CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ketika Drama Korea Jadi Virus Baru Di Tengah Pandemi Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee823d8f4d6951a465f8f81/ketika-drama-korea-jadi-virus-baru-di-tengah-pandemi-covid-19

Ketika Drama Korea Jadi Virus Baru Di Tengah Pandemi Covid-19

Ketika Drama Korea Jadi Virus Baru Di Tengah Pandemi Covid-19

JAKARTA - Isolasi yang dipaksakan akibat kekhawatiran tertular Covid-19, membuat sebagian masyarakat Indonesia mencari aktivitas alternatif untuk mengusir kejenuhan. Salah satunya adalah dengan menonton drama Korea (drakor). Kombinasi aktor tampan dan narasi cerdik menjadi magnet tersendiri, terutama bagi kaum Hawa untuk mengisi waktu luang selama di rumah.

Rochimawati, misalnya. Wanita yang berprofesi sebagai editor media online ternama ini terisolasi di apartemennya selama dua bulan sejak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Untuk mengisi waktu luangnya, Ochi begitu ia biasa disapa ini mengaku menonton drakor berjudul Crash Landing on You hingga berjam-jam. Bahkan, memasak sambil menonton kisah drakor di ponsel pun dilakoninya. Itu jadi kebiasaan yang baru saja dia adopsi.

Ochi mengaku kecanduan Crash Landing on You dan menonton semua 16 episode, masing-masing berlangsung satu jam, dalam empat hari. Drama tersebut menceritakan kisah seorang pewaris Korea Selatan yang secara tidak sengaja menabrak paraglider-nya di perbatasan ke Korea Utara dan jatuh cinta pada penculiknya.

Karena keasyikan menonton, dia sempat mengalami masalah pada lehernya dan terpaksa di bawa ke rumah sakit. "Dua minggu lalu, leher saya sakit, dan saya pergi ke rumah sakit dan mendapatkan obat penghilang rasa sakit. Kata dokter dikarena saya terlalu banyak menonton televisi di ponsel dalam posisi menyamping saat tidur," ujar Ochi seperti dilansir scmp.com.

Selain Ochi, pengusaha fashion Arrie Adi Nugraha, juga kecanduan drakor. Selama beraktivitas di rumah, dia mengalihkan tontonannya ke streaming K-drama. "Pada awalnya, saya hanya menonton film AS atau Eropa di Netflix. Tapi melihat istri saya menonton drakor seperti The World of the Married, saya akhirnya menjadi tertarik karena itu ternyata menjadi cerita yang menyenangkan. Pertama saya penasaran, sekarang saya kecanduan," akunya.

The World of the Married mengisahkan tentang perselingkuhan dan hubungan cinta terlarang. Drama ini telah menjadi viral dan banyak dibicarakan di Indonesia, negara mayoritas Muslim yang konservatif.

Kisah The World of the Married ditanggapi juga oleh psikolog klinis Rena Latifa. Dia mengatakan drama ini mengeksplorasi pertanyaan menarik tentang kesetaraan gender dalam hal keuangan, karena salah satu tokoh utama dalam cerita ini adalah seorang wanita yang memiliki karier yang lebih sukses dari suaminya.

“Alur ceritanya sangat dekat dengan masalah kehidupan nyata. Orang-orang bosan berada di rumah dan mereka membutuhkan hiburan, yang menyebabkan drama ini dibahas di media sosial dan ceritanya menjadi viral,” kata wanita yang juga berprofesi sebagai dosen di UIN Syarif Hidayatullah ini.

Selain itu, kisah The World of the Married merupakan cerminan dari kesulitan yang melanda pernikahan di banyak negara, termasuk di Indonesia. “Di sini, jumlah perceraian yang dihasilkan dari keterlibatan orang ketiga terus meningkat dengan masalah yang ada di semua lapisan masyarakat,” tambahnya.

Kisah drama tersebut benar-benar membius penonton di Tanah Air. Saking menghayatinya, aktris Korea Selatan Han So-hee, yang memerankan nyonya di The World of the Married, menjadi sasaran banyak nitizen Indonesia. Foto Han yang baru-baru ini dia posting di akun Instagram-nya menarik lebih dari 86.000 komentar. Sebagian besar nitizen asal Indonesia yang mengisi kolom komentar dengan melampiaskan rasa kekesalan atau marahnya.

Misalnya pengguna akun @faniaorora berkomentar, "Jangan menjadi orang jahat, ingat bahwa karma itu nyata," tulisnya. Sementara @batuaji.npo menulis, "Sialan kau pelakor".

Menurut Latifa, membanjirnya komentar negatif dan positif tentang drama Korea di media sosial adalah cara ‘merusak orang’ dengan mengidentifikasi satu sama lain. Sementara yang lain, kata Latifa, secara naluriah berusaha melindungi target atau aktor. "Dalam istilah psikologi itu disebut 'teori identitas kolektif'," jelasnya.

