CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Ilmu Marketing /
5 Strategi Digital Branding Paling Ampuh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee84a6aa727681ae11368f5/5-strategi-digital-branding-paling-ampuh

5 Strategi Digital Branding Paling Ampuh

5 Strategi Digital Branding Paling AmpuhMembangun branding adalah salah satu hal penting dalam proses mengembangkan bisnis online Anda. Seiring berjalannya waktu, kini muncul trend baru dalam branding yakni digital branding. Pada dasarnya branding cara ini sama dengan cara lama, namun dilihat dari segi platform, jelas cara ini lebih efektif. Mengapa demikian ? Mengingat pengguna internet yang kian menjamur, sudah saatnya kita menggeser cara lama yang masih manual dan menggantinya dengan digital branding. Bagi Anda yang mungkin masih bingung dalam memulai digital branding. Tenang saja, kami sudah merangkum 5 strategi digital branding yang paling ampuh dan tentunya layak untuk Anda praktikkan.

1. Logo
Logo sangat penting karena dari sinilah awal mula membangun identitas visual sebuah merek. Dengan bantuan logo, produk Anda akan lebih mudah dikenal dan diingat. Logo juga yang akan menjadi identitas utama di semua platform dan channel marketing yang Anda gunakan. Itulah mengapa penting untuk membuat logo yang mencerminkan kepribadian dan jiwa sebuah brand. Poin-poin yang harus dipahami ketika Anda ingin mendesain sebuah logo adalah :
• Tulisan atau gambar
Menentukan ingin membuat logo dalam bentuk tulisan atau gambar adalah pilihan Anda. Jika Anda memilih logo dalam bentuk gambar hindari bentuk yang terlalu rumit. Percayalah bahwa semakin sederhana logo, semakin mudah audiens akan mengingatnya.
• Gaya desain
Setelah Anda memilih logo gambar atau tulisan, sekarang saatnya menentukan gayanya. Gaya mana yang paling cocok dengan brand Anda. Apakah minimalis modern, retro vintage, atau fun enerjik? Ingatlah untuk selalu menyesuaikannya dengan tujuan brand Anda.
• Perhatikan ukuran
Platform digital membutuhkan ukuran dan pencitraan khusus. Anda harus mendesain logo yang bisa tampak baik untuk profile picture, foto sampul, headers email, app button, dan masih banyak lagi.
• Skema warna
Tentukan warna apa yang nantinya akan menjadi standar materi branding produk atau layanan Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan karakter brand Anda.
Logo bisa disamakan dengan karakter dan nilai bisnis Anda, juga industri dan target pasar Anda. Menciptakan logo adalah langkah penting dalam menciptakan digital brand yang sukses. Jadi lakukanlah yang terbaik!

2. Brand Slogan
Slogan merupakan salah satu elemen penting pada sebuah brand karena ia mampu memudahkan calon pelanggan untuk mengingatkan pada brand produk tersebut. Slogan sendiri merupakan sebuah pernyataan singkat yang mendeksripsikan bisnis Anda secara umum. Sebuah slogan yang baik merupakan bagian dari cara berpikir kreatif, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas. Oleh karena itu, slogan harus dirancang dengan tepat dan dengan pesan yang jelas agar pelanggan mampu memahami brand anda secara utuh. Lantas, bagaimana kira-kira pedoman untuk menulis slogan yang efektif agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti oleh audiends? Berikut ini ada 5 tips kreatif untuk menulis slogan yang efektif:
• Buatlah terdengar menarik dan berirama
Agar sebuah slogan dapat diterima dengan baik oleh pelanggan, buatlah sedemikian rupa sehingga slogan tersebut terdengar menarik. Misalnya dengan membuat slogan yang mempunyai bunyi yang sama agar terdengar unik. Tujuannya adalah agar slogan tersebut menjadi lebih mudah untuk dikenal dan gampang untuk diingat kembali.
• Tekankan pada keunggulan produk
Jika produk Anda mempunyai keunggulan atau keunikan yang tidak dimiliki oleh produk pesaing, maka tekankan keunggulan tersebut dalam slogan produk untuk menjadikan alasan mengapa pelanggan harus membeli produk Anda ketimbang produk milik pesaing.
• Menekankan komitmen perusahaan
Biasanya tipe slogan seperti ini bertujuan untuk mengedepankan komitmen perusahaan kepada para pelanggannya, seperti dalam hal layanan pelanggan, pemberian garansi dan sebagainya.
• Slogan harus merefleksikan ciri khas produk
Sebuah slogan merefleksikan ciri khas dari produk yang diwakilinya. Ciri khas ini dapat menjadi identitas suatu produk yang dapat ditonjolkan sebagai mascot produk.
• Buat sesingkat dan sesederhana mungkin
Slogan yang menarik adalah slogan yang mempunyai kalimat yang pendek serta mudah untuk dimengerti. Sebaliknya slogan dengan kalimat yang panjang jika tidak dirancang dengan benar justru malah akan membingungkan pelanggan. Susunan katanya pun harus diperhatikan agar mudah dalam pengucapannya.
Dengan perpanduan pada kelima tips tersebut, Anda akan mampu membuat sebuah slogan yang menarik dan unik bagi bisnis Anda.

