CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Bagaimana Membantu Teman yang Sedang Berduka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee85700b8408823ea5f88ba/bagaimana-membantu-teman-yang-sedang-berduka

Bagaimana Membantu Teman yang Sedang Berduka

Bagaimana Membantu Teman yang Sedang Berduka
Foto: www.istockphoto.com

Sebuah studi 2019 menyimpulkan bahwa seseorang yang kehilangan teman dekatnya, bisa berduka hingga empat tahun. Pada perempuan, rasa duka cita bisa menjadi lebih dalam, bahkan bisa menyebabkan masalah mental, emosional, dan sosial yang lebih serius dibandingkan laki-laki. Para ilmuwan studi ini bahkan menyarankan bahwa mereka yang berduka karena kehilangan teman dekat sebaiknya mendapatkan pertolongan yang serius untuk meminimalisir efek negatif berduka. Sebagai teman dari teman yang berduka, apa bisa kita lakukan?

Pertama dan utama: memang sulit mengetahui apa yang bisa dikatakan pada seseorang yang sedang berduka. Takut salah ngomong, begitu mungkin kekhawatiran kita. Jika ini yang sedang atau sering kamu alami, Harvard Health Publishing menyarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

√ Jangan takut menyebutkan namanya. Mungkin membuatnya menangis, tapi kemungkinan tidak akan membuatnya lebih sedih. “Mengatakan betapa kamu akan merindukan orang tersebut lebih baik baik dibandingkan basi-basi seperti, ‘aku turut berduka,'” tulis publikasi itu.

√ Tanyakan: “Bagaimana perasaanmu hari ini?”. Alih-alih bertanya-tanya, “Bagaimana kabarmu,” (yang pasti jawabannya adalah, “tidak baik”), coba tanyakan “Bagaimana perasaanmu hari ini?”. Ini akan lebih membuat perasaan berduka temanmu tersalurkan.

√ Jalin komunikasi. Usahakan untuk menghubungi mereka dengan teratur; jangan tunggu mereka yang menelepon kamu.

√ Tawarkan bantuan. Tidak hanya kalimat, “ada yang bisa dibantu”, tapi tawarkan bantuan yang lebih spesifik seperti apakah dia butuh dibawakan makanan, atau hal lainnya.

√ Dengarkan (tanpa berusaha menasihati). Orang yang sedang berduka cenderung menceritakan hal yang sama lagi, lagi dan lagi. Dengarkan dengan baik, tanpa merasa perlu memberikan nasihat.

√ Hindari menghakimi. Kehilangan seseorang mungkin akan membawa perubahan dalam hidup temanmu itu. Biarkan dia melalui proses berdukanya tanpa perlu diburu-buru.

√ Berikan harapan. Alih-alih mengatakan, “semuanya akan membaik”, katakan “Kamu boleh berduka selama mungkin, tapi kamu orang yang kuat, dan pasti bisa melalui ini.”


Sumber : https://www.limone.id/cara-membantu-teman-yang-berduka/


profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh limone.id
duhhh ini bgt nih kalo temen lg cerita yg sedih2, ane tkt banget takut responnya salah, paling bener dengerin dia dulu sihhh
lha ini gmpang2 susah ya sis. krna kdang kta sndri nlm pernah mengalaminy tp setidakny kta bsa jd tmpat cerita dan kta jg hrus bsa mmbrikn motivasi agar tdak berlarut larut dlm kesedihan
elus elus palanya.... biar dia senang... emoticon-Angkat Beer
kalo gw sih, ngasih nasehat ke temen yg sedang sedih, "mengadulah kpd Allah, hanyalah Allah sebaikbaiknya tempat utk mengadu".
Diubah oleh karyanakbangs4
"Karena kamu kuat, makanya kamu diberi cobaan ini."
Betul, kadang bingung sama orang yang gak supportive, mungkin deep down caretp hanya gatau cara menyampaikannyaya, thanks tipsnyaaa
gue baru aja kehilangan teman terdekat gue, terakhir gue ga bsa nemuin dia pas dia ngajak ketemu sebelum kecelakaan. pas udah sebulan meninggal gue post di ig stroy di komenin sama temen gue 'giliran udah gak ada orangnya aja lu kangen mau ketemu, kmrn terakhir gak di ketemuin' sakit banget malah nambah perasaan bersalah.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di