CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee7291268cc953dd32d8739/cara-mendidik-anak-anak-dari-sejak-kecil

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Sebagai orang tua kita pasti menginginkan anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik, baik fisik maupun kejiwaannya, agar ketika dewasa nanti anak-anak kita menjadi seseorang yang baik dan berguna bagi dirinya sendiri, keluarga, dan lingkungannya. Tidak menutup kemungkinan, sebagian besar pasangan muda yang merencanakan membina rumah tangga juga sudah menginginkan semua hal itu.

Untuk mewujudkan semua hal yang kita inginkan itu tentu kita sebagai orang tua harus memperhatikan perkembangan anak-anak kita dan menyertai mereka dengan cara mendidik anak-anak dengan hal yang baik pula sedini mungkin. Dalam mendidik anak-anak sejak dini banyak sekali yang bisa dilakukan sebagai orang tuanya, dan setiap orang tua mempunyai cara masing-masing yang menurutnya baik.

Sebagian cara mendidik anak-anak sejak dini yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut.

Mengenalkan anak-anak dengan Agama

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Perkenalkan anak kita dengan agama, kita bisa mulai dari sering-sering menyampaikan tentang keberadaan Tuhan, mengajaknya beribadah bersama, membekalinya dengan pengetahuan agama agar kelak buah hati kita menjadi manusia yang beriman.

mengajarkan anak-anak tentang kebersihan dan peduli lingkungan

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Ajarkan pada anak kita untuk menjaga kebersihan badan dan lingkungan, agar anak-anak kita sehat dan peduli dengan kebersihan lingkungan. Dengan mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan secara tidak langsung juga mendidik anak agar tidak menjadi seorang pemalas. Salah satunya bisa dengan mengajaknya membersihkan sekeliling rumah.

Meluangkan waktu untuk bercerita

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil
Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Luangkanlah waktu untuk sesekali menceritakan tentang sesuatu yang lebih dulu terjadi sebelum keberadaannya. Kita bisa bercerita tentang dongeng yang sekiranya pantas untuk didengarkan anak-anak dan bisa ia pahami. Seperti Malin kundang, Keong mas, Bawang merah Bawang putih dll. Atau kita bisa juga mengajaknya ketempat-tempat bersejarah. Hal seperti ini akan membangun kedekatan anak dengan orang tuanya, selain menghibur juga bisa membantu anak untuk belajar memahami sesama manusia dan menghargai pengorbanan leluhur dan orang tuanya.

Membuatkan jadwal untuk belajar

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Buatlah jadwal belajar untuk anak kita. Pilihlah waktu yang tepat untuk anak, ajari mereka membaca atau menulis sejak kecil. Agar anak-anak terbiasa dengan belajar, sehingga menjadi rutinitasnya setiap hari. Dengan banyak belajar tentu anak-anak akan mendapat banyak pengetahuan.

Kenalkan mereka dengan berbagai jenis binatang

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Perkenalkan anak-anak pada binatang jinak yang menurut kita tidak berbahaya, seperti kucing, kelinci, burung piaraan dll.
Agar anak-anak bisa belajar menyayangi sesama makhluk hidup.

Tidak mengikuti semua ke inginan anak

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Sebagai orang tua dari mereka kita wajib mencukupi segala kebutuhannya. Akan tetapi hal itu bukan berarti harus menuruti apa yang menjadi kemauan anak-anak. Sesekali tidak menuruti keinginan mereka juga perlu. Dengan begitu kita bisa mengajarkan mereka dari sejak kecil untuk belajar menahan diri, untuk tidak menuruti semua hawa nafsunya. Sehingga kelak mereka akan mengerti bahwa semua tidak selalu seperti apa yang diharapkan, melainkan Tuhanlah yang memberi segala ketentuan.


Mengajak anak-anak berlibur

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil

Sesekali ajaklah anak-anak untuk bersenang-senang. Misalnya mengajak anak-anak pergi ke tempat-tempat rekreasi. Anak-anak kita tentu akan merasa senang sekali. Dengan demikian mereka akan merasa sangat kita sayangi.

***



Demikian beberapa cara mendidik anak-anak. Apa yang saya sampaikan dalam tulisan ini tentu banyak kekurangan, untuk itu mohon ditambahkan kiranya ada yang perlu di tambahkan.


Picture : dok.pri
Opini pribadi
Bgssusanto88
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 10 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Cendol (L)Nah betul sist. jangan sampe anak kita jadi bibit perusak negara
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mendidik anak disiplin di berbagai lini sedari dini memang ada bagusnya, sehingga didikan itulah yang akan melekat dan dilakukan hingga besar nantiemoticon-Smilie
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
komunikasikan dg pasangan gan, biar ga crash maunya ayah beda sama ibu nya emoticon-Big Grin
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kalau melihat di buku KIA usia diatas 2 tahun harus mulai diajarkan berbagai macam peraturan emoticon-Malu (S)
Yang agak repot kalau anak sudah mempunyai kehendak.
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Diubah oleh amikurnia
Lihat 1 balasan
Banyak cara dilakukan untuk itu
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cara Mendidik Anak-anak Dari Sejak Kecil
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bener sihhh emang harus diajari sejak dini supaya nempel sampe besar
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
yup mumpung pandemi gini nih anak2 banyak dirumahnya, jadi kita lebih bisa ngasih mereka arahan dan pengawasan
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:
emoticon-Shakehand2

Quote:
emoticon-2 Jempol
profile-picture
virgobgs memberi reputasi
ane gabisa bayangin gimana nanti kalo udah nikah terus punya anak
emoticon-Bingung
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Betull, tapi kadang tuh kita ga sadar udah ngelewatin batas pas lagi berusaha melakukan hal-hal di atas
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anak kecil masih polosan, waktu yg tepat untuk mengajarkan hal2 baru yg baik
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di