3. Sosial Media
Sejak kemunculannya, sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya memang telah mengisi sebagian besar sisi kehidupan manusia. Salah satu dampak positif dari penggunaan sosial media adalah untuk membangun sebuah personal branding. Berikut ini kami hadirkan beberapa tips untuk membangun digital branding melalui sosial media.
• Gunakan nama yang sama untuk semua sosial media
Penggunaan nama yang sama ini berlaku untuk semua sosial media yang Anda punya, agar setiap orang yang ingin mencari informasi tentang Anda di Facebook, YouTube, Twitter, Instagram, atau LinkedIn lebih mudah dalam menemukan akun official produk Anda. Dengan melakukan langkah ini saja, Anda sudah melakukan digital branding untuk produk Anda.
• Memperbaharui profil sosial media secara berkala
Pastikan Anda selalu memperbarui profil di sosmed, apakah itu deskripsi, biografi, maupun foto profil. Dengan melakukan update profil sosial media secara berkala, Anda juga membuat yakin orang lain bahwa akun yang Anda kelola adalah benar-benar brand Anda sendiri dan bukan dikelola oleh pihak lain.
• Posting konten dengan topik menarik
Semakin banyak Anda posting konten di sosial media, semakin banyak pula orang yang akan mengenali bisnis Anda. Usahakan untuk selalu mencari topik yang menarik untuk dibahas dan selalu berbeda setiap harinya.
• Bergabung dalam grup atau komunitas
Bergabung dengan komunitas atau grup yang memiliki visi sama dengan Anda, tentu akan menambah wawasan dan memperluas jaringan Anda. Pastikan Anda sering mengajukan pertanyaan dalam grup tersebut agar orang-orang mengetahui brand Anda. Anda juga dapat menyisipi untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Sehingga, anggota group tersebut dapat mengenal produk Anda.
Maksimalkan sosial media untuk digital branding. Dengan begitu, Anda dapat menjangkau konsumen loyal Anda dari berbagai daerah.

4. Website
Website adalah tempat digital yang berfungsi sebagai etalase. Ketika pelanggan ingin mengetahui lebih banyak tentang sebuah produk atau jasa seperti informasi umum, jam kerja pelayanan, profile owner, dan sebagainya, mereka akan mencarinya di internet. Mereka akan mengetik nama brand Anda di Google, dan berharap menemukan website Anda di mesin pencari. Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika akan membuat website untuk bisnis:
• Nama domain
Jika ingin bisnis Anda terlihat profesional di mata pelanggan, gunakanlah nama domain yang tepat. Beberapa domain yang bisa Anda pilih untuk melengkapi nama brand Anda yaitu: .co.id, .com, .net, .org, .net. Atau, Anda bisa juga mencoba domain unik sebagai alternatif nama domain bisnis Anda.
• Hosting
Hosting adalah layanan untuk menyimpan semua data, file, gambar pada sebuah website. Pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
• Desain web
Website yang efektif adalah website yang sederhana namun informatif dan mudah diakes. Pada artikel sebelumnya, telah kami bahas 5 elemen penting pada desain website.
• Struktur
Situs web Anda juga harus memiliki struktur yang mudah dijelajahi. Artinya, manusia dan mesin pencari dapat menavigasi semua informasi yang disajikan di situs web dengan mudah.
• Aman dan nyaman
Website Anda harus aman dari peretas agar pengguna bisa merasa nyaman saat berkunjung. Pastikan untuk memberikan keamanan ekstra dengan memasang SSL di website, agar data dan informasi di website Anda aman selalu.
Saatnya membangun digital branding Anda dengan website profesional.

5. SEO
Search Engine Optimization memastikan brand Anda dan apa yang ditawarkan menjadi mudah ditemukan oleh mesin pencari. Optimasi SEO ini adalah langkah pemeliharaan lanjutan setelah Anda memiliki website. Pada artikel sebelumnya, telah kami bahas 5 keyword tools gratis terbaik yang bisa Anda gunakan untuk referensi dalam optimasi SEO. Dan berikut ini adalah 5 indikator utama yang harus Anda perhatikan untuk optimasi SEO:
• Topik konten
Untuk membangun struktur website yang baik, Anda perlu memiliki beberapa konten dengan topik yang saling berhubungan yakni masih dalam satu pokok bahasan.
• Struktur Konten
Gunakan struktur yang rapi dan jelas, kalimat yang singkat, dan gunakan heading maupun subheading. Hal ini akan menambah skor SEO Anda.
• Meta tags
Meta tags adalah gabungan dari title tag dan meta description. Fungsi meta tag yaitu membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di website Anda. Title tag atau judul artikel yang muncul di hasil pencarian tidak boleh terlalu panjang. Sedangkan untuk meta description atau deskripsi konten, panjangnya maksimal 130 karakter saja.
• Backlink
Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Semakin banyak backlink di website Anda, maka semakin kredibel website Anda menurut Google. Namun, tentu backlink tersebut harus berasal dari website atau blog yang berkualitas.
• Kecepatan website
Mulai 2018, Google menetapkan bahwa kecepatan loading website adalah salah satu indikator utama SEO. Itu artinya, semakin cepat loading website Anda, semakin besar kemungkinan website Anda muncul di peringkat atas hasil pencarian Google. Hal ini dikarenakan, pihak Google menilai kalau website Anda akan mudah diakses oleh pengguna.
Ketika brand Anda mudah ditemukan di mesin pencari dengan SEO, maka peluang Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas semakin terbuka lebar.

Sekarang sudah jelas kan apa itu digital branding dan apa saja strateginya yang paling ampuh? Itu artinya, sudah saatnya Anda praktik! Bagi Anda yang ingin mendesain sebuah logo , membuat sebuah website, dan juga optimasi SEO, CAN Creative dapat menjadi partner bisnis Anda. Diskusikan dengan kami konsep seperti apa yang Anda inginkan melalui instagram @cancreative, facebook CAN Creative atau kunjungi di website can.co.id. Selalu terhubung dengan CAN Creative dan Selamat mempraktikkan digital branding !
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Diubah oleh cancreative2017


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di