CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kuasa Hukum Terdakwa Salahkan Penanganan Medis sehingga Mata Novel Rusak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee778d468cc957c1846836c/kuasa-hukum-terdakwa-salahkan-penanganan-medis-sehingga-mata-novel-rusak

Kuasa Hukum Terdakwa Salahkan Penanganan Medis sehingga Mata Novel Rusak

Kuasa Hukum Terdakwa Salahkan Penanganan Medis sehingga Mata Novel Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum dari Rahmat Kadir Mahulette menyebutkan bahwa berdasarkan fakta persidangan, unsur penganiayaan berat terhadap Novel Baswedan tidak terpenuhi.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara itu, kuasa hukum Rahmat menyampaikan bahwa gangguan pengelihatan pada Novel Baswedan terjadi akibat kesalahan penanganan.

"Kerusakan mata korban yang bukan merupakan akibat dari perbuatan penyiraman yang dilakukan oleh terdakwa, melainkan diakibatkan oleh sebab lain yaitu penanganan yang tidak benar atau tidak sesuai," kata kuasa hukum Rahmat Kadir dipantau dari siaran langsung akun YouTube PN Jakarta Utara, Senin (15/6/2020).

"Sebab-sebab lain itu didorong oleh sikap saksi korban sendiri yang menunjukkan tidak kooperatif dan sabar atas tindakan medis yang dilakukan oleh dokter-dokter di rumah sakit," sambung dia.

Mengutip dari keterangan dokter RS Mitra Keluarga yang pernah bersaksi di persidangan, dokter tersebut pernah menguji pandangan Novel dari jarak satu meter sesaat setelah tiba di rumah sakit.

Kala itu, Novel bisa melihat dengan baik tangan dari dokter tersebut.

Lalu tindakan medis yang dilakukan adalah menyiramkan air murni hingga kandungan asam sulfat pada mata Novel larut atau mencapai pH 7,0.

"Namun ternyata saksi korban mengatakan Rumah Sakit Mitra Keluarga tidak bisa dihandalkan untuk mengobati mata sehingga saksi korban meminta untuk rujuk ke Jakarta Eye Center (JEC)," ucap Kuasa Hukum Rahmat Kadir.

Kemudian kuasa hukum mengutip keterangan dari saksi dokter JEC, Novel seharusnya diobservasi selama 10 hari.

Tapi di tengah masa observasi tersebut, Novel meminta untuk dirujuk ke Singapura atas keinginan keluarga.

"Dokter menyayangkan tindakan tersebut dianggap buru-buru. Seharusnya saksi korban bersabar untuk menunggu respon internal untuk mengevaluasi dan memperbaiki luka tersebut," tutur Kuasa Hukum Rahmat Kadir.

Kuasa hukum Rahmat Kadir juga menyampaikan, sebelum dipindahkan ke Singapura, kondisi mata Novel Baswedan sudah berhasil dinetralkan dari asam sulfat.

Namun setelah dibawa ke Singapura justru terjadi komplikasi dan membuat pengelihatan Novel menurun.

Adapun Rahmat Kadir Mahulette dituntut satu tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang yang berlangsung Kamis (11/6/2020) lalu.

Tindak pidana itu sesuai dengan dakwaan subsider yakni Pasal 353 KUHP Ayat 2 jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.

Rahmat merupakan orang yang merupakan orang yang merencanakan dan melakukan penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Rahmat melakukan kejahatan tersebut dikarenakan rasa dendamnya terhadap Novel yang ia anggap telah mengkhianati institusi Polri.

Dalam menjalankan aksinya, Rahmat diboncengi oleh terdakwa lain yakni Ronny Bugis.

Sebelum penyerangan, Rahmat sempat mengamati rumah Novel selama dua hari untuk mencari rute keluar masuk komplek.

sumber
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kuasa Hukum Terdakwa Salahkan Penanganan Medis sehingga Mata Novel Rusak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dibanned.melulu dan 3 lainnya memberi reputasi
"Kerusakan mata korban yang bukan merupakan akibat dari perbuatan penyiraman yang dilakukan oleh terdakwa, melainkan diakibatkan oleh sebab lain yaitu penanganan yang tidak benar atau tidak sesuai," kata kuasa hukum Rahmat Kadir dipantau dari siaran langsung akun YouTube PN Jakarta Utara, Senin (15/6/2020).


anjay lah cuk... pengacara koq mau" jual diri buat bela yang slh. wasu tenan.
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan fauzan432176 memberi reputasi
Namanya juga pengacara. emoticon-Traveller
profile-picture
Sleipnir9 memberi reputasi
Kuasa Hukum Terdakwa Salahkan Penanganan Medis sehingga Mata Novel Rusak
Tim medis : kami nggak sengaja emoticon-Leh Uga
Kuasa Hukum Terdakwa Salahkan Penanganan Medis sehingga Mata Novel Rusak
profile-picture
fachri15 memberi reputasi
Dagelan

Gini Nasib orang jujur di indon
profile-picture
fauzan432176 memberi reputasi
Korban terbunuh bukan karena terdakwa tapi karena keterbasan alat di rs blabla sehingga nyawa tidak tertolong.

Kira2 kalo ada pembunuhan nanti pembelaan nya begitu
udah gak aneh rejim tipu2, gak nipu gak makan
lucu ya.. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
ngelawak apa yakemoticon-Ngakak
Dagelan amat.......nasib oh nasib....kenapa indonesia begini ......Rezim Nga Sengaja..
beginilah rasanya hidup di negri yg dijajah bangsa sendiri.
lebih brengseknya, banyak yg mbelain para penjajah itu.

ck..ck..ck...

emoticon-Cape d...
profile-picture
tuhanparadewa memberi reputasi
hore .. anggota taliban ngumpul saling curhat emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
westciss dan 2 lainnya memberi reputasi
Pengacaranya pinter ngurut kronologis kejadian...

Ntar tunggu jawabany novel dulu deh, alasan ilmiahny sampe pindah" RS...

Ahhh palingan ntar jawabany nyalahin jokowi lagi...

emoticon-Big Grin
profile-picture
qavir memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kuasa Hukum Terdakwa Salahkan Penanganan Medis sehingga Mata Novel Rusak

Kuasa Hukum Terdakwa Salahkan Penanganan Medis sehingga Mata Novel Rusak

Teguran dari Allah SWT emoticon-Ngacir
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Pokok nya gak bisa cerewet = dituntut = penjara
gw liat belum ada yg berani ngomong kena AZAB...

emoticon-Hammer2
Lihat 1 balasan
Lama2..pengacara ...menyalahkan novel sholat di masjid...di rumah kan bisa..
iya memang tim medis yg sejak awal menyerang Novel ketika matanya masih sehat.....benar begitu kan?
iya in aja udah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di