- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
3 Komponen yang Wajib Diperiksa saat Mobil Tak Mau Menyala


TS
SenaP99
3 Komponen yang Wajib Diperiksa saat Mobil Tak Mau Menyala
Ketika mesin mobil susah dinyalakan, alternatif lainnya adalah mendorong mobil. Lalu pengemudi memindahkan persneling ke gigi dua di saat yang bersamaan. Sehingga secara otomatis mesin mobil akan menyala.

Tapi itu cara yang bisa dipakai untuk mobil bertransmisi manual. Bagaimana kalau mobil memakai transmisi otomatis? Salah satu caranya adalah pengecasan aki.
Tapi perlu Otolovers tahu, jika mesin mobil tak susah menyala, sebenarnya tak bisa begitu saja menyalahkan aki. Sebab, persoalan ini bisa karena beberapa faktor. Maka itu Otolovers perlu mengecek tiga komponen berikut untuk mengetahui penyebabnya, seperti dilansir Garda OtoAsia.
Aki

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa aki bisa saja menjadi hal pertama yang menyebabkan mobil susah dinyalakan. Sebab aki menjadi komponen yang berfungsi menunjang kelistrikan mobil.Â
Kerusakan pada aki terjadi ketika suplai listrik dari aki pada mobil lemah di mana dinamo starter yang menggunakan listrik sebagai sumber energi tak mampu menunjang.
Brush Dinamo

Selain aki, brush dinamo juga perlu diperhatikan. Jika sudah mulai habis, maka wajar kalau mobil susah dinyalakan. Di dalam dinamo starte sendiri ada beberapa komponen, brush atau sikat salah satunya.
Komponen tersebut punya fungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke rotor yang berputar. Kalau brush aus, penyaluran arus listrik dari aki ke rotor menjadi terhambat. Meski aki masih full 12 Volt, tegangan yang sampai ke rotor bisa lebih rendah. Hasilnya, putaran dinamo starter menjadi lebih lambat dan mesin jadi susah dihidupkan.
Busi

Komponen terakhir yang wajib diperiksa adalah busi. Komponen yang paling sering disalahkan saat mesin susah hidup ini menjadi salah satu komponen untuk sistem starter mobil.
Jika bagian ini bermasalah, maka mobil tak bisa menyala. Busi yang kotor atau sudah usang juga menjadi dua faktor penyebabnya.
SOURCE https://m.otosia.com

Tapi itu cara yang bisa dipakai untuk mobil bertransmisi manual. Bagaimana kalau mobil memakai transmisi otomatis? Salah satu caranya adalah pengecasan aki.
Tapi perlu Otolovers tahu, jika mesin mobil tak susah menyala, sebenarnya tak bisa begitu saja menyalahkan aki. Sebab, persoalan ini bisa karena beberapa faktor. Maka itu Otolovers perlu mengecek tiga komponen berikut untuk mengetahui penyebabnya, seperti dilansir Garda OtoAsia.
Aki

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa aki bisa saja menjadi hal pertama yang menyebabkan mobil susah dinyalakan. Sebab aki menjadi komponen yang berfungsi menunjang kelistrikan mobil.Â
Kerusakan pada aki terjadi ketika suplai listrik dari aki pada mobil lemah di mana dinamo starter yang menggunakan listrik sebagai sumber energi tak mampu menunjang.
Brush Dinamo

Selain aki, brush dinamo juga perlu diperhatikan. Jika sudah mulai habis, maka wajar kalau mobil susah dinyalakan. Di dalam dinamo starte sendiri ada beberapa komponen, brush atau sikat salah satunya.
Komponen tersebut punya fungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke rotor yang berputar. Kalau brush aus, penyaluran arus listrik dari aki ke rotor menjadi terhambat. Meski aki masih full 12 Volt, tegangan yang sampai ke rotor bisa lebih rendah. Hasilnya, putaran dinamo starter menjadi lebih lambat dan mesin jadi susah dihidupkan.
Busi

Komponen terakhir yang wajib diperiksa adalah busi. Komponen yang paling sering disalahkan saat mesin susah hidup ini menjadi salah satu komponen untuk sistem starter mobil.
Jika bagian ini bermasalah, maka mobil tak bisa menyala. Busi yang kotor atau sudah usang juga menjadi dua faktor penyebabnya.
SOURCE https://m.otosia.com
Diubah oleh SenaP99 16-06-2020 20:12






tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
6


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan