CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Studi Beberkan Pengaruh Corona di Golongan Darah A dan O
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee77a4aa2d195557250f9d2/studi-beberkan-pengaruh-corona-di-golongan-darah-a-dan-o

Studi Beberkan Pengaruh Corona di Golongan Darah A dan O

Studi Beberkan Pengaruh Corona di Golongan Darah A dan O


Jakarta, CNN Indonesia -- Menurut hasil penelitian Studi Asosiasi Genom (Genome-wide Association/GWAS) menunjukkan bahwa pada umumnya lokus pasien positif virus corona Covid-19 mengkodekan golongan darah A dan O serta kluster multi-gen pada kromosom manusia ketiga.

Kromosom manusia sendiri dikelompokkan menjadi tujuh kelompok utama, salah satunya yaitu Kelompok A (kromosom 1-3) yaitu kromosom metasentrik berukuran besar dan mudah dibedakan dengan yang lain karena ukurannya dan letak sentromer (sebuah titik yang ada pada kromosom di mana serat spindle mitosis melekat untuk menarik kromatid sister yang terpisah).

Hasil penelitian itu didasarkan pada sampel yang diambil dari 1.610 pasien Covid-19 yang masih di rawat di rumah sakit dan 2.205 pasien yang dinyatakan sembuh. Para peneliti kemudian mempublikasikan hasilnya di situs The Preprint Server for Health Sciences.


"Studi Asosiasi Genom adalah cara yang sangat baik untuk melihat banyak varian di seluruh genom manusia sekaligus, gen mana yang mungkin terlibat," kata Ahli Virus dari Universitas Cambridge, Charlotte Houldcroft dikutip The Scientist.

Para peneliti juga mengumpulkan genotype dari 775 pasien Covid-19, 950 orang yang sudah sembuh di Spanyol dan 1.255 orang sembuh dari Covid-19 di Italia.

Lalu mereka mengeluarkan dua area genom di mana ada varian tertentu muncul lebih banyak pada pasien yang dirawat di rumah sakit dibanding yang tidak dirawat di rumah sakit atau hanya mengalami gejala ringan dari wilayah geografis yang sama.

Idealnya, analisis GWAS akan menganalisa genom seseorang dengan Covid-19 kemudian membandingkannya dengan seseorang yang tidak mengalami gejala parah.

Para peneliti menemukan bahwa pasien Covid-19 yang bergolongan darah A memiliki risiko tinggi mengalami gagal pernapasan, sementara golongan darah O nampak bersifat protektif.

Lalu peluang bagi mereka dengan golongan darah A dirawat di rumah sakit dengan gejala pernafasan yang parah, hampir 1,5 kali lipat dibanding dengan golongan darah lain.

Sedangkan untuk mereka dengan golongan darah O, kemungkinan dua pertiga bakal dirawat di rumah sakit.

Area genomic lain yang berhasil diidentifikasi peneliti muncul pada kromosom manusia ketiga dan mengandung beberapa gen yang dianggap menarik, salah satunya SLC6A20.

Gen SLC6A20 mengkodekan transporter asam amino yang berinteraksi dengan ACE2, reseptor utama yang digunakan SARS-Cov-2 untuk masuk ke sel manusia. Kendati demikian penelitian ini belum melalui penelitian mendalam untuk memastikan hasilnya dapat menjadi acuan ke depan.


Source https://m.cnnindonesia.com/teknologi...-darah-a-dan-o

profile-picture
nona212 memberi reputasi
nah entar banyak orang buka praktek merubah golongan Darah . A menjadi O
profile-picture
devi.jon memberi reputasi
tetap hati-hati aja. jaga jarak, jaga kebersihan, jaga kesehatan, dan berdoa.
makin bikin pusiang
itu hasil penelitian disono kalo disini gimana ?
bagus
ane o reshus + emoticon-Cool
Ganti aja ke gol darah O
Udah ada penelitiannya dan dimungkinkan
Transplantasi sumsum tulang atau pake enzim tertentu
Diubah oleh xrm
semoga tetap sehat semua💪👍
waduh ane tukang udud (anggap aja + hipertensi nor diabetes) bergolongan A, klo kenak corona = gagal nafas atau auto the end.. dong emoticon-Hammer

asiyap, apa boleh baud apabila kudu mengandalkan "APN01" yg ntah kapan rilis/epektip gaknya mengurangi kerusakan sel paru akibat corona. emoticon-linux2
profile-picture
devi.jon memberi reputasi
virus yg tidak mendukung kesetaraan
Simpel aja sih...

Penelitian cem gini total depend ma sampel yg dipake, kurang obyektip...

Ibarat kata...

Warga ples namdua, praimpudnya nasi...
Kesimpulan: gak kenyang kalo gak makan nasi...

Jadinya cucoklogi, sebab penentuan hasil dah ditetapkan bahkan sebelum riserc dimulai...
emoticon-Leh Uga
Dengan kata lain, cacat riserc...
Diubah oleh olahraga501
yang penting olah raga emoticon-Cool
Gw beresiko tinggi berarti emoticon-Mewek
golongan B ama AB bijimana dong emoticon-Bingung


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di