CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Nasi Ponggol Setan, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Mata Melek! Agan Mau Cobain?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee71458af7e9342832f927c/nasi-ponggol-setan-kuliner-khas-tegal-yang-bikin-mata-melek-agan-mau-cobain

Nasi Ponggol Setan, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Mata Melek! Agan Mau Cobain?

Nasi Ponggol Setan, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Mata Melek! Agan Mau Cobain?

Indonesia adalah negara yang memiliki bermacam suku, adat, kebudayaan, dan kesenian. Selain itu, negeri kita tercinta ini, mempunyai ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari masing-masing pulau, tentu saja ada suatu makanan atau kuliner yang melegenda dan menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Nasi Ponggol Setan, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Mata Melek! Agan Mau Cobain?
sumber gambar

Tegal yang berada di Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu kota yang memiliki kuliner khas. Bagi warga Tegal asli, pasti sangat mengenal ponggol setan. Apakah GanSis tercengang membaca nama kuliner di atas? Kok serem sekali, ya, GanSis. Eits, jangan salah dulu. Ponggol setan ini adalah salah satu kuliner di kota Tegal yang sangat melegenda, loh, GanSis.

Menurut teman ane yang asli Tegal, pemberian nama itu ada sejarahnya, loh, GanSis. Jadi, mengapa dinamakan ponggol setan? Asal muasal pemberian nama unik tersebut karena ada sekat yang membatasi antara penjual dan pembeli ketika terjadi transaksi. Jadi, dalam hal ini, pembeli tidak melihat wajah penjual secara langsung dan hanya terlihat tangan terampil yang melayani para pembeli. Dari situlah, akhirnya warga Tegal memberinya nama bakul / penjual ponggol setan.

Nasi Ponggol Setan, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Mata Melek! Agan Mau Cobain?
sumber gambar

Ada juga yang menamakan kuliner ini ponggol setan karena nasinya yang dibungkus menggunakan ponggol atau pangkal daun pisang. Sedangkan untuk nama setan yang tersemat di belakangnya, dikarenakan rasa pedas dari sambalnya, hingga siapa pun yang memakan kuliner ini, akan merasa kesetanan.

Selain itu, ada alasan lain, GanSis. Kuliner ini dulunya hanya dijual saat malam hari. Kalau kebanyakan orang memahami, setan, kan keluarnya malam. Nah, hal ini dihubungkan untuk menamai kuliner khas Tegal yang sangat melegenda di kalangan masyarakatnya.

Kuliner ponggol setan sendiri adalah nasi dengan lauk sambal goreng tempe super pedas ditambah lauk-lauk lain sebagai pelengkap. Biasanya ada rendang telur, pindang, ayam atau kerupuk. Kuliner sederhana tapi menjadi terasa mewah bagi para pecinta kuliner. Apalagi, nasi beserta lauk di dalamnya, dibungkus dengan daun pisang.
Hal itu memberi sensasi rasa tersendiri.

Spoiler for lauk nasi ponggol setan:

sumber gambar


Nasi Ponggol Setan, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Mata Melek! Agan Mau Cobain?
sumber gambar

Kuliner sederhana ini bisa ditemui di warung-warung khusus yang menyajikan makanan khas Tegal. Harganya pun relatif terjangkau. Ada yang menjual 5K sampai 6K per bungkus. Makanan ini tidak hanya biaa dijumpai pada malam hari saja, loh, GanSis. Sekarang, sajian lezat ini bisa disantap saat sarapan atau pun untuk menu makan malam, loh, GanSis. Sensasi pedas dari sambalnya, pasti membuat mata 'melek'.

Bagi Agan dan Sista yang penasaran dengan kuliner khas ini, GanSis bisa datang ke kota Tegal. Di tempat lain mungkin ada yang menjual makanan ini, tapi sensasi rasa khasnya jelas berbeda. Sebab, tiap penjual pasti memiliki bumbu rahasia yang menjadi ciri khas kulinernya.

Tetap cintai makanan tradisional daerah ya, GanSis. Dengan begitu, kita sudah ikut berpartisipasi melestarikan kekayaan kuliner nusantara. Buat GanSis semua, boleh berbagi pengalaman mengenai kuliner ini. Atau bisa juga ceritakan kuliner khas dari daerah GanSis masing-masing, ya.

Sekian tulisan ane kali ini. Semoga menambah wawasan Agan Sista tentang kekayaan kuliner Indonesia. Sampai jumpa di trit ane selanjutnya. Terima kasih.

Penulis : @anna1812
Referensi : opini pribadi dan di sini


Buat Agan Dan Sista Yang Mau Join B-Log Kami, Silakan Klik Gambar Di Bawah Ini.

Nasi Ponggol Setan, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Mata Melek! Agan Mau Cobain?

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mutterz dan 50 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anna1812
Halaman 1 dari 6
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 5 lainnya memberi reputasi
Cobain yuk bareng aneemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amyjk02 dan 7 lainnya memberi reputasi
inyong kok rak tau ditraktir Mamake
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amyjk02 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Pastinya makanan ini gak cocok buat ane 😅
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amyjk02 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
weruh gambar e nggarai ngelih Mak 🤤🤤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Duh laper inyong kencot pen madhang 😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kota tegal emang terkenal dengan makanan pedesnya gan 😁, kalo udah pedes bisa semakin ngapak bicaranya 😅
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
udah pernah coba ,B aja lebih enakan nasi Jamblang kemana2 lah varian lauk juga banyakan Nasi jamblang emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
pedes gila dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
itu rendang tempe ya?
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
panganan paporite enyong kie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Yg enak tuh yg daerah Kejambon (masuk perkampungan)..pedes..., klo gk salah pernah diliput salah satu stasiun tipi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Tuh cabe olesin ke mata pasti langsung melek emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kepimen kie, bengi bengi malah ngelih wetenge inyong
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Sepertinya maknyuus itu pedessnyaa,,penasaraaan rasanya...save dulu lah namanya, sapa tau mampir ke tegal trus nyari kuliner ini
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngelih dadine tp esih milih sate blengong lah tp rawan kolestrol emoticon-Hammer2


Batain ane bray emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
szaiful.anwar dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini nih yanh bikin enak makan pincuk daun pisang emoticon-2 Jempol apalagi ane pwcinta pedas begini, bakalan nyoba kalau nanti berkunjung ke tegal, semoga pandemi ini segera berakhir biar bisa mbolang sambil menikmati kulineran khas setiap daerah
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lhat gmbarnya aja bkin pngen.mkanan pdas dngan lauk yg bervariasi.jdi lper ni prut.wah rsanya pngen nyoba ni.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yg enak tuh di alun2 nya, sama di deket balaikota lama (adanya malem doang).

Tp jujur ane baru nyobanya yg di deket balaikota lama, dan masih kurang rasanya, dibanding nasi ponggol favorit ane, yg dijual emaknya temen TK ane pas dulu disana emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sukak nih sama yang pedes-pedes dan bikin melek gini emoticon-Betty pankapan coba ah
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di