CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bos Pertamina: Harga BBM Bisa Saja Turun, Tapi Kita Balik ke Zaman Dulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee809a12525c32d054f047e/bos-pertamina-harga-bbm-bisa-saja-turun-tapi-kita-balik-ke-zaman-dulu

Bos Pertamina: Harga BBM Bisa Saja Turun, Tapi Kita Balik ke Zaman Dulu

Bos Pertamina: Harga BBM Bisa Saja Turun, Tapi Kita Balik ke Zaman Dulu

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pihak mempertanyakan langkah PT Pertamina (Persero) yang tidak juga menurunkan harga BBM, meski harga minyak dunia sempat anjlok, bahkan berada di zona negatif.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, harga BBM bisa saja diturunkan dengan memilih biaya produksi yang lebih rendah, yakni meningkatkan impor minyak murah dan memangkas produksi, atau bahkan menutup sektor hulu migas.

"Tapi kemudian kalau hulu migas ditutup kilang-kilang ditutup kita akan kembali lagi ke zaman dulu, tergantung dengan impor," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Senin (15/6/2020).

Dengan ditutupnya kilang, maka tujuan pemerintah untuk menciptakan kemandirian energi tidak akan terealisasi.

"Bayangkan kalau kita hanya mengandalkan impor yang katanya di luar negeri itu murah. Oke kita andalkan impor, enggak usah kita memproduksi sendiri. Kalau ternyata negara tersebut terjadi lockdown enggak bisa mengirimkan BBM-nya?," tutur Nicke.

Lebih lanjut, Nicke mengakui, harga minyak produksi dalam negeri sempat jauh lebih mahal ketimbang impor.

Namun sebut dia, perlu ada perhitungan panjang untuk memutuskan meningkatkan impor demi menciptakan harga BBM yang lebih murah.

"Waktu itu ketika harga minyak naik 3 bulan kita menunggu untuk menaikkan harga, tidak serta merta," ujarnya.

Oleh karenanya, Nicke menekankan, masyarakat tidak dapat membandingkan secara langsung pergerakan harga BBM nasional dengan tetangga.

"Kecuali kalau kita memang ini trader ya trading company. Trading company mudah sih beli jual beli jual. Tapi apa kabarnya dengan ketahanan dan kemandirian energi," ucapnya.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyukyunana dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
bisa tidak ?
menaikkan nilai uang kertas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juruketik69 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Alah palingan juga buat nambal kerugian sana sini, jadi ga mau nurunin..ane tau kok tabiat pedagang yg lagi rugi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aceng.fani dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Aparatkaskus
Lihat 6 balasan
Bos Pertamina: Harga BBM Bisa Saja Turun, Tapi Kita Balik ke Zaman Dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
ga jelas, banyak kali alasannya. kemarin tidak bisa menurunkan karena mengacu harga 2 bulan lalu. Sekarang udah berlalu 2 bulan, harga masih aja tinggi. Disuruh balik ke zaman dulu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh juraganind0
Lihat 5 balasan
nilai tukar usd bisa jadi turun, tapi balik ke zaman dulu, minta doraemonemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Tapi kalo harga dunia naik.. kita naiknya cepet ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
myturtle dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
oooh tidak bisa
pokok nya BUMN selqlu rugi
emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 10 lainnya memberi reputasi
Pemerintah negara laen mampu dan indognesiaL ga mampu. Gitu ajah kok berbelit amat tuh anus ngomong nya


emoticon-Traveller



Ingat ya. Negara yg tidak adil kepada rakyat selalu menunggu waktu mendapatkan balasan dan terror dr rakyat nya di kemudian hari. Itu namanya karma. Di islam pasti kalian ga percaya hukum alam nya. Tp buktikan saja terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bsshhsvebsj dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bajier
Lihat 15 balasan
Ngotot mau produksi sendiri, tapi harga lebih mahal daripada impor....

Padahal logikanya itu kalau produksi sendiri harusnya diusahakan sebisa mungkin lebih murah daripada impor...

Tapi di indonesia ga gitu.... impor lebih murah dan rakyat dipaksa telan harga produski dalam negeri yg lebih mahal demi alasan kemandirian energy....

Top.... bangga jadi orang indo emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
emang yg produksi sendiri udah memenuhi berapa persen kebutuhan???
hahaha ngeles aja lo anjingemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 9 lainnya memberi reputasi
berarti ntr klo naek juga lama gt emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ezha_182 dan 2 lainnya memberi reputasi
Banyak alesan, ayo pada boikot pertamina,

Mari pake shell atau total aja....
profile-picture
profile-picture
hung guan dan entop memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Jaman batu kita g pakai baju, bu? Gpp wes.
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan entop memberi reputasi
bilang aja emang gak mau turun pake alesan aja
lawak bumn ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Muter2 alibinya, intinya aja,
MAU atau KAGAK MAU?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 4 lainnya memberi reputasi
Tuh dengerin ya adek-adek...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
kok yang mengumumkan harga bbm turun dengan yang mengumumkan harga bbm tetap orang nya kok beda
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan entop memberi reputasi
turuninnya tengah malem coba kayak pas naikin wkwkwk emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 4 lainnya memberi reputasi
Ah, kalau nggak buka-bukaan berapa yang dibeli dan berapa yg produksi sendiri + berapa biaya operasional kilang minyak pertamina, ndak percaya. Bukannya pertamina sempat disorot gara2 mengantongi banyak ijin lahan minyak tapi nggak mampu bangun kilang ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harga BBM saat ini masih terjangkau, ngak perlu turun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di