CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Jambi /
[COC Reg. Jambi] Nasi Gemuk Yang Tak Bikin Gemuk Instan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee746c1af7e93054f5369cc/coc-reg-jambi-nasi-gemuk-yang-tak-bikin-gemuk-instan

[COC Reg. Jambi] Nasi Gemuk Yang Tak Bikin Gemuk Instan

[COC Reg. Jambi] Nasi Gemuk Yang Tak Bikin Gemuk Instan

Sudah kita ketahui, Indonesia kaya akan makanan khas daerah masing – masing. Di setiap daerah pasti mempunyai kuliner atau makanan khasnya. Dan bahkan sudah tak asing lagi ditelinga kita, kalau nama yang berbeda untuk makanan yang sama. Hal ini juga tak lepas dari salah satu kota di Pulau Sumatra ini, kota yang menjadi ibu kota Provinsi Jambi ini juga memiliki salah satu makanan khasnya, yaitu Nasi Gemuk. Namanya unik ya? emoticon-Big Grin

Kalau sekilas kita lihat dari namanya saja, pasti banyak yang bepikir kalau makanan ini bisa bikin gemuk bagi siapapun yang memakannya. Tapi faktanya, nasi ini hanya bikin kenyang tapi tak bisa membuat kita gemuk dalam satu waktu. Makanan ini ternyata hanya penamaannya saja, sama halnya dengan Nasi Gurih atau Nasi Uduk. Entah siapa yang menciptakan nama untuk makanan ini, tapi memang dari waktu ke waktu khususnya di Daerah Jambi dikenal oleh masyarakatnya dengan nama Nasi Gemuk.

[COC Reg. Jambi] Nasi Gemuk Yang Tak Bikin Gemuk Instan

Nasi Gemuk adalah makanan untuk menu sarapan, sama halnya dengan Nasi Uduk atau kalau orang jawa biasanya kebanyakan memakan Nasi Pecel untuk menu sarapannya. Kalau dilihat dari pembuatannya, sangat mirip dengan Nasi Uduk tapi hal tersebut berbeda dari cara penyajiannya. Kalau nasi uduk biasanya menggunakan emping mlinjo, maka lain halnya dengan Nasi Gemuk yang ada di Jambi yang di sajikan dengan kerupuk. Nasi Gemuk ini ternyata juga sudah lumayan tua loh, populer di kalangan masyarakat Jambi mulai tahun 1970.

[COC Reg. Jambi] Nasi Gemuk Yang Tak Bikin Gemuk Instan

Hal itulah yang menjadikan pembeda antara Nasi Uduk dari jawa dengan Nasi Uduk yang dari jambi atau Nasi Gemuk ini, dan tentu saja dari segi rasa juga sangat berbeda antara keduanya meskipun sebenernya keduanya memakai bumbu dasar yang sama.

Beberapa penjual Nasi Gemuk juga sering menambahkan varian agar makanan ini semakin bervariasi. Ada yang menambahkan kari ayam atau sapi, kacang tanah dan ikan teri goreng pada Nasi Gemuk. Tak ketinggalan juga siraman kuah kari akan menambah kenikmatan bagi mereka yang memakannya.

[COC Reg. Jambi] Nasi Gemuk Yang Tak Bikin Gemuk Instan

Oh iya, mencari Nasi Gemuk ini tidaklah sulit di Jambi, karna selain termasuk kuliner favorit, harganya pun ramah di kantong. GanSis bisa menemukan makanan ini di pasar ataupun di kedai kopi sekalipun. Harganya biasanya mulai dari harga Rp 15.000, murah bukan?

÷÷÷÷÷÷÷÷


Referensi : link
Gambar : link
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 7 lainnya memberi reputasi
Naknan emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
Laruku07 memberi reputasi
Nampak enak betul nasinya wkwk
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan danymarta. memberi reputasi
Wah mntap.lauknya kmplit.tlur,ikan asin dan ada krupuknya.rsanya psti wenak.
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan danymarta. memberi reputasi
iya ya kaya nasi uduk krliatannya
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan danymarta. memberi reputasi
Quote:


Madang cing emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Laruku07 memberi reputasi
Quote:


Selamat makan Gan emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
Laruku07 memberi reputasi
Quote:


Mirip emoticon-Big Grin
profile-picture
Laruku07 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane jadi lapar, om emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan danymarta. memberi reputasi
di jkt nasduk ga pake emping ah
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan danymarta. memberi reputasi
Quote:


Makan om kalo lapar mah emoticon-Big Grin
profile-picture
Laruku07 memberi reputasi
Quote:


di Solo pake emping om emoticon-Big Grin

Tapi ada juga yg gak pake sih
emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan eghy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Krupuk warna kuning yg biasanya di gado2 itu om? emoticon-Bingung (S)
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan eghy memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nasi kurus ada gak?emoticon-Leh Uga
profile-picture
danymarta. memberi reputasi
Quote:


Umak wes kurus, wes ojo madang nasi kurus neh
emoticon-Leh Uga
lauk2 hampir sama kek nasi kuning ya gan..
Quote:


Iya om, mirip.. cuma gak ada telur dadar suir kayanya emoticon-Ngakak (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di