CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Agresivitas China Buat Eskalasi LCS Dekat Natuna Panas Lagi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee81795eaab25013d3baff3/agresivitas-china-buat-eskalasi-lcs-dekat-natuna-panas-lagi

Agresivitas China Buat Eskalasi LCS Dekat Natuna Panas Lagi

Jakarta, CNN Indonesia -- Sengketa wilayah di perairan Laut China Selatan antara Indonesia dengan China tak kunjung selesai. Berulang kali memanas karena China tidak mau mengakui teritorial yang diatur dalam Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCLOS) tahun 1982.

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia bahkan menyebut manuver China di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia malah cenderung makin provokatif. Padahal, Permanent Court of Arbitration atau Mahkamah Arbitrase sendiri telah memutus perihal sengketa teritorial di Laut China Selatan.

Pada 2016 lalu Mahkamah Arbitrase Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan China tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim wilayah perairan di Laut China Selatan. Namun pemerintah China hingga saat ini tidak menerima putusan tersebut.


Mereka bersikukuh Laut China Selatan adalah teritorial mereka berdasar pada sejarah nenek moyang yang mereka klaim pernah mengusai wilayah tersebut. Menyikapi sikap China tersebut Indonesia kata Aan mendukung sepenuhnya keputusan Mahkamah Arbitrase yang keluar pada 2016 lalu.

"Sikap Indonesia ini menunjukkan keseriusan Indonesia terhadap meningkatnya eskalasi di Laut China Selatan belakangan ini yang dipicu dengan sikap asertif China dalam bentuk implementasi kegiatan-kegiatan yang cenderung provokatif," kata Aan melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Rabu (10/6) lalu.


Sebenarnya bukan kali pertama sengketa wilayah terjadi di Laut China Selatan. Kapal-kapal milik China dengan percaya diri berlayar di wilayah yang mestinya masuk ke dalam ZEE Indonesia.



Klaim kepemilikan Laut China Selatan ini tak hanya berkutat antara Indonesia dengan China saja. Konflik dan perebutan wilayah bahkan melibatkan sejumlah negara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Taiwan, hingga Brunei.


Sengketa di wilayah perairan ini terbilang kompleks lantaran ada klaim tumpang tindih antara satu negara dengan negara lain. China mengklaim Laut China Selatan sebagai wilayah tangkapan tradisional mereka dengan menggunakan klaim nine dash line atau sembilan garis putus.


Meski begitu, Aan sendiri mengatakan konflik perebutan yurisdiksi keluatan di Laut China Selatan sebenarnya tak bisa diimbangi oleh Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain yang juga berkonflik di sana.



Kata Aan, penegak hukum laut baik dari TNI, Bakamla, maupun KKP kalah unggul bukan hanya dengan China tetapi bahkan dengan Vietnam. Indonesia tak selalu berada di perairan Natuna mengawal kapal ikan milik Indonesia.


"Kemampuan hadir 24/7 [setiap saat] ini belum mampu diimbangi oleh aparat penegak hukum Indonesia baik oleh TNI AL, KKP dan Bakamla yang memiliki kewenangan berdasarkan wilayah yurisdiksi nasional di ZEEI," kata Aan.


"Ini tentu berdampak pada turunnya daya gentar penegakan hukum di Laut Natuna Utara sehingga berpotensi meningkatkan IUU Fishing oleh kapal-kapal ikan asing Vietnam dan bahkan kapal ikan China," kata dia.



Diperlukan strategi dan insentif untuk mendorong eksploitasi dan kehadiran kapal ikan Indonesia di Laut Natuna Utara. Tentu agar tidak dieksploitasi oleh nelayan asing.

"Juga perlu strategi serta tata kelola dan kolaborasi untuk mendorong peningkatan kehadiran simbol dua negara berupa aparat penegak hukum di laut Natuna Utara," kata dia. (tst/bmw/gil)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...na-panas-lagi



Tenang aja pak, china hanya mau berdagang, kata BuzzerPKC penghianat bangsa...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 5 lainnya memberi reputasi
kalo mainland nyaplok Natuna paling buzzer PKC 50 Cent Army cabang BPLN pada ngibarin bendera mainland sambil nyanyi lagi kebangsaan cingcongland menyambut kedatangan majikannya emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)emoticon-Najis (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan 5 lainnya memberi reputasi
kalo ada thread kayak gini klonengan-klonengan 50 cent Army pemuja PKC mendadak hilang, takut ya dicap penghianat bangsa emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan soljin7 memberi reputasi
Diubah oleh hellriserz
Gorengan murahan media barat

Kalau senggolan ZEE mah Malaysia & Vietnam lebih sering

ZEE bukan kedaulatan suatu negara


Dikatakannya, untuk meredakan ketegangan terkait isu Natuna Utara, Pemerintah China selalu menegaskan bahwa China tidak memiliki sengketa dengan Indonesia berkaitan dengan kedaulatan Indonesia.

