CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Jambi /
[Coc Reg. Jambi] Incoeng Kerinci, Aksara Tertua yang Berasal Dari Jambi!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee6a08688b3cb343443c3eb/coc-reg-jambi-incoeng-kerinci-aksara-tertua-yang-berasal-dari-jambi

[Coc Reg. Jambi] Incoeng Kerinci, Aksara Tertua yang Berasal Dari Jambi!

[Coc Reg. Jambi] Incoeng Kerinci, Aksara Tertua yang Berasal Dari Jambi!

Seperti yang kita ketahui, suku Kerinci merupakan salah satu suku tertua yang berada di Pulau Sumatera, maka peradaban serta kebudayaan suku Kerinci dianggap juga sebagai kebudayaan tertua. Salah satunya adalah bahasa Kerinci Kuno atau disebut Incoeng Kerinci. Daerah Jambi di Pulau Sumatera lah yang menjadi tempat perkembangan kebudayaan aksara Incoeng Kerinci ini.

Kalau diperhatikan menurut bentuk bunyi, naskah Incoeng pada umumnya menggunakan bahasa Melayu.

Sampai saat ini, belum ada yang dapat memastikan sejak kapan orang Kerinci mulai menggunakan aksara Incoeng. Namun, ada dugaan aksara ini dipergunakan oleh masyarakat suku Kerinci setelah adanya penemuan prasasti Sriwijaya yang menggunakan tulisan Pallawa pada sekitar abad ke-VII di sebuah daerah bernama Karang Berahi. Tentu saja dugaan tersebut bukan tanpa sebab, setelah melalui beberapa pengamatan ternyata format dan tulisan aksara Incoeng Kerinci ini memiliki kemiripan dengan tulisan yang tertulis dalam prasasti tersebut. Akan tetapi huruf-huruf yang terdapat pada aksara Incoeng Kerinci dan juga cara mengucapkannya terlalu berbeda jika dibandingkan dengan tulisan Pallawa.

Quote:


Jika diterjemahkan secara bahasa, arti kata Incoeng berarti miring atau terpancung (dari bahasa kerinci). Aksara Incoeng sendiri dibentuk oleh garis-lurus, patah terpancung, dan melengkung. Incoeng biasa digunakan oleh para leluhur Kerinci sebagai alat dokumentasi tentang sejarah, sastra dan legenda, silsilah, hukum adat dan juga mantra-mantra.

Spoiler for Incoeng Kerinci:


Incoeng Kerinci juga dipergunakan sebagai pelengkap tulisan pada plang penunjuk nama jalan dan juga kantor pemerintahan seperti yang berada di Jalan Mayjen A Thalib, Sungai Penuh.

[Coc Reg. Jambi] Incoeng Kerinci, Aksara Tertua yang Berasal Dari Jambi!

Biasanya Aksara Incoeng  ditemukan pada media tanduk dan juga ruas buluh yang ditulis dengan menggunakan benda yang runcing. Guratan yang dihasilkan mirip tulisan paku aksara Babilonia  kuno.

[Coc Reg. Jambi] Incoeng Kerinci, Aksara Tertua yang Berasal Dari Jambi!

Aksara Incoeng hanya mengenal huruf dan tidak mengenalkan angka bilangan, hal inilah yang menjadi penyebab tidak ditemukan adanya penanggalan ataupun tahun penulisan pada aksara Incoeng sehingga mempersulit para pengamat untuk memperkirakan usia naskah-naskah dengan tulisan Incoeng.

~SEKIAN~

[Coc Reg. Jambi] Incoeng Kerinci, Aksara Tertua yang Berasal Dari Jambi!

Refferensi : Aksara Incoeng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan 5 lainnya memberi reputasi
wow ... kabarnya ini juga merupakan tulisan tertua di dunia, benarkah?
Ada yang paham aksara ini?
mana yang lebih tua ?
incung atau Pallawa ?
tidak cuma di Jambi
aksara sejenis juga ada di Sumatera Selatan, Bengkulu, Sumbar, Riau sebagian kecil, dan Lampung

kalau di Sumsel, namanya Surat Ulu,

kalau di Bengkulu, namanya Surat Kaganga,

kalau di Sumbar, namanya aksara Minangkabau (Ada dua macam; Pariaman dan Sulik Aia),

Kalau di Lampung, namanya Surat Lampung

di antara mereka, imo aksara lampunglah yang lebih terkenal dan mudah dipelajari karena sudah dibakukan oleh pemuka adat tahun 1985

sedangkan aksara lain macam Surat Ulu Palembang, dan Bengkulu agak susah agak membingungkan,
karena ada daerah yang cara bacanya Kaganga, ada pula yang bacanya Kegenge ("e" pepet) dan perlu tanda baca lagi agar dapat dibaca Kaganga,
belum lagi posisi tanda bacanya yang bisa beda untuk bunyi yang sama atau ada huruf yang sama tapi beda bacanya
Diubah oleh cacarakan
semoga ada yang terus melestarikannya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di