CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Melihat Sejumlah Pesawat Tempur Canggih yang Jadi Incaran Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee887f0c342bb530871c435/melihat-sejumlah-pesawat-tempur-canggih-yang-jadi-incaran-indonesia

Melihat Sejumlah Pesawat Tempur Canggih yang Jadi Incaran Indonesia

Melihat Sejumlah Pesawat Tempur Canggih yang Jadi Incaran Indonesia

JAKARTA - Pesawat tempur milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) sedang menjadi sorotan. Hal tersebut imbas jatuhnya pesawat tempur BAE Hawk 209 di daerah permukiman Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau, pada Senin 15 2020.

Pesawat Hawk Mk 109 / 209 merupakan kode untuk Hawker-Siddeley Hawk yang diekspor ke Indonesia yang mulai melengkapi TNI AU sejak 1997. Pada 1980-an, TNI AU juga pernah membeli sejumlah Hawk Mk 53.

Untuk memperkuat pertahanan dibutuhkan sebuah kendaraan tempur terbaru dan kuat dalam menjaga Indonesia. Pemerintah Indonesia berencana menambah kekuatan jet tempurnya. Pengadaan jet tempur supercanggih itu akan dilakukan bertahap pada rencana strategis (renstra) 2020 hingga 2024.

Berikut sejumlah ulasan pesawat tempur yang diincar oleh pemerintah dari beragam sumber:

Sukhoi Su-35

Pesawat Su-35 sebenarnya diderivasikan dari Su-27 dan merupakan varian ground-based dari Su-33. Ketika AU Rusia tetap memakai nama Su-27M, Sukhoi mengubah nama pesawat ini menjadi Su-35 dengan harapan dapat menarik perhatian konsumen asing.

Desain Su-35 sangat identik dengan Su-27 tetapi tidak memakai canard seperti Su-33 dan dengan mesin yang lebih bertenaga ditambah sistem fly by wire digital baru. Pesawat Su-35 juga dilengkapi sebuah radar multimode baru, detektor inframerah dan senjata yang telah di-upgrade.

Pesawat Su-35 yang dimodernisasi telah dipertunjukkan pada pameran dirgantara MAKS-2007 pada Agustus 2007. Fitur-fitur baru pesawat ini di antaranya badan pesawat yang diperkuat menggunakan bahan-bahan komposit, penanda radar yang diperkecil dari depan dan sebuah radar PESA yang diperbarui.

Pesawat ini dilengkapi banyak perbaruan pada sistem kelistrikan dan avioniknya, termasuk fly by wire digital dan sebuah radar untuk mendeteksi sinyal dari belakang untuk menembakkan peluru kendali SARH. Su-35 yang baru tidak lagi memasang kanard dan rem udara; untuk menjaga kemampuan manuver supaya tetap sama atau lebih besar daripada pesawat-pesawat yang diperlengkapi kanard, Su-35 menggunakan mesin 117S yang baru dengan pipa-pipa vektor pendorong yang selalu berputar.

F-16 Block 72

F-16 Block 72 Viper buatan Amerika Serikat (AS). Pesawat tempur ini merupakan generasi terbaru yakni Block 70/72 disebut “Super Viper”. Pesawat tempur yang dikembangkan dari basis F-16IN ini telah digunakan dan dipesan sejumlah negara di dunia.

F-16 Block 70/72 SV membenamkan teknologi mutakhir dalam desain avionik dan sistem tempurnya. Salah satu yang menonjol yakni AESA APG-83 Northrop Grumman yang memungkinkan fleksibilitas dan penargetan semua cuaca lebih cepat dan presisi.

F-16 Block 70/72 SV juga mendesain kokpitnya modern dengan Display Pedestal Center (CPD) terbaru yang memberikan citra taktis penting bagi pilot pada layar 6 x 8 resolusi tinggi. Layar ini memungkinkan pilot menggunakan radar AESA. CPD dapat menampilkan peta situasi udara bergerak yang berwarna, lebih besar dan lebih mudah untuk dikelola. CPD juga kompatibel dengan sistem pencitraan night vision.

