CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
IKM Terdampak Corona Dapat Perhatian Serius dari Pemerintah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee724fbaf7e93283d078b73/ikm-terdampak-corona-dapat-perhatian-serius-dari-pemerintah

IKM Terdampak Corona Dapat Perhatian Serius dari Pemerintah

IKM Terdampak Corona Dapat Perhatian Serius dari Pemerintah

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan perhatian serius terhadap industri kecil menengah (IKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, fokus Kemenperin adalah membangkitkan kembali gairah pelaku IKM agar tetap berpoduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor. Dengan demikian, IKM dapat berperan lagi memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

"Berbagai langkah strategis telah disiapkan agar sektor IKM di dalam negeri bisa menjalankan usahanya dengan baik. Sebab, pelaku IKM merupakan sektor mayoritas dari populasi industri di Tanah Air," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Senin (15/6/2020). (Baca: Kementan Dukung Pemda Atasi Alih Fungsi Lahan)

Baca Juga:

Dia melanjutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi, termasuk dengan dinas perindustrian di daerah dalam upaya mengusulkan inisiatif baru untuk pembinaan IKM yang terimbas Covid-19. "Oleh karena itu, dalam rangka mendukung penanganan Covid-19 yang dibutuhkan oleh pelaku IKM, perlu pelaksanaan program anggaran dekonsentrasi di 34 provinsi Indonesia," ujarnya.

Anggaran dekonsentrasi adalah bujet yang digunakan untuk pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) sektor IKM. Misalnya untuk program penumbuhan, pengembangan dan penyebaran IKM. Dalam hal ini, kata Gati, pemerintah telah menyiapkan anggaran dekonsentrasi untuk pengembangan sektor IKM yang terdampak Covid-19 melalui kegiatan penumbuhan wirausaha industri baru.

"Tahun 2020, pemerintah melakukan refocusing anggaran bagi IKM terdampak Covid-19. Selanjutnya, telah dilaksanakan beberapa kegiatan di daerah yang memberi manfaat bagi IKM, Gugus Tugas Covid-19, serta dukungan untuk fasilitas pelayanan kesehatan," papar Gati.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/700...tah-1592201208

---

Kumpulan Berita Terkait :

- IKM Terdampak Corona Dapat Perhatian Serius dari Pemerintah Kakak Asuh UMKM Percepat Transformasi Digital Pelaku Usaha Kecil

- IKM Terdampak Corona Dapat Perhatian Serius dari Pemerintah Wali Kota Apresiasi RS Meuraxa Banda Aceh Lakukan Swab Massal Petugas Medis

- IKM Terdampak Corona Dapat Perhatian Serius dari Pemerintah Tipis, Kenaikan Upah Buruh Tani pada Mei 2020

profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di