CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Tuding Jerman 'Nakal' Terhadap NATO, Trump Umumkan Tarik Pasukan AS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee8d9562525c3203725d3d3/tuding-jerman-nakal-terhadap-nato-trump-umumkan-tarik-pasukan-as

Tuding Jerman 'Nakal' Terhadap NATO, Trump Umumkan Tarik Pasukan AS

Tuding Jerman 'Nakal' Terhadap NATO, Trump Umumkan Tarik Pasukan AS

Washington -
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Senin (15/06), mengumumkan akan mengurangi jumlah pasukan AS yang ada di Jerman menjadi 25.000 tentara. Trump menuduh pemerintah Jerman bertindak "nakal" dalam kontribusinya kepada NATO.

"Kami melindungi Jerman, dan mereka 'nakal'. Itu tidak masuk akal," kata Trump di Gedung Putih. "Kami akan menarik pasukan menjadi 25.000 orang," ujarnya ambil menambahkan bahwa pengerahan pasukan tersebut "menelan biaya yang sangat besar bagi Amerika Serikat."

Trump mengatakan bahwa Jerman tidak memenuhi komitmennya untuk membelanjakan dua persen dari pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) untuk sektor pertahanan seperti yang disyaratkan negara-negara aliansi NATO. Negara-negara anggota sepakat dapat mencapai angka tersebut pada tahun 2024. Namun, Jerman berharap itu dapat tercapai di tahun 2031.



Quote:



Keraguan akan komitmen

Langkah Trump memunculkan pertanyaan baru akan komitmennya terhadap kerja sama yang telah berlangsung antara Eropa dan AS.
Awal bulan ini, media AS ramai memberitakan rencana Trump untuk menarik pasukan AS yang ada di Jerman. Rencana ini pun menimbulkan kekhawatiran di kalangan politisi Jerman. Kepada harian Bild am Sonntag,Menteri Luar Negeri Heiko Maas sempat mengatakan bahwa hubungan AS-Jerman memang menjadi "makin rumit" sejak Trump menjadi presiden.

Rencana penarikan pasukan ini disambut baik oleh partai kiri Jerman yang telah lama menuntut penarikan total pasukan AS yang ada di Jerman.
Duta Besar Jerman untuk AS, Emily Harber, merespon rencana Trump dengan mengatakan bahwa pengerahan pasukan AS di Eropa untuk mempertahankan keamanan trans-Atlantik dan membantu AS menunjukkan kekuatan globalnya.
"Pasukan AS…bukan untuk melindungi Jerman. Mereka ada untuk memastikan keamanan trans-Atlantik. Mereka ada untuk menunjukkan kekuatan Amerika di Afrika, di Asia," jelas Harber dalam rapat virtual yang diselenggarakan Dewan Hubungan Luar Negeri.

"Konsekuensi serius"
Pengumuman tersebut juga menuai kritik dari anggota parlemen AS, bahkan dari kubu Trump di Partai Republik sendiri.

"Ancaman yang datang dari Rusia tidak berkurang, dan kami percaya tanda-tanda melemahnya komitmen AS kepada NATO akan akan mendorong agresi dan oportunisme Rusia lebih lanjut," tulis Mac Thornberry, angota parlemen AS dari Texas, dalam suratnya kepada Trump.

Senator Demokrat, Jack Reed, yang bertugas di Komite Angkatan Bersenjata Senat mengecam rencana Trump sebagai "bantuan" untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.
Pekan lalu, perwakilan Partai Republik Liz Cheney mengingatkan Trump atas konsekuensi buruk dari langkah tersebut. "Kehadiran Amerika ke depan tidak pernah lebih penting daripada hari ini, karena negara kita menghadapi ancaman kebebasan dan keamanan yang ditimbulkan Rusia dan Partai Komunis Cina," kata Cheney.

"Kehadiran kami sangat penting untuk menghalangi musuh-musuh ini, memperkuat aliansi, menjaga perdamaian melalui kekuatan, dan mempertahankan kepemimpinan Amerika. Menarik pasukan dan mengabaikan aliansi kita akan menimbulkan konsekuensi berat, meningkatkan keberanian musuh-musuh kita dan tidak mengurangi kemungkinan terjadinya perang."

sumur

https://news.detik.com/dw/d-5055484/..._from=wp_nhl_5


hahaiayaa cilakaa luewaa welass waaa negara maju sekelas jerman ketakutan masih butuh tentara AS waaa emoticon-Imlekemoticon-Imlek
profile-picture
nona212 memberi reputasi
soal alokasi tentara di luar negeri, AS jelas lebih fokus ke timteng. jd yg dikorbankan ya yg di eropa saja.
kalo jerman negara kere sih laen cerita
negara makmur gitu malah pelit bgt buat anggaran belanja militer
Lihat 1 balasan
Walah, ntar kalo tiba2 Putin gatel terus nyerbu Eropa gimana tuh?
Jerman ada niat belanja militer sampai 2% tapi tahun 2031.
Lagian maksa suruh keluarin duit.
Mendingan bangun sendiri itu kekuatan militer walaupun bukan offensif.
Ngapain bayar ke AS,
Lihat 4 balasan
si trumpet kan punya banyak saham di militer ya jelas dia pengen orang2 belanja untuk militer beda dengan obama kalo obama banyak di usaha kesehatan
iya dong tentara-tentara nato bukan relawan, enak saja

tinggal pilih, tetap tentara nato, biayai tentara sendiri

atau tentara negara lain, cinak rusia? hahaha
bilang aja jerman ada kerjasama penyaluran gas dgn rusia dan secara diam2 mendukung supply chain dunia tetap di chinaemoticon-Big Grin
susah banget ngomong terus terang emoticon-Big Grin
ditambah pertemuan G11 yg gagal karena diboikot oleh merkel, tambah malulah USA emoticon-Big Grin
Diubah oleh budakdelusi
trump itu pengusaha
jelas g mau rugi lah emoticon-Big Grin

masak negara maju kyk jerman masih minta2 bantuan emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di