CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee8f9027414f5775120e139/mengenang-kiprah-dongfeng-bus-buatan-china-yang-dipakai-sumber-kencono-pada-masanya

Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Bagi kalian yang tinggal di wilayah Jatim-Jateng-Jogja, pasti sudah tidak asing dengan nama Sumber Kencono bukan ?. Bus ini menjadi yang paling diingat dijalur Surabaya-Jogja, bus ini juga dikenal sebagai pelari dijalurnya. Julukan kencang sekaligus ugal-ugalan melekat pada Sumber, bus yang bermarkas di Krian (Sidoarjo) menjadi primadona dijalurnya.


Meski ada Eka Mira yang mencoba bersaing dijalurnya, nama Sumber Kencono tetap yang paling dikenal. Bus yang kini berubah nama menjadi Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat, dulu pernah disegani dengan kecepatannya. Dibenci karena ugal-ugalan, tapi juga selalu dinanti karena memang masih dibutuhkan. Itulah Sumber Kencono.


Tahukah gan sist, spesifikasi mesin bus yang digunakan Sumber Kencono pada masanya yang dikenal kencang ini ?. Tahun 2008 sampai 2011 menjadi masa kejayaan serta masa suram Sumber Kencono. Kali ini akan ane ulas mesin legendaris yang dikenal ngacir dijalur Surabaya-Jogja pada masanya, langsung kita mulai saja pembahasannya.




Dongfeng


Bagi agan sista yang pernah diantar merantau atau kuliah dengan Sumber Kencono, ternyata bus yang kalian naiki dulu menggunakan merek bus asal Negeri Tirai Bambu (China). Nama bus tersebut adalah Dongfeng EQ6120KSD, chasis dan mesin bus ini memakai front engine (mesin depan). Produk buatan Dongfeng ini mempunyai panjang 12 meter. Produk bus bermesin depan ini mulai dikenalkan pada tahun 2008, melalui PT Indo Dongfeng Motor.


Produk Dongfeng sendiri tergolong baru kala itu disegmen big bus, tercatat hanya Sumber Kencono yang memakai produk ini gan sist. Tahun 2008 Sumber Group mengambil banyak sekali produk mesin dari Dongfeng, dan digunakan untuk bus kelas ekonomi dijalur Surabaya-Jogja dan Surabaya-Semarang via Madiun. Entah kenapa Sumber membeli banyak produk Dongfeng pada masanya, mungkin masalah harga menjadi alasannya ya. CMIIW


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Sumber


Selain mengenalkna produk chasis big bus dengan nama Dongfeng EQ6120KSD, mereka juga mengenalkan chasis medium bus dengan nama Dongfeng EQ6841KR. Namun chasis big busnya lebih laris daripada chasis medium busnya. Dan Sumber Kencono menjadi pemilik terbanyak Dongfeng kala itu.


Quote:






Mesin Ganas Yang Mematikan


Mesin yang dimiliki Dongfeng ini memang cukup ganas, karena mampu dipacu mencapai kecepatan maksimal 140 km/jam menurut penuturan sopir kala itu. Sebuah rekor untuk bus bermesin depan, tak heran banyak yang dibuat deg-degan dan dibuat merasakan naik roller coaster saat naik Sumber Kencono. Kecepatannya memang lumayan kencang pada masanya gan sist, tapi mesin kencang ini mempunyai satu kelemahan. Kelemahan itu terletak pada remnya, kita tahu rem sangat diperlukan saat berkaselerasi dikecepatan tinggi.


Namun nyatanya rem milik Dongfeng ini kurang menggigit, alias tidak pakem gan sist. Tentu ini menjadi kelemahan yang besar dan merugikan, kita tahu sendiri bus Jawa Timuran sering dipacu dengam kecepatan tinggi. Kelemahan ini makin terlihat saat musim hujan, dimana bus sering mengalami selip.


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya


Mesin dan rangka body milik Dongfeng.

Sumber Foto



Padahal pihak Dongfeng sendiri sudah mengaplikasikan sistem rem full air brake, selain itu mereka juga menggunakan ukuran teromol yang lebih besar dibanding milik Hino. Nmaun nyatanya hal itu belum cukup untuk membuat remnya pakem. Pihak mekanik Sumber sebenarnya sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, mulai dari penambahan retarder, serta penggantian tromol rem versi pabrik.