"Memang pernyataan pemerintah China tidak salah. Indonesia dan China benar tidak mempunyai sengketa kedaulatan (sovereignty). Sembilan Garis Putus tidak menjorok hingga laut teritorial Indonesia," terang Hikmahanto.

Namun bila berbicara di wilayah hak berdaulat yaitu sovereign rights (bukan sovereignty) baik di ZEEI maupun Landas Kontinen Natuna Utara maka nine dash line memasuiki dua wilayah tersebut.

"Perlu dipahami dalam hukum laut internasional dibedakan antara sovereignty dengan sovereign rights. Sovereignty merujuk pada konsep kedaulatan yang di laut disebut laut teritorial (territorial sea)," ungkapnya.

Sementara sovereign rights, kata Hikmahanto, bukanlah kedaulatan. Sovereign rights memberikan negara pantai untuk mengeksploitasi dan mengelola sumber daya alam di wilayah laut lepas tertentu (zona ekonomi ekslusif) atau yang berada di bawah dasar laut (landas kontinen).

https://bali.tribunnews.com/amp/2020...sh-line?page=4
profile-picture
soljin7 memberi reputasi

Jokowi: Kapal Asing di Natuna Masuk ZEE, Bukan Teritorial Indonesia

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Jokowi hadir di Natuna saat ramai pembicaraan kapal coast guard China masuk ke perairan Natuna.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memastikan, kondisi terkini Pulau Natuna. Dia juga menanyakan soal kapal China yang masuk ke perairan Natuna kepada Panglima TNI.

Dari hasil pemeriksaan, Jokowi mendapati fakta bahwa kapal China tidak masuk dalam teritorial kedaulatan RI. Mereka masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) RI.

"Saya tanyakan ke Panglima ada kapal yang masuk ke wilayah teritorial, katanya enggak ada. Yang ada yang masuk ke ZEE. Itu lewat semua kapal bisa. Tapi hati-hati kalau dia nyuri ikan baru itu diusir atau ditangkap. Tapi tidak masuk dalam teritorial Indonesia. Tolong dibedakan," kata Jokowi di Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (7/1).

Jokowi meminta, masyarakat harus lebih jernih melihat peristiwa ini. Dia menegaskan, tak ada tawar menawar bila ada kapal asing yang masuk ke wilayah kedaulatan Indonesia.

"Namannya kedaulatan tidak ada tawar menawar untuk kedaulatan. Tapi kita harus tahu apakah kapal negara asing ini masuk ke wilayah teritorial kita apa enggak. Enggak ada yang masuk ke teritorial kita," tutur Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta warga memperhatikan betul perbedaan antara wilayah teritorial dengan Zona Ekonomi Eksklusif.
"Kalau ini campur aduk ini kita bingung. Kedaulatan tidak bisa dan tidak ada yang namannya tawar menawar," ucap dia.

https://kumparan.com/kumparannews/jo...bLtw7lAyb/full
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
BuzzerPKC mulai Propaganda Disinformasi...

China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS

https://www.cnnindonesia.com/interna...siasi-soal-lcs

Indonesia tidak pernah menempatkan diri sebagai negara yang turut bersengketa dalam perebutan wilayah di Laut China Selatan. Namun, belakangan aktivitas Beijing di dekat perairan Natuna kian mengkhawatirkan Jakarta.
Sekitar Desember 2019 hingga awal Januari lalu, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI memergoki puluhan kapal ikan China yang dikawal dengan kapal penjaga pantai dan kapal fregat pemerintah Tiongkok menerobos masuk wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna. Selain menerobos, kapal-kapal China itu juga turut mengambil ikan di wilayah ZEE Indonesia. (


MALING WOIIIII
emoticon-Blue Guy Bata (L)





https://www.cnnindonesia.com/interna...mbang-sengketa

Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) yang disepakati pada 1982 dan mulai berlaku pada 1994 menetapkan kerangka hukum untuk menyeimbangkan kepentingan ekonomi dan keamanan negara-negara pantai dengan kepentingan negara-negara pelaut.

