CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nadiem Putuskan Buka Kembali Sekolah di Zona Hijau
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee78e270577a93f9b07993c/nadiem-putuskan-buka-kembali-sekolah-di-zona-hijau

Nadiem Putuskan Buka Kembali Sekolah di Zona Hijau

Nadiem Putuskan Buka Kembali Sekolah di Zona Hijau

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem memutuskan untuk membuka kembali kegiatan belajar dan mengajar secara tatap muka di wilayah yang berstatus zona hijau atau zona aman penyebaran virus corona (Covid-19) pada tahun ajaran baru 2020/2021.

Nadiem merinci jumlah peserta didik di tingkat pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah di zona hijau penyebaran corona hanya berkisar 6 persen dari total peserta didik.

"Untuk saat ini karena hanya 6 persen populasi peserta didik kita di zona hijau, hanya mereka yang kita berikan untuk pemerintah daerah mengambil keputusan untuk melakukan sekolah tatap muka," kata Nadiem dalam konferensi pers melalui sambungan jarak jauh, Senin (15/6).


Lebih lanjut, Nadiem menyatakan ada beberapa syarat sekolah di zona hijau dapat dibuka kembali. Pertama, kata dia, pemerintah daerah di zona hijau harus terlebih dulu menyetujui dan memberikan izin untuk pembukaan sekolah tersebut.

Tak hanya itu, Nadiem menegaskan sekolah-sekolah itu wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk meminimalisasi penyebaran virus corona.

Nadiem Putuskan Buka Kembali Sekolah di Zona Hijau

Syarat terakhir, kata Nadiem, para orang tua siswa harus memberikan izin bagi anaknya untuk pergi ke sekolah.

"Jadi walaupun sekolah tatap muka, apabila orang tua tak nyaman murid boleh [belajar] di rumah. Kita punya banyak level persetujuan anak oleh masuk sekolah," kata Nadiem.

Sebaliknya, Nadiem memutuskan sekolah yang berada di wilayah berstatus zona merah, oranye, dan kuning penyebaran virus corona tetap tak diperbolehkan untuk dibuka.

Ia menegaskan metode pembelajaran di ketiga zona tersebut tetap digelar secara daring (online) di rumah dan tak diperkenankan menggelar kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

"Jadinya zona-zona merah kuning, oranye, merepresentasikan 94 persen dari pada peserta didik di pendidikan dini, dasar dan menegah. Total 94 persen peserta didik kita tidak diperkenankan tatap muka. Jadi masih belajar dari rumah," kata Nadiem.

Tak hanya itu, Nadiem menegaskan tak ada perubahan jadwal tahun ajaran baru 2020/2021. Ia menyatakan kalender Tahun Ajaran 2020/2021 tetap dimulai pada bulan Juli.

"Jadwal itu enggak berubah, tapi metode belajarnya yang digelar baik daring atau tatap muka. Jadi kami tak mengubah kalender pelajaran," kata dia. (rzr/pmg)

sumur

6 persen jgn dipaksain lah dim. Tuh bocil klo smp kena penyakit bjimane. Biar yg tua2 ajh yg kena corona. Bocil mah jangan.
profile-picture
nona212 memberi reputasi
barusan liat di twitter, nadiem mutusin semua univ semester depan tetap pembelajaran daring kecuali praktek, itu untuk semua zonaemoticon-Ngakak

kalo univ aja harus online harusnya sekolah lebih wajib sih, kan banyak bocil2.

Nadiem Putuskan Buka Kembali Sekolah di Zona Hijau
profile-picture
suryahendro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
keputusan yang baik, ada syaratnya juga
Keputusan yg bijak...

Kelamaan didalem rumah, siswa2 bisa makin goblok...
emoticon-Hammer2
Klasikal aja masih banyak yg bar2, gimana yg belajar cuman liwat hape...
anak-anak didik di Indonesia sangat disarankan jadi carrier buat bunuh temen2 , guru, dan keluarganya tentu aja termasuk dirinya sendiri, bantu2 ngurangin mulut buat dibantu pemerintah gitu emoticon-Angkat Beer
profile-picture
PekoponKeropon memberi reputasi
Rumahnya zona merah berangkat ke sekolah yg zona hijau emoticon-Imlek

Mentri cerdas emoticon-Leh Uga
Online in aja lah semua biar g risk
setelah ane membaca artikel diatass memang benar dan sangat setuju dengan apa yang dikatakan menteri pendidikan.dengan situasi dan kondisi yang masih blm stabil sepertii ini hendaknya lebih berhati hati lagii bahkan meliburkan siswa dulu kesekolahan dalam mengikuti pembelajaran tatap muka secara langsung namun digantii pembelajaran daring yang dimana siswa melakukan home scholling..yaitu melalui pembelajaran secara online sampai batas waktu yang ditentukan sampai kondisi benar benar aman,nyamann dan tentram kembali sepertii semula..
Anak anak pengen sekolah biar dapet uang jajan emoticon-Kagets
Diubah oleh ryukaiser
zona hijau... emang zona yang paling aman... zona yang tak bercoronaa...
hanya saja sekian banyak kota di Indonesia.. ane rasa tak ada yang masuk zona hijau gan sin.. adanya zona kuning ...
ya semoga saja semua kota di Indonesia kasusnyaa semakin ke nol.. sehinggga masuk zona hijau...
biar anak-anak bisa sekolah lagi dengan aman dan nyaman.. semoga oh semogaa.. aaamiin..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di