CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee6cbfeb840881b1736bac5/5-alas-sederhana-untuk-background-foto-instagramable

5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable


5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable

Kamera ponsel stand by dan objek foto juga sudah ditata serapi mungkin, tapi hasilnya malah zonk. Pasti kamu pernah mengalami kejadian seperti cerita ilustrasu barusan. Walaupun semua alat dan material foto sudah siap, hasil jepretannya malah jauh dari ekspektasi. Niatan ingin bikin foto Instagramable tinggal harapan belaka.

Ada 3 hal penting yang mesti kamu perhatikan saat memotret, yaitu objek, kamera, dan cahaya. Nah, yang menjadi permasalahan adalah ketika kamu memiliki ketiganya tetapi hasilnya tetap tidak bagus. Jangan khawatir, karena kami  akan mengajari cara menghasilkan foto yang bagus supaya kamu mendapatkan feed Instagram yang bagus pula.

Jika diperhatikan, rata-rata pengguna medsos yang berhasil mengunggah foto dengan gaya estetik menggunakan alas sebagai background foto. Jenis bahan, bentuk, dan warna alasnya pun berbeda-beda. Mereka berhasil membangun mood tersendiri di dalam foto. Buat kamu yang tertarik untuk membuat foto estetik tidak ada salahnya mulai sekarang cobain pakai alas. Lumayan untuk menghias feed Instagram kamu. Di sini Kami punya lima jenis alas untuk background foto estetik yang bisa menjadi referensi pilihanmu.



Foto Minimalis dengan Meja Putih

5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable

Contoh alas foto dengan meja putih (sumber: anandtech.com)


Jenis alas yang pertama untuk menghias feed Instagram kamu adalah meja putih. Meja warna putih memang menjadi pilihan banyak orang. Umumnya digunakan untuk meja sekolah, meja kerja, dan meja kafe. Saat ini meja warna putih juga kerap digunakan untuk alas foto. Kalau kamu sering nonton video ulasan produk gadget di YouTube, pasti sering banget deh ketemu sama YouTuber yang pakai alas meja putih. 

Tak dapat dimungkiri, warnanya yang putih memang bisa bikin tampilan gambar di dalam frame jadi terkesan bersih, rapi, dan modern. Makanya jenis alas yang satu ini cocok banget buat kamu yang sedang mencari cara merapikan feed Instagram dengan tema minimalis. Tak lupa tambahkan tanaman hias kaktus di ujung meja untuk memberikan kesan hidup. Mata pun jadi segar saat melihat warna hijau dari tanaman.


Alas Foto Murah dari Art Paper
Art paper adalah jenis kertas yang kerap digunakan pada percetakan digital. Kertas ini memiliki karakteristik yang berkilau dan bisa di laminasi doff, glossy, dan UV. Umumnya kertas ini digunakan untuk mencetak poster, brosur, sampul majalah, dan lain-lain. Untuk ketebalannya juga beragam mulai dari 100 gram sampai 150 gram. Kalau untuk ukuran kertas ada yang A4 sampai A0. Harganya terjangkau banget loh. Umumnya kertas art paper ukuran A4 dijual seharga Rp4.000, ukuran A3 dijual seharga Rp6.000, dan seterusnya. Namun karena kamu ingin membuatnya sebagai background foto, gunakan art paper dengan minimal ukuran A2.
5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable
Contoh alas foto dengan art paper (sumber: pixels.com)


Kalau kamu tidak punya meja putih, kertas art paper bisa menjadi alternatif lain untuk dijadikan alas foto. Di sebuah set pemotretan produk, tak jarang fotografer menggunakan kertas art paper sebagai background foto. Lipat kertas jadi dua sisi. Satu sisi untuk bagian alas dan satu sisi untuk bagian dinding yang berdiri. Sehingga saat difoto akan terlihat seperti sedang memotret di dalam studio khusus.
Sekadar tips, hati-hati saat memotret dengan alas art paperUsahakan pantulan cahaya dari lampu ruangan atau lampu flash jangan terlalu keras. Supaya hasil foto lebih natural. Oh iya, kami juga pernah memberi tips membuat alat lighting sederhanaloh. Lumayan untuk menekan pengeluaran saat pemotretan.  