Mereka juga sempat menambah karung pasir di bagian bagasi bus agar rem lebih menggigit, namun semua itu belum cukup untuk mengatasi masalah rem milik Dongfeng. Masalah lain dari Dongfeng adalah chasis (rangka) yang terlalu kaku dan juga pernya terlalu keras, dimana hal ini turut berpengaruh pada kenyamanan penumpang. Dua hal itu juga berpengaruh besar pada daya cengkeraman ban ke aspal, apalagi ketika bus dalam keadaan menikung.


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Interior Dongfeng gan sist


Sumber





Tragedi Ngawi Membara


Ada yang masih ingat rentetan kejadian laka Sumber Kencono ditahun 2010 ?, penyebab dari kejadian itu salah satunya adalah kurang pakemnya rem yang dimiliki Dongfeng. Apalagi bus dipacu dalam kecepatan tinggi, ditahun itu banyak bus milik Sumber yang mengalami kecelakaan, terhitung sebulan sekali bus ini mengalami kecelakaan. Bahkan pada dekade 2011, kecelakaan yang terjadi terkadang hanya berselang satu minggu dari kejadian kecelakaan sebelumnya, membuat masyarakat mulai menjulukinya sebagai Sumber Bencono (Bencana).


Puncak tak terkendalinya rem milik Dongfeng terjadi tahun 2010, saat bus Sumber Kencono dengan nopol W 7113 UY hendak menuju Yogyakarta. Bus tersebut menabrak 2 pengendara motor didaerah Geneng, Ngawi, Jawa Timur. Dalam peristiwa kala itu, satu korban tewas di TKP dan satu orang kritis, warga yang emosi pun merusak bahkan membakar bus tersebut gan sist. Satu orang kritis itu pun pada akhirnya meninggal dunia juga, dalam kasus ini dua korban tersebut adalah perempuan.


Anarkisme massa juga dilampiaskan pada busSumber Kencono dengan nopol W 7108 UR, yang kebetulan melintas disana. Ngawi menjadi kota yang tidak ramah bagi Sumber Kencono pada masanya, karena kebanyakan kecelakaan melibatkan bus ini di Kota Ngawi, padahal kota ini sebenarnya memiliki slogan ramah. Setelah rentetan kecelakaan ini, bus ini mulai mengganti namanya menjadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu pada tahun 2011.


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Tragedi Ngawi Membara.

Sumber



Semenjak peristiwa itu, pihak Sumber Kencono mulai menjual seluruh armada busnya yang bermerek Dongfeng. Mereka kembali menggunakan Hino AK215 (bus mesin depan juga) dan bertahan sampai sekarang, untuk kelas patasanya saat ini memakai Hino RK8 (bus bermesin belakang). Dan mereka dikenal sebagai PO yang setia dengan produk Hino sampai saat ini.


Sebagian besar bus Dongfeng milik Sumber Kencono dijual kepada Po Parahyangan dari Jawa Barat, dan dioperasikan hingga kini sebagai bus antar jemput karyawan, sebagian lagi jatuh ke tangan Po Ladju (trayek Surabaya-Jember). Ada juga beberapa PO lokal di Jawa Tengah bagian selatan yang memakai bus bekas Sumber Kencono untuk armada bus ekonomi non AC, beberapa diantaranya mengisi trayek Magelang-Wonosobo seingat TS. CMIIW


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Ex Dongfeng Dipakai PO Pahrayangan

Sumber Foto



Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya
Ex Dongfeng Sumber Kencono dipakai PO Ladju.

Sumber



Itu tadi sekilas ulasan bus Dongfeng yang pernah viral dan dikenang para masyarakat dan penumpang setianya, mulai dari kenangan meyenangkan sampai kenangan yang kurang menyenangkan. Tapi kini mereka mulai berevolusi menjadi PO yang lebih baik dalam soal kenyamanan dan keamanan. Sumber Group tetap dijadikan favorit para masyarakat hingga kini, dengan jangkauan trayek terjauhnya sampai ke Bandung. Dibenci tapi juga selalu dinanti, itulah Sumber Group.





Referensi: sini dan sini sini juga
Ilustrasi: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekyhard29 dan 55 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 6
untuk updet emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Menarik juga terutama pada bagian mesinnya yang ada didepan sampai jadi kaya interior.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
kecepatan ga diimbangi dengan kepakeman rem. pantes sering kecelakaan, padahal kudu sejalan tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Nyimak duluemoticon-nyantai
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Bisa memacu adrenalin kalau naik bis ini emoticon-Ngakak
suka ngebut tapi sistem rem bermasalah emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
ketidak handalan menjadikannya sumber benconoemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bl0job
klo dengan sumber alam ada relasi nya ga yah gan?
pool utama sumber alam di kutoarjo..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Dong feng ternyata merek China, tak kira vietnam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
kukira ICBM dongfeng awalnya
hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
ini bus siapanya DFSK?

