dibahas dianggap sensitif bagi publik.

Menurut PDIP selaku otak dibalik RUU HIP, mengatakan “… RUU ini bertujuan membentengi Pancasila dari gempuran ideologi luar, dst”. Sementara yang kontra mengatakan, “RUU ini berpotensi jadi alat kekuasaan; memonopoli Pancasila, menghantam yang beda pandangan, bukti kebangkitan PKI, dsb..”.

Terlepas dari itu semua, bukan lagi rahasia, Pancasila sejak dulu memang alat kekuasaan. Selalu dimanfaatkan rezim berkuasa untuk mempertahankan kekuasaan; membungkam lawan politik, memberangus yang beda pandangan. Itu yang dilakukan orde lama, orde baru, dan kini di tangan rezim reformasi. Dulu kita mengenal istilah “Nasakom”. Di zaman orba ada “asas tunggal”. Dan di era sekarang diberi nama Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila “RUU HIP”. Beda nama tapi intinya tetap sama, alat legitimasi kekuasaan!


Pancasila seolah kartu terakhir yang dimainkan ketika rezim dianggap gagal; gagal menyatukan bangsa, gagal mensejahterakan rakyat, gagal membungkam lawan-lawan politik!


Disisi lain, ada yang tidak kalah penting, yakni; pertarungan ideologi. Bukan Pancasila versus ideologi tertentu, tetapi pertarungan tiga ideologi (kapitalisme, sosialisme-komunis, dan Islam). Pertarungan tiga ideologi ini telah mewarnai percaturan politik Indonesia sejak awal kemerdekaan sampai sekarang dan akan terus berlangsung hingga ada pemenang dan hanya satu ideologi saja yang diterapkan di Indonesia. Bisa Kapitalisme? Bisa Komunisme? Atau, Islam? Selama belum ada pemenang tunggal maka, selama itu pula Pancasila akan terus jadi alat rezim berkuasa.


Kembali ke topik. Bila akhir-akhir ini para politisi di atas sana cukup fasih ngomong Pancasila, saya pikir, “cukup dimaklumi saja, memang dari dulu begitu”. Di zaman orla, mereka fasih bicara Pancasila ketika sebagian pendiri bangsa dianggap tidak mau berkompromi. Di zaman orba, mereka bicara Pancasila ketika ormas Islam tidak mau tunduk pada kekuasaan. Dan sekarang mereka mendadak Pancasila, karena dua hal : 1) Negara gagal menyelesaikan persoalan bangsa, 2) Untuk menghadang kebangkitan Islam politik.


Bila dua hal di atas tidak terjadi tentu mereka tidak akan repot ngomong Pancasila, karena faktanya (74 tahun Indonesia merdeka) Pancasila tidak pernah diterapkan secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara baik itu orla, orba ataupun reformasi. Tetapi karena ini dianggap mendesak dan berpotensi mengancam maka lagu lama kembali diputar. Ujung-ujungnya sudah pasti; eksistensi kekuasaan, memberangus lawan politik!. Iyal Seprianto


#RUUHIP #MendadakPancasila


Link: https://iyalseprianto.blogspot.com/2...uuhip.html?m=1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indpolitik
Waktu dan tempat, saia persilahkan untuk komen emoticon-Big Grin

profile-picture
indpolitik memberi reputasi
Diubah oleh Zhendong.Wanmei
si bungsu selalu bicara soal kebangkitanemoticon-Ngakak
emang selama ini molor terus yaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
indpolitik dan areszzjay memberi reputasi
MENDADAK PANCASILA! #RUUHIP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indpolitik dan 2 lainnya memberi reputasi
Yg mendadak pancasila mah yg biasanya teriak khilafah skrg teriak2 pancasila emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indpolitik dan 4 lainnya memberi reputasi
Gorengan basi dengan minyak jelantah lagi
profile-picture
indpolitik memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
p.star7 dan Air.Gate memberi reputasi
Quote:


Quote:


waktu sang imam besar umat islam, rizieq menista pancasila dgn mengatakan panca****

kemana mereka ? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Karna Pancasila pemersatu kita, yg disepakati ff, kita anak2 ngikut

Gak ada Pancasila, lu lu gua gua, bubar kita karna banyak ideologi di dunia ini, kalau gak satu ideologi kita bakal berantem

Kekuasaan tanpa persatuan warganya ya ambyar,

Kita ini ragam etnis suku, agama dan budaya, banyak alasan buat kita konflik,, sayang dibiarin saja kelompok tertentu memonopoli ya yg lain bakal ditindas, fondasi kita mulai goyang ini

