CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / Ask da Boys /
Dilema : Mantan Atau Tunangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee8e79feaab2514223762f6/dilema--mantan-atau-tunangan

Dilema : Mantan Atau Tunangan

Malam agan semua..

Gan, sebelum ke pertanyaan ini gw ada kasih penjelasan singkat. Gw punya mantan yang sejak 2016 hubungannya ngegantung dan sempet gak komunikasi selama 7 bulan, setelah itu kami menjalani hubungan backstreet sampai sekarang. Alasan backstreet karena merasa lebih nyaman untuk gak umbar kedekatan sih.

Gw juga punya tunangan yang sejak 2017 udah saling kenal dan mantan gw juga tau tentang tunangan gw ini. Dua-duanya gw suka dan punya sisi baik yang berbeda, tapi gw juga suka berubah-ubah perasaannya untuk memprioritaskan yang mana.

Gw udah curhat ke orang yang paling gw percaya tapi belum ada jawaban yang pas. Jadi ane coba share ke sini. Btw, sebenernya gw belum pengen banget nikah tapi karna ortu udah antusias dan nyiap2in segalanya jadi gw mau gak jadi nikah takut ngecewain. Gw udah berkali-kali coba batalin tapi ortu gw malah ngamuk gak jelas dan bikin gw gak pulang ke rumah berbulan-bulan.

Pernah gw minta si mantan buat ngelamar dlu dan nikah setelah wisuda tapi doi nolak dengan alasan wisudanya tanggung tinggal sebentar lagi. Sementara itu tanggal pernikahan gw udh makin deket aja, sebenrnya mantan gk tau kalo gw udah mau kimpoi. Taunya baru sekedar kenal aja sama calon gw ini karena gw emg gak jujur ke dia.

Sebaiknya gimana ya gan? Jujur gw takut kehilangan mantan dan pasti susah lupa karena gw gak bisa berdamai dengan masalalu (please yang punya tips supaya bisa berdamai dengan masalalu share dong). Tapi kalo mau nolak dan batalin pernikahan gw cuma mikirin ortu kecewanya gimana. Gak tega dan trauma juga kalo diamuk.

Yang pengen gw tau itu sebenarnya isi hati mantan gw itu gimana yaaa.. kok dia mau sama gw tapi untuk kasih ikatan aja masih mikir2 sedangkan gw sama tunangan gw ini memang suka sih, tapi gak tega aja kalo gw nikah sama dia gw nya masih dihantui sama masalalu gw yang belum selesai.

Sekiranya ada yg lebih berpengalaman, gw minta saran gan. Gw pengen tau sudut pandang dari pihak laki-lakinya gimana. Dan sebaiknya gw harus pilih mana supaya gw gak nyesel.
profile-picture
nona212 memberi reputasi
pilih mantan aj, gw pernah diposisi mantan, 3 thn jln tanpa ngasi kepastian ikatan,krn gw sadar blm bs ngasi keamanan finansial, mngkin dia pikir masalah finansial bs d cari bareng, tp gw pikir laki2 hrs memastikan smuany aman
sblum memastikan ikatan
profile-picture
kimulfa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
opini pribadi,

mungkin yg situasinya begitu ada hal yg bikin dia gak siap, entah mental, fisik, finansial, atau lainnya. perlu dibicarakan serius berdua dan coba cari solusinya. kalau gak ketemu juga jalan tengahnya ya gak tau deh, ada yg perlu mengalah mungkin
profile-picture
kimulfa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Solusi: jujur ajalah ke mantan...klo udah disuruh resmi nikah ma tunangan. Bilang..klo kamu bener sayang dan mau aku di hidupmu (ceileh drakor banget kata2nye) ya yuk berjuang bersama. Lgp status ke mantan apa? TTM? Atau jgn2 kamu aja yg ke ge'eran? Bisa jadi dia malah udah gda rasa...tapi krn masih single ya "iya2" aja kamu ajak komunikasi. Makanya....pastiin. Jujur ke mantan...

Lgpl lha loe juga ma tunangan ho oh2 aje....lu juga ga jelas! Klo bneran sayang ma mantan ya ga usah jalin hubungan yg ramah dan hangat ke tunangan. Ga sadar apa loe...ntar loe batalin nikah...loe nyakitin tunangan looe atuh. Buset.

