CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Lebih Baik Dimusuhi Atau Memusuhi?? Ini Yang Sepatutnya Anda Lakukan! πŸ‘
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee6d3cc365c4f264e48b9e0/lebih-baik-dimusuhi-atau-memusuhi--ini-yang-sepatutnya-anda-lakukan

Lebih Baik Dimusuhi Atau Memusuhi?? Ini Yang Sepatutnya Anda Lakukan! πŸ‘


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera buat kita semua
Apa kabar Gansist? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.πŸ˜‡

Dalam kehidupan ini banyak jenis manusia bergantung pada kepribadiannya. Dari milyaran manusia yang ada di bumi,pastinya ada milyaran sifat manusia yang kadang kita mengerti dan kadang juga kita tidak mengerti. Pada umumnya manusia terbagi kepada golongan orang baik atau orang jahat. Itu semua tergantung dari sudut pandangnya gansist.

Dalam kehidupan manusia, kita diajarkan untuk bertingkah sewajarnya supaya diakui secara sosial, kita diajarkan untuk hidup damai. Iyakan ? yakan?. Namun fakta kehidupan menunjukan kehidupan manusia adalah perang. Kita punya musuh musuh yang bahkan kita tidak sadari karena diluar kendali diri kita.

Bahkan masalah ini sudah ada hadist nya lho, nah ini dia hadistnya.

β€˜β€™tidak bertegur sapa atau memutuskan hubungan dengan sesama muslim tidak dibolehkan; karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya;
β€˜β€™tidak halal bagi seseorang apabila ia memutuskan hubungan dengan saudaranya sesame muslim melebihi tiga hari, keduanya saling bertemu namun saling mengacuhkan satu sama lain dan yang terbaik dari keduanya adalah yang memulai menegur dengan mengucapkan salam.’’ (Hadist Riwayat Al Bukhari, no. 5727 dan Muslim, no. 2560).

Nah dari uraian hadist tersebut timbul pertanyaan, Lalu lebih baik dimusuhi atau memusuhi?πŸ€” Ini yang sepatutnya kita lakukan.πŸ‘πŸ‘

Intropeksi diri
Lebih Baik Dimusuhi Atau Memusuhi?? Ini Yang Sepatutnya Anda Lakukan! πŸ‘

Intropeksi diri atau wawas diri,atau refleksi diri sendiri adalah proses pengamatan terhadap diri sendiri dan pengungkapan pemikiran dalam yang disadari,keinginan, dan sensasi. Proses tersebut berupa proses mental yang disadari dan biasanya dengan maksud tertentu dengan berlandaskan pada pikiran dan perasaannya.

Jika tak mampu berempati,tahanlah diri untuk membenci apalagi melukai dengan ucapan yang menyakiti. Tak perlu membayangkan andai kau menjadi dia dengan segala kekurangan dan masalahnya,cukup jangan melihatnya seolah kau sempurna dengan apa yang eangkau punya. nahh mantapkan πŸ‘πŸ˜‚

Sepatutnya kita intropeksi diri kita terlebih dahulu . pantaskah kita memusuhi seseorang? Mengapa kita harus memusuhinya? Atau kenapa kita dimusuhi? Wah mungkin ada yang salah ini dalam diri saya😧. Stop merasa paling baik ya gansistπŸ™.
Tetap lah berusaha baik meskipun dunia sedang tidak baikπŸ€—.

Jadikan pelajaran hidup

Lebih Baik Dimusuhi Atau Memusuhi?? Ini Yang Sepatutnya Anda Lakukan! πŸ‘
Apabila kamu sakit hatiπŸ’” dengan perkataan seseorang yang membuat kamu merasa pantas untuk membencinya. Maka berpikir ulang lah untuk membencinya karena jangan pernah menganggap sakit hatimu sebagai cara untuk menjauhi indahnya hidup. Jangan pernah menganggap sakit hatimu sebagai cara untuk menjauhi kebaikan. Bagaimana kita bisa menjadi baik jika kita senang mengotori hati dan pikiran kita ??πŸ€”
Jangan lupa bahwa kamu yang sekarang adalah sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kamu di masa lalu. Jangan sampai kamu yang sudah bisa melewati masa lalu kembali tenggelam karena permasalahan sakit hati di masa sekarang.
Ini semua adalah pelajaran terbaik yang tak mungkin terulang.
Nah, semua hal yang terjadi harus kita jadikan pelajaran hidup yang berharga ya gansist. Sekecil apapun permasalahan pasti ada hikmah dibaliknya kok,percayalah.

Balaslah keburukan dengan kebaikan!
Lebih Baik Dimusuhi Atau Memusuhi?? Ini Yang Sepatutnya Anda Lakukan! πŸ‘

Allah Ta’ala berfirman yang artinya;
β€˜β€™tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia’’ (QS. Fushilat : 34 )
Jika seseorang melakukan keburukan terhadapmu,terlebih khusus lagi jika mereka adalah saudara mu. Jika mereka memutus silahturahmi denganmu, maka sambunglah kembali silahturahmi tersebut. Jika mereka berbuat zholim kepadamu, maka maafkanlah. Jika mereka mengacuhkanmu, tidak mau berbicara denganmu, maka mulailah salam kepada mereka dengan baik.
Niscaya jika egkau telah melakukan itu semua,suatu saat nanti mereka akan berbalik menyukaimu meskipun dengan proses yang panjang. Bersabarlah …
Karena apapun didunia ini kalau niatnya baik dan dilakukan dengan setulus hati dan penuh cinta percayalah semua akan baik baik saja.

Nah itulah beberapa hal yang sepatutnya dilakukan apabila kita berniat memusuhi karena kita dimusuhi.

kalau agan agan gimana nih nanggapin permasalahan ini? Melakukan hal hal diatas atau malah bodo amat? πŸ˜‚πŸ˜…
profile-picture
profile-picture
liaaa02 dan nona212 memberi reputasi


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di