F-35 Lightning

F-35 Lightning II adalah hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Pesawat ini adalah pesawat tempur supersonik berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara, dukungan udara jarak dekat, dan pengeboman taktis. Pengembangan pesawat ini dibiayai Amerika Serikat, Britania Raya dan beberapa negara lainnya.

F-35 Lightning II atau Joint Strike Fighter adalah pesawat tempur generasi ke 5, produksi kerjasama Lockheed Martin, Northrop Grumman, dan BAE Systems. Pesawat super canggih ini mempunyai kapabilitas siluman, yang berarti pesawat ini sulit terlihat di radar lawan. Jumlah persenjataan dan amunisi yang bisa dibawanya pun lebih bayak dibanding pesawat-pesawat tempur generasi sebelumnya, seperti F-16 dan F-18.

F-35 Lightning II adalah pesawat canggih yang mampu mengelak dari radar lawan. Pesawat ini merupakan hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Pesawat ini adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara ke udara, dukungan udara jarak dekat, serangan ke permukaan, dan pengeboman taktis.

F-35 Lightning JSF bentuknya seperti pesawat jet tempur modern, tetapi yang membuat jet ini khusus adalah perangkat lunak dan kemampuan mengumpulkan data intelijen.

JSF juga merupakan pesawat mata-mata di angkasa. Pesawat ini dapat mengumpulkan informasi dari angkasa luar, darat dan pesawat lain, dan kemudian mengirimkannya ke para komandan di darat. Pilot mempunyai "mata dewa" saat perang. Dengan menekan sebuah tombol, maka sebuah kamera yang berada di bawah pesawat akan mulai bekerja, yang berfungsi untuk melihat keseluruhan pesawat.

https://nasional.okezone.com/amp/202...donesia?page=1

daripada beli sukhoi su35 atau f16, anggaran militer Indonesia kan 107 Triliun, mending beli 3 pesawat B-2 Spirit aja.

harga 1 unit pesawat B-2 Spirit itu 29 Triliun, kalau dihitung, kita bisa membeli 3 pesawat ini.

kenapa sih harus B-2 Spirit?

Alasan nya:

1. Indonesia perlu pesawat pengebom

2. Untuk menjaga lalu lintas perbatasan udara Indonesia

3. Untuk mengontrol pesawat pesawat asing atau gangguan yang tidak terduga dari musuh

ada lagi? Ayo berdiskusi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Beli yang paling mulah, dengan halga yang paling mahal dong pastinya.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan nasgorbabi memberi reputasi
jangan beli yang kw

emoticon-Leh Uga

profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Ts kiblatnya moskow banget.... Strategic Bomber dipakai patroli emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan nasgorbabi memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries3.0
Lihat 1 balasan
Melihat Sejumlah Pesawat Tempur Canggih yang Jadi Incaran Indonesia
profile-picture
profile-picture
broer_ipen dan nasgorbabi memberi reputasi
B-2 spirit pesawat bomber paling mahal + ongkos perawatan per jam nya yg paling mahal di dunia.
Asli ga guna kalo punya.
emoticon-Ngakak

Sekarang pesawat jenis bomber udah ga guna gan. Jenis Fighter aja udah banyak yg multi role.

Btw mending beli F-16 viper, asal dikasih beli juga rudal amraam terbaru tentunya.
Soalnya beli su-35 diancam catsa, beli f-35 juga ga mungkin dikasih, kan khusus negara Best friend doang.
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Kaga setuju B-2 mahal mending Su-32 (Su-34 versi export)..emoticon-Big Grin
Memang udah saatnya TNI mengaktifkan 2 ska Bomber..emoticon-Ngacir
10 Ska Fighter F-16 / Grippen NG, 4 Ska Su-35 / Rafale dan 2 Ska Su-32..emoticon-Big Grin
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Urusin ekonomi aja kaga beres2 malah alutista di dorong
Nafsu gede tenaga kurang

Lawan fpi aja kaga bs boro2 perang ama negara lain

Beli pesawat tempur cm buat parade 17 agustus abis itu masuk kandang
Dan tiap bulan minta budget utk perawatan

Indo mending byr uang keamanan aja ke negara yg pny power drpd muluk2 beli pesawat tempur dan senjata

Pesawat kaga ditembak aja bs jatuh sendiri, boro2 kl perang beneran ampe kejar2an di langit sambil tembak2an