Masih 1 keluarga ya?
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nais info juragan emoticon-thumbsup
Baru tau ane PO bus ini pernah pakai Dongfeng.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
yg ane tau cuma truk Dong feng, tenaganya mantap.

kalo modif ke bis ane kurang tau gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
mesin kencang
suspensi rigid
rem kurang pakem

itu sama saja ingin cepat bertemu Sang Pencipta.
ploduk cina emang masih kurang R&D
kencang boleh aman sih ngga
kan ngaco jadinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Ah memory kartu kuning di masa itu.... emoticon-Malu (S) emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mobil merk DFSK juga singkatan dari 'Dong Feng So Kon', apa ada kaitannya yak?
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan si.matamalaikat memberi reputasi
Oh jadi ini yang bikin Bis Sumber Kencono dapet julukan gak enak. Ane masih ingat ketika habis kasus kecelakaan dan pembakaran semua bis Sumber Kencono diganti semua namanya jadi Sumber Selamat. Nama Sugeng Rahayu menyusul kemudian.

Kalo berdasar cerita kawan bis ini kencang bukan karena cari penumpang, tapi lebih ke menghemat waktu. Makin cepat sampai makin cepat krunya istirahat. Dan buat ane ini cukup masuk akal, karena ada MoU di trayek Solo-Jogja bis Jawa Timuran gak boleh naikin penumpang di jalan.

Padahal inovasi yang dilakukan PO ini lumayan bagus, udah menawarkan AC Tarip Biasa. Hal yang berbeda dengan bis Solo-Jogja yang justru kualitasnya makin jatuh. Gak tau nih bis Solo-Jogja bakal bertahan gak setelah KRL jadi nanti, apalagi stasiun di Jogja dan Solo udah terhubung BRT yang lebih murah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 8 lainnya memberi reputasi
baru tau ane, ternyata sumber kencono ini pakai mesin dongfeng, bukanya busway jg ada yg merk dongfeng yak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane baru kepikiran, banyak laka bus dalam satu periode karena umur armada yang sama, dengan kualitas keamanan dari komponen kendaraan yang sudah mencapai umur habis pakai. mungkin ini yang perlu diperhatikan calon penumpang disamping kecepatan dan kenyamanan. ga mau kan celaka lantaran pilih kecepatan.
dongfeng dari dulu dikenal tangguh dalam hal mesin diesel untuk bengkel dan pertanian. khusus untuk produk bus ini jika sudah diketahui kelemahan nya kenapa ga di perbaikin dan di tingkatkan kualitasnya. mungkin bisa bersaing lagi di kancah bis dan truk masa kini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TuanLi
Quote:


ukurannya terlalu besar gan untuk ukuran big bus, sopir aja ruang geraknya terbatas karena adanya mesin itu emoticon-Big Grin



Quote:


mungkin harga yang murah dulu, membuat bus ini diborong sumber pada masaya. dulu bus ekonomi masih jadi primadona dijalurnya, menang ditenaga. kalo masalah rem emang bahaya si dongfeng, lebih prefer hino emoticon-Big Grin





Quote:


silakan gan emoticon-Angkat Beer



Quote:


kesalahan fatal karena berani menduakan hino emoticon-Hammer (S)



Quote:


mungkin pihak manajemen gakengira kalo masalah rem lama kelamaan akan bermasalah gan emoticon-Big Grin




Quote:


gak ada sama sekali gan, cuma sama namanya saja. pake sumber diawalnya emoticon-Big Grin



sumber alam milik orang Tionghoa Purwokerto, sekarang dipegang oleh generasi ke 2 yaitu Bapak Anthony Steven.


Kalo Sugeng Rahayu (Sumber Kencono) didirikan asli putra jawa timur yaitu Bapak Setyaki Sasongko, lebih tua sumber alam daripada sumber kencono. sumber kencono baru dirintis 1981, kalo sumber alam sebelum 1981 udah eksis gan. cmiiw emoticon-Toast



Quote:


namanya sekilas mirip dari megara yang agan sebut, ane juga gak mengira kalo ternyata dari China emoticon-Big Grin



Quote:


icbm gan ? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jagotorpedo memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di