Satu yg saya mulai prihatin, bahasa Indonesia

Harusnya ini wajib dan semua literasi atau komunikasi wajib bahasa Indonesia di acara budaya dan keagamaan (ya wajib bahasa Indonesia walau aslinya bukan bahasa Indonesia) ,, bahasa yg membuat kita saling ngerti satu sama lain,,itu kenapa sumpah pemuda masukan sumpah berbahasa satu bahasa Indonesia,, kita terlalu abai melupakan sumpah ini padahal salah satu fondasi bangsa ini

Pancasila sekarang itu sebatas simbol, saya juga kritik ruu hip ini kenapa kita selalu suka buat baru seolah olah yg lama jelek amat apa acak kadut? Saya lebih setuju Pancasila jadi praktek kebangsaan kita dari pada sekedar kitab

Yg tuduh2 PKI saya juga bingung, karna gak masuk tap mprs auto PKI?? Apa takut hip ini mengganjal ideologi lain? Ya jelas pasti ganjel, kalau ada hip semua ideologi diluar Pancasila,, semua guys terganjal,, jadi Mari kita 1 ideologi aja ya sesuai kesepakatan ff

Kita gak pernah duduk bersama2 di jaman milenial ini padahal musyawarah itu budaya Indonesia, sukanya ribut aja, ya karna ada kepentingan masing2 ya susah duduk bareng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indpolitik dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kiryu06
Menurut ane gapapa sekali2 rada ultra nasionalis, karena nasionalisme Indo sekarang udah banyak tergerus ama ideologi2 gak jelas...

Syukur2 klo bisa memberantas ideologi2 gak jelas itu.. di dunia ini g ada sistem pemerintahan n ideologi yg sempurna, tp buat ane Pancasila masih bagus n relevan buat Indonesia saat iniemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
indpolitik dan neito memberi reputasi
Lihat 1 balasan
TERIAK2 PANCASILA SAMBIL BAWA KABUR UANG NEGARA, KERJAAN emoticon-babi ITU BIASANYA emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
indpolitik dan soljin7 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kita semua harus bersatu

persatuan indonesia memerangi covid-19
profile-picture
indpolitik memberi reputasi
5 sila sekarang udah sempurna. Udah bagus sih.
Yang kurang adalah memasukkan ide-ide itu ke kepala generasi penerus. Saingan dengan budaya pop yg lagi trending.

Harus diwajibkan lagi upacara bendera tiap senin
Harus diwajibkan lagi penataran P4 di semua sekolah. ini adalah doktrin, dan ideologi memang harus di doktrin kepada semua warga negara karena kalau tidak, maka tinggal menunggu doktrin ideologi lain, yang tidak bisa bersampingan dengan pancasila.. yang akan ambil alih.
profile-picture
indpolitik memberi reputasi
Mendadak dangdut emoticon-Bingung kaleee
Tit*t kamar yg swami nya keponakan dari kakek sugiono itu pan ?
Buat apa teriak-teriak Pancasila kalau cuma peduli sila satu "Ketuhanan Yang Maha Esa"? Sementara paham yang sesuai dengan sila-sila lainnya dituduh komunis, liberal, dll. Mereka itu cuma islamist berbalut Pancasila.
Diubah oleh levyrtrow
sedih itu jika Pancasila hanya dimanfaatkan untuk hantam orang yg berseberangan, orang yg berseberangan dianggap ancaman buat Pancasila karena gak tau harus ngomong apa lagi buat berdebat dengan mereka yang berseberangan. sama dengan istilah komunis dan anti Islam yang dipakai hanya untuk hantam yg berseberangan. lebih menyedihkan lagi jika Pancasila mau diutak atik ama mereka yang ada di parlemen sono
profile-picture
indpolitik memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Alhamdulillah RI merdeka atas berkat rahmat Allah SWT
emoticon-Sundul Up
Kutubabi garong BLBI sampai eksis kembali 👹
Mana ngerti kata malu, muntah sendiri disedot (pakai suara hidung.. sedooottt...) emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak
Teriak2 kayak paling NKRI emoticon-Big Grin
Jika jaman kolonial terulang lagi, paling duluan minta balik ke lobang cd emak lu
emoticon-Bikini emoticon-babi emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
indpolitik dan soljin7 memberi reputasi
Lihat 12 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di