CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Polemik Tertipu 'Angin Palsu' Nitrogen Kendaraanmu? Baca Ini Biar Tambah Tahu, Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee7657ba2d1951dcc2cbbfc/polemik-tertipu-angin-palsu-nitrogen-kendaraanmu-baca-ini-biar-tambah-tahu-gan

Polemik Tertipu 'Angin Palsu' Nitrogen Kendaraanmu? Baca Ini Biar Tambah Tahu, Gan

Hadirnya jasa isi angin kendaraan jenis Nitrogen menjadi alternatif baru bagi pengendara yang ingin agar usia ban dan faktor kenyamanan berkendara lebih baik.

[ HT# 609 ]

Polemik Tertipu 'Angin Palsu' Nitrogen Kendaraanmu? Baca Ini Biar Tambah Tahu, Gan

Melimpahnya jumlah kendaraan di Indonesia tentu jasa isi angin menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Namun di balik keuntungan menggunakan angin nitrogen kalau kita salah mengisi di tempat yang tidak tepat ujung-ujungnya malah mubazir karena manfaat yang ingin kita tidak kita dapatkan, kok bisa?

Ketidak tahuan masyarakat khususnya pengendara yang ingin mengisi angin bannya yang mungkin karena kempis dengan angin Nitrogen membuat oknum usaha angin nitrogen ini memperoleh keuntungan yang tidak semestinya.

Mengapa demikian, karena hasil dari pengamatan dan beberapa sumber yang saya lakukan ada oknum yang seolah-olah mengisi angin Nitrogen ke konsumennya, padahal yang di isikan hanyalah angin biasa atau kandungan Nitrogennya hanya sekian persen dari tekanan angin ban yang seharusnya di dapat.

Padahal menurut info yang saya dapat mencampur Nitrogen dengan angin biasa bisa membahayakan. Ketika ban berisi Nitrogen lalu di campur angin biasa akibatnya tekanan udara di ban mobil jadi tidak stabil dan suhu di ban justeru akan lebih cepat panas. Itulah mengapa jika di awal pengisian sudah Nitrogen saat menambah 'angin' harus dengan Nitrogen pula.

Nah, mengingat dampak yang merugikan dan membahayakan pengendara ada baiknya kita lebih cermat memilih lokasi pengisian angin Nitrogen ini. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana membedakan usaha pengisian angin Nitrogen yang benar-benar jujur alias tidak bodong menjual angin 'palsu'?

Polemik Tertipu 'Angin Palsu' Nitrogen Kendaraanmu? Baca Ini Biar Tambah Tahu, Gan
otodiy

Cara mengenalinya ternyata cukup mudah karena usaha pengisian angin ini secara fisik bisa kita lihat secara langsung.

Cukup dengan cara:
1. Wajib turun dari kendaraan
2. Mengecek kelayakan usahanya
3. TIDAK ADA/ tetap memiliki mesin pendorong namun yang terintegrasi, bukan mesin KOMPRESSOR yang abal2

Nah, dari ke tiga point di atas hal yang paling harus di perhatikan adalah poin ke tiga, menurut sumber yang saya dapatkan usaha pengisian angin Nitrogen yang jujur adalah mereka yang hanya menyediakan tabung Nitrogen atau tetap dengan mesin kompressor tapi sistemnya terintegrasi (biasanya kompressor memiliki bentuk khusus dan sewarna dengan alat lainnya).

Tetap waspada karena jasa angin 'palsu' ini justeru banyak berada di area tertentu, ciri lainnya ada penjual jasa ini 'menyembunyikan, kompressor agar tidak terlihat langsung konsumennya, dan saat mengisi pelaku harus menyalakan mesin kompressornya secara manual seperti pengisian angin biasa.


Namun ada satu artikel yang cukup menarik perlu saya sampaikan disini bahwa salah satu pengusaha pengisian angin Nitrogen ini memberikan alasan mengapa mesin kompressor tetap di butuhkan. Menurutnya kompressor tetap di butuhkan untuk memberikan dorongan lebih sebesar 3PK dan kemudian mesin generator akan melakukan proses filterisasi dan disaring dengan sistem CMS (Carbon Molecular Sieve) baru kemudian angin Nitrogen dialirkan ke ban. Lebih detailnya bisa baca disini: tkp

Polemik Tertipu 'Angin Palsu' Nitrogen Kendaraanmu? Baca Ini Biar Tambah Tahu, Gan
green-nitrogen

Karena penasaran saya coba menuju ke tkp dan kebetulan ban depan kendaraan saya saat itu lagi butuh tambahan angin Nitrogen. Di suatu kesempatan saya tanyakan ke mas yang jaga; "Memang mengisi Nitrogen tetap harus di bantu mesin kompressor, ya mas?", tanya saya. Kemudian di jawab oleh masnya begini; "Iya, mas sebab kalau nggak di bantu kompressor daya dorongnya kurang.." jawabnya singkat.



