CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Demokrasi di Indonesia Dinilai Mengalami Kemunduran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee6df96a2d195183510a5c7/demokrasi-di-indonesia-dinilai-mengalami-kemunduran

Demokrasi di Indonesia Dinilai Mengalami Kemunduran

Jakarta: Direktur Center for Media and Democracy LP3ES Wijayanto menilai demokrasi di Indonesia mengalami kemunduran. Penilaian tersebut mengacu pada indikator matinya demokrasi di Amerika.
 
"Kita merujuk pada buku yang sangat menarik tentang bagaimana demokrasi di Amerika mati, melalui buku yang diterbitkan dua profesor di Harvard," kata Wijayanto dalam diskusi virtual YLBHI di Jakarta, Minggu, 14 Juni 2020.
 
Wijayanto menjelaskan ada empat indikator kemunduran demokrasi di Indonesia. Pertama, penolakan atau lemahnya komitmen terhadap aturan main demokrasi. Indikator ini marak terjadi pada 2019. Dia mencontohkan tidak ada tindak lanjut dari pelanggaran yang dilakukan aparatur sipil Negara (ASN) pada Pemilu 2019.

"Sudah jadi keputusan Bawaslu, tapi Bawaslu tidak bisa memberikan hukuman, hanya laporan. Hasilnya diserahkan kepada Mendagri, tapi Mendagri juga tidak mem-follow up," ungkap dia.
 
Kedua, menyangkal legitimasi lawan politik. Indikator ini dilakukan melalui pemberangusan oposisi. Kejadian itu terlihat pada konflik yang dialami Partai Golkar dan PPP pada 2015 serta 2016.
 
"Pada (Pemilu) 2014, Golkar dekat dengan Prabowo (calon presiden 2014). Tapi 2016 tiba-tiba Golkar adalah partai pertama yang mendeklarasikan diri mendukung kekuasaan, mendukung Jokowi untuk maju sebagai presiden tahun 2019," sebut dia.
 
Indikator ketiga ialah toleransi atau anjuran terhadap kekerasan. Menurut dia, pembiaran kekerasan tidak dibenarkan pada negara yang menganut sistem demokrasi.
 
Wijayanto mencontohkan kasus meninggalnya dua mahasiswa di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sulteng), saat unjuk rasa menentang revisi Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebelum disahkan. Pelaku yang merupakan aparat kepolisian hanya mendapat hukuman ringan.
 
"Mereka yang dinyatakan bersalah itu mendapatkan hukuman berupa teguran lisan, penundaan satu tahun kenaikan pangkat dan dikurung 21 hari. Jadi itu mungkin bisa dinilai betapa mencederai rasa keadilan publik," ujar dia.
 
Terakhir, ancaman kebebasan sipil, pers, dan akademik. Menurut dia, indikator ini paling terlihat sebagai bentuk kemunduran demokrasi di Indonesia.
 
Dampaknya, peringkat kebebasan sipil di Indonesia cukup rendah. Bahkan, berdasarkan survei The Economist Intelligence Unit, kebebasan sipil di Indonesia termasuk paling rendah di ASEAN.
 
"Civil liberty kita yang paling jeblok. Kebebasan sipil kita buruk di ASEAN, yaitu 5,59. Sedangkan Malaysia sebessr 5,88, Singapura 7,06," ujar dia.


https://www.medcom.id/nasional/polit...mi-kemunduran

saya ga terima sama komentar orang orang indonesia di kaskus, kompas, detik, dan berbagai portal berita lain nya.

orang indonesia dengan gobloknya bilang amerika hancur amerika rasis amerika menuju negara gagal..

kok bisa ya, manusia dari negara ampas ngatain negara yg udah merdeka lama dan jadi negara adidaya? emoticon-Big Grin

amerika walaupun rasisnya kuat, negaranya masih menjadi yg terkuat dan terbesar di dunia..

kamu pakai google, itu dari amerika..

kamu pakai boeing, itu dari amerika..

kamu makan mekdi, itu dari amerika..

dan masih banyak lagi, ada ribuan produk amerika di dunia ini yg dinikmati oleh orang banyak.

tapi kok manusia dari negara ampas indonesia ini kok ga tau diuntung, kamu tau ga amerika udah nyumbang berapa triliun untuk indonesia dari USAID untuk orang2 miskin.

miris, maksud hati hina amerika, eh negaranya sendiri negara paling ampas di dunia emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bgssusanto88 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Quote:


https://www.kaskus.co.id/thread/5ee1...ile&med=thread

kasus di amerika kemaren itu jelas bukan rasis

walau tidak bisa menghilangkan kenyataan amerika itu negara bajingan terhadap negara lain

emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
nasgorbabi dan juraganind0 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Amerika? Dumbfuckistan maksudnya?
profile-picture
autistic.dog memberi reputasi
ingat, kalau bukan karena bantuan amerika, indonesia ga akan merdeka!

makan tuh bambu runcing, untuk nusuk bool kali tuh bambu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan scorpiolama memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Pelarangan aplikasi Injil bahasa minang merupakan cerminan anti Agama dan contoh kebangkitan PKI, pelanggaran HAM, anti demokrasi, bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 pasal 29 ayat 2. wajib hukumnya diperangi emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigmomsb dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
dari dulu juga udah mundur, ngaku2 doang negara demokrasi...

isi amvas biadab laknat durjana penghuni kerak neraka...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dulu jaman obama tuh udah mau hancur amrik, sisi ekonomi, kalah saing china, korupsi hingga rasis itu sngat kental era obama. trump yg nasionalis 3 thn udah perbaiki semuanya itu sebenarnya, tapi taulah radikal demokrat dan left wing liberal yg dibiayai soros (pemuja global) merusak semuanya. tak ingin made in america, maga dsb.

Indo ga alami kemunduran, liat tuh bejubel bsh jokowi dgn twitter dan yutubnya tiap hari menghina..
Netizen dan pembela jokowi menghina itu bsh kn wajar2 aja. Balas membalas. Namanya demokrasi. Tapi kalau udah namanya pemakzulan, jgn main2 lah.. bisa aja sih diskusi tapi ingat jgn provokasi. Tipis itu.. makanya bin ada menganalisa.

Intinya jgn berlebihan democrazy nya seperti said didu, yg lain tengkujul ramli refli somad cendana fpi dsb aman2 aja tuh..
Diubah oleh ikardus
Lihat 2 balasan
Amerika walopun krisis keuangan/depresi, akan tetap pemilu demokratis, beda di "3rd" malah gegeran politik ganti presiden, etc, dll emoticon-Big Grin

Pun demokrasi n HAM di US akan tetap jadi kiblat, apalagi Indonesia n US punya jalinan "sejarah" yg puanjang. it's fact yess emoticon-Big Grin emoticon-coffee



profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalian mau bilang amerika mau bangkrut mau jadi negara gagal, terserah..

woi bangke!

produsen senjata nomor 1 dunia itu amerika

militer nomor 1 itu amerika

pendidikan nomor 1 itu amerika

dan yg paling penting, dana bantuan amerika di seluruh dunia jumlahnya mengalahkan negara manapun di dunia ini.

itu fakta yg gabisa kalian bantah, amerika nomor 1 dunia
profile-picture
fuckinghandsome memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Smua bergerak mundur bkn cm demokrasi
Bakalan jd 10 thn yg sia2 jilid 2

emoticon-Ngacir2
Yang kemarin 'analisis pirus' aja gak didengerin apalagi ini? emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh SainteElme
Demokrasi Indo? Cuih... masih ngancem pake ayat dan mayat kok dikata demokrasi emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Emang kok ancur, mirip para leftist di AS dengan agenda mereka. Semua harus nerima tanpa kecuali, yang gak sejalan dan nolak, mereka dianggap musuh emoticon-Smilie

profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Anjing...Kurang bebas apa Jokowi dinistain, Pemerintah dikata2in, Semua Oposisi masih bisa idup bebas walaupun hidup penuh kebencian....masih kurang bebas juga, Goblokkkkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Klo demokrasi mengalami kemunduran terus, lebih baik ganti otoriter militer. emoticon-Ngakak
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
kadrun mana nyadar nyebar hoax lewat komputer buatan amrik..
trit pemuja mamarika
emoticon-Leh Uga
Ngomong opo tho le?
gw ngomong ada nabi yang pedofil di medsos kira2 diciduk nggak?
kalo nggak berarti demokrasi masih jalan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan wen12691 memberi reputasi
Demokrasi di Indonesia Dinilai Mengalami Kekadrunanan...

Take Beer 🍺🍻

emoticon-Ngakak
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Kebebasan sipil anjlok ? Masih ada kok yang bisa bebas telanjang bulat di jalan ... emoticon-Big Grin

"Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan"
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di