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gripen e aja, biaya operasional lebih rendah dari yang lain2.
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
cukup pake bambu runtjingemoticon-Leh Uga
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
permisi bukannya itu buatan kaum kafir yaa?

barang siapa menyerupai kaum kafir maka..
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan nasgorbabi memberi reputasi
Anggaran 107 triliun kan utk 3 matra gan. Satu matra ya mungkin sekitar 30an triliun pertahunnya kalo dihitung kasar. Dan itu gak cuma buat beli alutsista aja gan. Beli pesawat dri barat itu susahnya embel2 klausul yg ngikutin. Kalo beli dari Rusia yg bikin berat ancaman embargo dri barat. Mending fokus ke ifx dulu , itu duit urunannya indo ke korsel aja juga mandeg 😂. Ane lebih ke drone2 aja sih kalau buat patroli, lebih kenceng dan multifungsi juga. Kembali lagi duitnya ada kagak wkwk.

Kalau mau enak nih, pemerintah nyatain diri masuk salah satu blok, kalau ada kemungkinan ancaman konflik bersenjata nti ada bantuan. Contoh filipina, Malay, Singapura itu dibackup sm mamarika dan Inggris. Tapi kembali lagi, kalau kita masih menerapkan prinsip non blok harus bisa mandiri dan jgn terlalu bergantung ke asing .
Diubah oleh albertus014
Lihat 1 balasan
di pic yg ditampilin malah B2 Spirit yg notabene ga dilirik indo dan ga akan dijual Amrik
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
emang AS bakal mau jual B2 Spirit? perasaan dari dulu yg py cuma AS aja..
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
ngapain beli itu? mending banyakin S.A.M aja. ama kapal laut. kita kan lebih ke defense.
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan nasgorbabi memberi reputasi
B2 ngapain beli ? Perawatan mahal harganya sangat mahal amrik cuman punya20an biji doang. Trus rolenya juga bukan buat ngejaga tapi dia dibuat supaya mampu menyusup pertahanan udara uni soviet dan ngejatuhin nuklir di moskwa. Klo buat patroli ya pesawatnya patrolinya harus kelihatan juga supaya yang mau nyusup sadar ada penjaga di wilayah yang dia mau masuk hingga dia keder klo masuk karna bisa memicu sengketa internasional.
B2 itu cocok klo kita mau nyerang negara orang dan nakut nakutin negara musuh tapi klo dibuat patroli ngejaga wilayah ya pake pesawal laen aja yag lebih murah harga pengoperasiannya.
profile-picture
profile-picture
747.400 dan NecroTorture memberi reputasi
Quote:


Pernyataan orang goblok emoticon-Big Grin Gak ada negara yang bayar uang keamanan ke negara superpower tanpa beli alutsista buat pertahanan diri emoticon-Embarrassment

Quote:


Anggaran Pertahanan di bagi 5, duanya lagi untuk Mabes TNI sama Kemhan.

Emang bener, negara ini harus condong ke negara kuat. Supaya pembelian senjata lancar dan gak buang-buang anggaran begitu besar seperti sekarang. Sayang masih banyak yang gk nerima dengan embel-embel "non-block", "netral" dsbnya emoticon-Smilie

Quote:


Negara seiman tapi itu pesawat hasil kerjasama dengan China emoticon-Embarrassment
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Diubah oleh killergodnana
Lihat 8 balasan
Duidnya ada, tapi Amerika mau ngasih gak?

emoticon-Ngakak

Ngincer pesawat tempur itu bagaikan ngincer ena-ena dari kembang desa. Utamakan SSI daripada duid.

Atau pakailah teknik klasik dari desa. Jangan gadisnya yang didekati, tapi ortunya. Jangan kepala negara yang didekati, tapi elit politik di belakangnya.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Esemka Fighter J0K0-77 aja
Udah murah
Termasuk pesawat siluman
Pesawat bomber sekaligus fighter juga
Harga terjangkau
Cukup 199 juta aja
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan 2 lainnya memberi reputasi
lu punya B2 Spirit 100 biji klo ketemunya F35 apa Su 35 ya rontok itu B2...


emoticon-fuck
profile-picture
broer_ipen memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di