Fakta Dilapangan Isi Nitrogen Tanpa Mesin Kompressor



Bagi yang mau hemat quota silahkan cek di durasi 09:08


Hm, secara logika dan nalar fungsi kompressor ini memang untuk mendorong angin ke ban. Namun menurut sumber terpercaya jika mengisi angin Nitrogen sebenarnya tidak perlu ada tambahan kompressor lagi karena angin Nitrogen sendiri sudah memiliki tekanan yang tinggi, otomatis sanggup untuk mengisi angin dengan sendirinya.

Jadi mulai sekarang jika kamu ingin mengisi angin jenis Nitrogen sebaiknya perhatikan dulu apakah jasa tersebut memenuhi ke tiga syarat diatas, salah satunya HANYA melengkapi kompressor 'abal-abal' yang biasa kita temui di pinggir jalan, bukan kompressor yang terintregasi sistemnya.

Jika informasi in bermanfaat silahkan di bagikan ke keluarga dan kenalanmu agar informasi berguna ini tidak berhenti sampai disini.



Sebuah opini
Sumur. medcom, kompas, sidikvanparminchannel
Img.header.
sunsationall

Polemik Tertipu 'Angin Palsu' Nitrogen Kendaraanmu? Baca Ini Biar Tambah Tahu, Gan
Polemik Tertipu 'Angin Palsu' Nitrogen Kendaraanmu? Baca Ini Biar Tambah Tahu, Gan
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyukyunana dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 7
yoyooiii....


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



...


profile-picture
bheroxx memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Lihat 4 balasan
Gan, ane berasa kayak lagi baca buku matematika emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
juruketik69 dan bnoorraini memberi reputasi
Lihat 3 balasan
bermanfaat. ane sering isi nitrogen soalnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hpsnrls dan 2 lainnya memberi reputasi
Nice info nih, kita sering ga merhatiin kalo lagi ngisi ban begini, tau jadi aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hpsnrls dan 2 lainnya memberi reputasi
Cepeda adek pake helium om.
emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valach dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ga pernah isi angin di SPBU, udah berasa curangnya.
profile-picture
hpsnrls memberi reputasi
buat apa ngisi ban pake nitrogen
mubajir emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
DarkenCloud dan hpsnrls memberi reputasi
Lihat 6 balasan
fisika bikin bingungemoticon-Bingung
jadi maksudnya yg di spbu resmi bodong kah karena menggunakan mesin kompresor ?
udara itu mengandung 78% nya Nitrogen gan... emoticon-Malu
jadi kalo dia bilang itu Nitrogen ya bener juga ga salah... emoticon-Ngakak
profile-picture
yuniharto memberi reputasi
Quote:

Skrg harus lebih teliti y gannn...

Quote:

Betuul, teliti dulu...
profile-picture
megatron21 memberi reputasi
Mantaaap nambah wawasan
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mengapa demikian, karena hasil dari pengamatan dan beberapa sumber yang saya lakukan ada oknum yang seolah-olah mengisi angin Nitrogen ke konsumennya, padahal yang di isikan hanyalah angin biasa atau kandungan Nitrogennya hanya sekian persendari tekanan angin ban yang seharusnya di dapat.


Gan.. di udara biasa pun nitrogennya 78% emoticon-Ngakak jadi gak bisa dibilang "hanya" sekian persen wkwkwk
profile-picture
profile-picture
64- dan balnus2019 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ga pernah pake
emoticon-Ngacir

angin biasa aja
Klo yg di pom itu emang ada yg aspal? Sukanya beli yg ada di pom.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan bam09 memberi reputasi
kalo di isikan ke motor gimana ya gan, apa bagus juga
ane ngisi juga gitu,emoticon-Big Grin
Kdang ane membiarkan saja tertipu,
Ane liat yang ngisi tidak membaca informasi ban dan tekanan angin ban,
ane liat angka kompresornya berlebihan,
ya asal ngisi saja emoticon-Hammer (S)
tapi untung ga separah ngisi di t4 tambal ban konvensional, ngukurnya bedasakan pijit ban aja emoticon-Hammer (S)

profile-picture
iskrim memberi reputasi
ini yg kalo dihirup suaranya bakal kaya CHIPMUNK ya? emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
belum ada yg bisa memberikan penjelasan yg memuaskan soal sebaiknya menggunakan nitrogen ini selain marketing,

Quote:


bahwa ada juga yang bilang kalau gas lain ukuran nya lebih kecil sehingga gampang lepas dr ban. maka apa ga sama saja, nanti yang tertinggal tinggal n2 saja?

Apa TS bisa menjelaskan?
Apakah N2 ini perlu atau tidak berdasarkan data bukan testimoni.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan bam09 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nais inpoh gans
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di