CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Apa Kabar Pengembangan Kendaraan Listrik? Pemerintah: Terus Jalan Koq...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee83fc5c8208460db6998c3/apa-kabar-pengembangan-kendaraan-listrik-pemerintah-terus-jalan-koq

Apa Kabar Pengembangan Kendaraan Listrik? Pemerintah: Terus Jalan Koq...

Apa Kabar Pengembangan Kendaraan Listrik? Pemerintah: Terus Jalan Koq...

Pemerintah mengaku pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai terus berjalan. Progresnya?

"Pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai di dalam negeri terus berlangsung termasuk pemberian insentif PPnBM," kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi Ridwan Djamaluddin dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin (15/6).

Ridwan menuturkan sejak awal pemerintah sudah memutuskan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik termasuk membangun industri kendaraan listrik beserta infrastruktur pendukungnya di Indonesia.

Salah satu yang difasilitasi yakni insentif yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019, yang merupakan perubahan atas PP Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai PPnBM.

'Sebelum kendaraan listrik nasional bisa dibangun di dalam negeri, kita mendorong agar dapat dimudahkan mendatangkan kendaraan listrik dari luar (impor) dalam jumlah dan periode waktu tertentu. Itu yang kemudian kita kawal agar dapat dilakukan sesuai rencana," imbuhnya.

Pemerintah juga telah menetapkan prioritas pengembangan pada kendaraan bermotor berbasis baterai. Saat ini, pembangunan infrastruktur pendukung seperti tempat pengisian listrik terus dikembangkan.

"Beberapa perusahaan sudah mulai dan sudah pula berkonsorsium seperti Pertamina dan PLN. Yang menarik, industri dalam negeri juga sudah memperlihatkan kapasitasnya. BPPT misalnya, sudah membangun stasiun pengisian listrik dan sudah dimanfaatkan," jelasnya.

Ridwan menjelaskan pentingnya Indonesia terus mendorong pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air, yakni untuk menekan impor bahan bakar minyak (BBM), mengurangi polusi, serta memaksimalkan kapasitas terpasang listrik yang ada.

Selain itu, Indonesia juga punya kelebihan ketersediaan bahan baku baterai listrik. Pasar besar Indonesia untuk sektor otomotif pun diharapkan bisa dinikmati industri dalam negeri dengan pengembangan kendaraan listrik tersebut.

Ridwan menambahkan, komunikasi dengan para investor di bidang tersebut juga terus dibangun, di antaranya dengan investor asal Korea Selatan, Jepang dan China.

"Kita sudah bicara dengan beberapa industri dari Korea, Tiongkok, Jepang juga. Pemain besar itu kita sudah komunikasi," tutupnya, dikutip Antara.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
harga mobil listrik mehong mehong cynnn 1/2M ke atas emoticon-Matabelo

kecuali yang isinya 2 orang aja yang murah
Lihat 1 balasan
Siapin pengolahan limbah baterai emoticon-Hansip biar gak mencemari lingkungan.
Quote:


Para pemulung udah lebih dari siap tuh breemoticon-Leh Uga
profile-picture
gaygene memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ketua pramuka pun berteriak "jalan di tempaaattt, graakkk!"
Beda jauh ama tetangga yg ngasi keringanan pajak kendaraan, parkir gratis, pengisian listrik gratis (dibbrp titik pengisian umum, dijatah perbulan), charging dock sekalian parkir eksklusif dimana2 n gratis, diskon utk jalur ERP, upgrade daya listrik rumah gratis + biaya konsultan listrik gratis (pre upgrade), dan banyak eksklusifitas lain yg bikin orang yakin utk pindah ke EV.
Disini mah masi setengah hati, setengah juga ga ada, seperempat hati dah.
Lihat 2 balasan
ndak bakal bisa selama pertamina dikuasai mbokee,,,,banyak klompok elit dan kepentingan
kampus gw dulu masuk 5 ptn yg dikasih wewenang buat penelitian mobil listrik (molina). Tahun 2012/2013 kalo gk salah. Nyatanya sampe sekarang malah hilang.

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
terus jalan, yang penting arah dan tujuan jelas
jalan terus dalam artian di cuekin. dianggap ga penting.kontribusi buat kantong pejabat ga ada.otomatis mandek.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Nunggu harga baterai nya udah bersahabat sama bisa gonta ganti baterai seenak jidat baru akan melirik molis emoticon-Blue Guy Smile (S)


























































emoticon-Ngacir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Teknologi bikin baterainya aja msh ga ada
Ketinggalan jauh dgn korea & china
Baterai graphene kayaknya dr sungsam yg bakalan paling cepet keluar
jalan ditempat

emoticon-Leh Uga

nanti mocin yang merangsek masarin disini.

indonesia cocoknya jadi pasar aja.

R&D aja ga jelas
Apakah ini berarti esemka akan melakukan lompatan teknologi menjadi mobil listrik? Sekaligus mengakhiri mode siluman nya? Masih kita nantikan
emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di