“Banyak orang Indonesia yang mempertimbangkan argumen, khususnya dalam kasus The World of the Married, mungkin melakukannya karena pasangan mereka berselingkuh. Secara digital mereka mengecam karakter yang dilihat sebagai alasan kekesalannya. Han So-hee menjadi target, meskipun dia hanya bertindak sebagai karakter nyonya," tutup Latifa.

Wow...ternyata kisah drakor telah membuat candu masyarakat Indonesia. Bahkan, mereka telah terbius oleh karakter yang diperankan para aktris Korea Selatan tersebut. Sehingga sulit membedakan antara kisah fiksi atau nyata. Apakah kamu termasuk di dalamnya?

https://mancode.id/berita/ketika-dra...demi-covid-19/

Orang Indonesia tergila gila dengan Korea, orang korea tergila gila dengan amerika..

bagi mayoritas orang korea, kalau engga kuliah di Amerika itu ga keren..
Bagi orang korea, kalau belum liburan ke New York itu ga keren..

bagi orang korea, amerika itu luar negeri yg keren..
makanya orang korsel itu sangat welcome sama bule, khususnya orang amerika..

di korsel ada Pangkalan militer amerika yg sangat besar, megah, dan ikonik, namanya Camp Humpreys..

ini videonya gan, dibawakan langsung oleh orang korea asli, tonton ya sebentar aja kok cuma 18 menit gan..



profile-picture
profile-picture
nona212 dan soljin7 memberi reputasi
Di banyak kesempatan, orang orang korea selatan selalu membanggakan Amerika..
budaya barat benar2 udah merasuk bagi mayoritas orang korea, makanya mereka banyak yg sopan dan terdidik.
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
Haram! emoticon-Mad

Kalau ini terjadi barulah halal.

Ketika Drama Korea Jadi Virus Baru Di Tengah Pandemi Covid-19

emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Jepang juga sama, anak anak muda mereka banyak yg kebarat baratan..

kalo china sebagian, di kota kota besar seperti Guangzhou, Beijing, Shandong, Shanghai, anak anak muda disana juga udah mulai kebarat baratan..mereka udah bisa bahasa inggris, nongkrong di Mcd, starbucks, dan subway.

seneng aja sih liat orang orang asia, tapi berwawasan luas menjadi kebarat baratan..

soalnya peradaban barat itu simbol keagungan, kesempurnaan, etika, dan kemegahan
Lihat 2 balasan
Gue kira cuma cewek yg demen drakor, laki juga ya emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Org korea masih byk rasis dg org asia tenggara terutama filipina,bangladesh,indonesia sm org kulit hitam
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Diubah oleh pisercool
Lihat 3 balasan
Langsung gue ganti channel klo ada yg berbau2 drakor,mending nonton sponge bob
profile-picture
profile-picture
radeneca dan nasgorbabi memberi reputasi
Kurang suka drakor tapi masih mendingan sih dibanding sinetron alay nggak jelas
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ketika Drama Korea Jadi Virus Baru Di Tengah Pandemi Covid-19Ketika Drama Korea Jadi Virus Baru Di Tengah Pandemi Covid-19Ketika Drama Korea Jadi Virus Baru Di Tengah Pandemi Covid-19
Ketika Drama Korea Jadi Virus Baru Di Tengah Pandemi Covid-19
Diubah oleh mamadthepunk
Lihat 2 balasan
Film the World of the Married gw nonton tempo hari sampe habis streaming di youtube... Gw penasaran nonton waktu weekend pas lagi viral viralnya...

Itu suami laknat banget rekening atas nama bini nya yg dokter di pindahin semua atas nama dia...

😰😰😰

Yg seru part yg cewek yg pacarnya psycho yg nolongin si dokter buat spy suami laknat nya...

Katanya itu film dari true story dokter korea...
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan nasgorbabi memberi reputasi
Diubah oleh .noiss.
Lihat 9 balasan
Tiap kali liat ukhti korea yang cantik2, hal pertama yang selalu ane pikirin adalah "aslinya gimana ya?" emoticon-Hammer




















































emoticon-linux2
Lihat 3 balasan
biasa aja sih sebenernya
Quote:


ha? org korea sopan?emoticon-Ngakak

Quote:


shanghai dari dulu org org nya mayoritas bisa bahasa inggrisemoticon-Ngakak

dari dulu pelabuhan internasional dan pernah menjadi kota termaju di asia sebelum perang dunia kedua, dijuluki"the pearl of orient" oleh barat sana.setelah perang dunia kedua masih jadi kota termahal di cina saat itu dan tumpuan sumber keuangan cina ,reputasinya di asia kemudian agak memudar dikalahin hongkong
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 5 balasan
gua lebih suka film2nya si apalagi yg genre gangster dan thriller.. masi heran darimana si sutradara2 korea itu bisa punya ide se brilliant itu sama film2nya.. malah seperti jepang, china dan taiwan filmnya jelek2.. kejauhan klo sama korea..
blum nonton WoTM
yg ane heran kapan vagabond lanjut
gantung anjiremoticon-Leh Uga
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di