UNCLOS menetapkan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yaitu 200 mil wilayah laut yang memperluas hak eksploitasi tunggal kepada negara-negara pesisir atas sumber daya laut. Namun, ZEE tidak pernah dimaksudkan berfungsi sebagai zona keamanan, dan UNCLOS juga menjamin hak lintas yang luas bagi kapal laut dan pesawat militer.

China mempertahankan argumen soal kedaulatan Laut China Selatan dengan sandaran hukum internasional. Militer asing tidak diperbolehkan melakukan kegiatan intelijen seperti penerbangan intai di ZEE.

================================================================

“Inti dari posisi Indonesia, kita tidak akan mengakui klaim 9 dash line (sembilan garis putus) China karena klaim tersebut ilegal dan fiktif karena tidak berdasar pada hukum internasional yang berlaku,” tegas Retno dalam webinar yang diselenggarakan Bidang Media dan Penggalangan Opini Partai Golkar, Jumat (12/6/2020).



china ratu HALU.....
emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka





Diubah oleh suryahendro
Lihat 9 balasan
Quote:


Nanti si arie tampubolon pasti kena bacot pasukan mengleng,ini ras melayu dari medan ngapain sok2an jadi chinese mainland,dasar orang ahyan !! emoticon-Ngakak emoticon-Najis
profile-picture
reita96 memberi reputasi
Diubah oleh TheTrueMayhem
Jawaban dah jelas masih ngalor-ngidul nggak jelas...emoticon-Big Grin
Perkuat TNI dengan memiliki bomber, destroyer, dan SAM jarak jauh..emoticon-Big Grin
Kalo maling ikan masih diurusi oleh AL ya omdo....emoticon-Ngakak (S)
tumben ga ada yg ngomen CNN corong demokrat emoticon-Big Grin
submarinenya ga dikeluarin nih?
menhan kemana emoticon-Traveller

Heuheuheuheu ... kesian si babu bule tolol @suryahendro harus dengan tololnya terus maksa bhw China, Melayu dan Afrika = BULE...demi gengsi ... padahal semakin mempertontonkan kebodohan yg haqiqie. emoticon-Ngakak (S)

Hueheuheuheuheu .... kebodohan yg sangat terperikan yg dengan tidak tahu malu nya di pamerkan di depan khayalak ramai. emoticon-Ngakak (S)

Barbuk:
Agresivitas China Buat Eskalasi LCS Dekat Natuna Panas Lagi

Terima kasih atas kesukarelaan anda memamerkan kebodohan di depan khayalak ramai emoticon-Wowcantik

emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga
@anis.sandi1
BuzzerPKC gak punya MORAL....Sdh ada barbuk masih ngeles kayak bajaj...
emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka

BARBUk sudah atas persetujuan
@anis.sandi1 BuzzerPKC Yg tertolol sekaskus raya...

Quote:


FAKTA SEJARAH KASKUS:
BUzzerPKC @anis.sandi1 MENGAKUI CHINA = BULE...

BULE PAOk = CHINA PAOK.
Sekarang resmi dimasukan ke kamus BuzzerPKC.

emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

BULE memang KATA SLANK...
BACA SUMBER WIKIPEDIA: Bule memang berasal dari kata SLANG.
Bule (dibaca bu-lé) adalah kata slang yang umumnya digunakan di Indonesia

-MANA ADA PENGGUNAAN secara RESMI di indonesia yg MENGGUNAKAN kata BULE...........TOLOL !!!!
Krn BULE kata SLANG, bukan KATA RESMI INDONESIA.

Presiden Indonesia bertemu BULE-BULE di istana negara......MANA ADA TOLOL !!!!!
-Tamu2 BULE yg terhormat dipersilahkan BERDIRI !!!!!....MANA ADA TOLOL !!!!!
emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

-BULE = BAHKAN Sebagian org BULE MARAH dikatakan BULE krn dianggap RASIS. makanya dipakai sebatas Kata SLANK.

Quote:

Ini adalah PERNYATAAN TOLOL krn TERBUKTI BULE = kata SLANK.


Terbukti perkataan gue:
@anis.sandi1 buzzerPKC tertolol sekaskus raya .
emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga
Agresivitas China Buat Eskalasi LCS Dekat Natuna Panas Lagi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di