Tpi yg jelas...klo mau pilih pasangan hidup. Pilihlah yg paling berkualitas. Dr segi akhlak, IQ, EQ, klo dlm islam kan ada tuh, lihatlah agama, keluarga, harta dan pendidikan klo ga slah...Krn menikah itu bukan akhir tapi awal. Hati2 pilihnya....jgn pake hati, tapi pake logika.

Lihat keluarga...itu penting...krn dng menikah...keluarga dia jdi keluargamu. Coba tanya2 karakter camer'mu kaya apa. Dan buah jatuh tak jauh dr pohon itu berlaku...klo mertua aja kaya penjahat...ya kemungkinan besar anaknya juga.
Lihat agama itu jg penting...meski skrg yg berkedok pemuka agama aja banyak yg sedeng...tapi coba nilai aja pointnya.
Lihat harta...nikah ga modal makan cinta tiap.hari. Kestabilan finansial itu penting...klo belom kerja mending jgn nikah dlu. Kecuali anak orang kaya yaa....tpi liat2 juga...banyak tuh yg protes...nikah ma cowok kaya krn warisan keluarga...eh ternyta tuh cowok pemalas, cuma ngandelin ortu. Alhasil yg kelabakan si cewek. Ga cuman 1 kasus....banyak.
Lihat pendidikan, IQnya, EQnya...menurut penelitian makin cerdas makin setia...tuh lihat pak Bj Habibie.

Jadi pilihlah yg paling berkualitas...entah itu si mantan atau tunangan...terserah. Krn cinta itu sebenarnya bisa tumbuh nanti, apalagi klo orangnya tepat. Ga usah naif..cinta itu ga hanya utk 1 org, ketika kamu bertemu dng org baru...dan org itu menarik, dng tingkat kompabilitas yg lebih tinggi dr pasanganmu...kamu bisa jatuh cinta lagi. Makanya di dunia ini ada itu istilah 'selingkuh' emoticon-Big Grin

Semoga membantu.
profile-picture
profile-picture
anakmarensore dan kimulfa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini opini gw yah, klo lu suka backstreet cuma krn males umbar itu kayaknya masih gantung deh. Kebanyakan org yg pacaran itu suka published kebahagiaan mereka. Mungkin ada yg lebih detail gak alesannya ? Trus klo lo sayang tunangan lu kenapa lu mesti boongin dia? Ibarat dokter meriksa pasien penyakit lu masih rancu biar dokter ngasih obatnya pas. Tmn gw hampir pengalaman sm kaya lu ortu nya yg ngebet trus dia nurut tp ditengah2 gagal. Satu sisi mau nyenengin ortunya di satu sisi dia disakiti perasaannya. Yg ada sekarang dia agak males buat nikah. Kasihan sih tp itu ga bisa dijadikan patokan krn blm tentu tunangan lu sejahat mantan suami tmn gw. Jadi yah itu dia sebaiknya lu beneran kenal baik-baik keduanya lebih dalam lg maksudnya. Intinya lebih baik jujur diawal sakit emang tp termaafkan pd akhirnya, drpd ketauan dibelakang gak akan termaafkan dunia akhirat.
kesimpulan gua
(1) kamu lebi berat ke mantan. krn diajak dia HTS pun kamu mau. bandingkan kalo tunangan kamu ga kasi status . apa kamu masi mau? darisini uda jelas kok kamu milih mantan.

(2) si mantan ga mau serius ama kamu. alasan ga mau umbar kedekatan. jadi mau nya apa? laki2 punya wanita tapi ga pengen ditau orang2? kamu dianggap apa sama dia? hanya mainan kecilnya saja.

saran saya
(1) jujur aja sama tunangan kamu. putus aja. kasian cowo itu. kamu bilang saama2 suka....padahal kamu split apart antara.....mau yang ASYIK tapi BUTUH CADANGAN yang AMAN.
(2) pura2 aja jebak si mantan. dengan ga sengaja nyebarin vidio kalian lagi hohohihe....jadi....dia mau ga mau ter ekspose. dari situ keliatan kok apakah dia mau deket ama kamu utk dapet KENIKMATAN GRATIS.....atau....memang siap tanggung jawab. menurut aku sih...kenikmatan gratis karena kamu keknya uda jatuh ke tangan dia.

sekian pendapat saya. mari diskusi.
derita loe


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di