Kesan Hangat dari Karpet Wol Sintetis

Nah, kalau jenis yang satu ini lagi hits banget. Namanya adalah karpet wol. Pastinya sering kamu temukan di medsos. Banyak pedagang online yang menggunakan karpet wol sebagai alas foto produk loh. Wol adalah serat yang berasal dari rambut hewan seperti domba, kambing, dan alpaca. Tapi sekarang sudah ada yang namanya wol sintetis atau sering disebut dengan benang akrilik. Bahan inilah yang biasanya dipakai untuk membuat karpet wol.

Bahannya yang seperti bulu memiliki karakteristik ringan, lembut, dan hangat memang worth it untuk dibeli. Selain dipakai untuk alas foto, karpet jenis ini bisa kamu gunakan untuk alas kaki. Lumayan juga untuk menghias kamar agar terlihat lebih estetik. Ada beragam warna yang dijajakan di toko furnitur maupun toko jual beli online. Setiap warna akan menghasilkan mood foto yang berbeda-beda pula. Pilihlah warna abu-abu, putih, atau merah muda untuk menghasilkan foto yang estetik. Pokoknya ala-ala anak Tumblr deh.

5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable
Contoh alas karpet wol untuk foto produk (sumber: rosegal.com)


Harga karpet wol sintetis terbilang murah. Mulai dari Rp30.000 sampai ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan bahan wol yang digunakan. Namun kalau dipakai untuk alas foto produk, kamu bisa membeli karpet wol dengan ukuran kecil. Harganya kisaran Rp30.000 s/d Rp50.000. Terjangkau bukan?

Nah, guna memperkuat konsep foto estetik, letakkan tanaman Monstera di sudut-sudut frame. Bentuk daunnya yang lebar berbentuk hati, terdapat lubang-lubang di permukaan daun, dan warnanya yang hijau pekat selalu berhasil menarik perhatian orang.  


Membangun Suasana Cozy dengan Bed Cover
5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable
Contoh foto dengan alas bed cover (sumber: pinterest.com)


Kalau melihat bed cover bawaannya ingin tidur yah. Benda yang biasanya kita pakai untuk tidur ini ternyata cocok banget untuk membuat feed Instagram keren. Seandainya kamu ingin menyulap feed Instagram dengan konsep cozybed cover adalah pilihan yang tepat. Coba deh kamu lihat referensi foto estetik di internet. Banyak banget yang memakai bed cover sebagai alas foto. Anehnya, semua foto yang menggunakan bed cover sebagai background selalu berhasil membangun kesan cantik.

Memotret lembaran foto polaroid? Bisa. Tumpukan novel? Bisa. Sepatu? Bisa juga dong. Warna yang biasanya digunakan untuk memotret foto adalah warna putih, putih gading, abu-abu, dan krem. Tambahkan pula lampu Tumblr untuk dekorasi foto. Sekadar tips, pilihlah warna warm light. Alhasil fotomu akan memiliki kesan cozy dan hangat sekaligus.  
Alas Sederhana dari Kain Bertekstur
5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable
Contoh foto dengan alas kain rajut (sumber: pinterest.com)


Jenis alas yang terakhir kami bahas adalah alas sederhana dari kain bertekstur. Kain menjadi background foto yang luar biasa Instagramable. Sebenarnya bed cover termasuk ke dalam golongan kain, tetapi kain pada poin pembahasan kali ini merujuk kepada kain yang lebih sederhana. Contohnya adalah sweater rajut yang memiliki tekstur.

Tekstur adalah permukaan yang timbul akibat struktur 3 dimensi sehingga dapat menunjukkan struktur permukaan bahan dengan jelas. Struktur ini sengaja dibuat untuk mencapai bentuk rupa dan juga untuk memberikan rasa tertentu pada sebuah bidang. Dengan kata lain, kain bertekstur mampu memberikan kesan hidup. Ini berkat strukturnya yang timbul sehingga membuat orang dapat merasakan sesuatu dari bentuk visualnya.


Jika ingin membuat feed Instagram keren dengan kain bertekstur, pilihlah warna kain yang netral untuk menyeimbangkan bentuk tekstur kain. Tetap jaga kesederhanaan foto. Jangan sampai foto malah terlihat terlalu ramai karena tekstur dan warna yang terlalu mencolok. Gunakan warna putih, putih gading, krem, abu-abu, salem, dan lain-lain.

Dari kelima jenis alas untuk background foto estetik di atas, manakah yang menjadi favoritmu? Yuk mulai hias feed Instagram kamu dengan jenis alas di atas. Tidak perlu mahal kok.

Baca Artikel Menarik Lainnya


profile-picture
profile-picture
billboncho dan nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di