CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Perbedaan Etika dan Moral
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee64ed6f4d6950d384857e2/apa-perbedaan-etika-dan-moral

Apa Perbedaan Etika dan Moral

Apa Perbedaan Etika dan Moral

Hai teman-teman, walau ini sebenarnya tidak perlu diperhatikan sih, tapi sadarkah kalau kita sering memakai kata etika dan moral dalam sehari-hari. Bahkan kita memakai dua kata tersebut secara bergantian seperti:

"Kamu itu sungguh tak bermoral," Atau

"Kamu itu sungguh tak punya etika."

Kita sering menganggap kalau dua kata ini adalah sama, tapi kalau dilihat konsepnya, moral merujuk pada prinsip-prinsip panduan, dan etika merujuk pada aturan dan tindakan tertentu.

Mari kita lebih jelas mengenai dua kata ini, moral merupakan ide atau pendapat yang mendorong orang untuk menjadi lebih baik. Sedangkan etika adalah seperangkat aturan yang mendefiniskan tindakan yang diijinkan atau perilaku yang benar.

Tapi kalo dipikir-pikir konsep ini mirip, tetapi ada sedikit perbedaan. Mari kita bahas.

**Apa Itu Moral?**

Gagasan ini cenderung terbentuk dari lingkungan sekitar dan terkadang muncul dari sistem kepercayaan. Nilai-nilai moral ini membentuk pemikiran seseorang benar atau salah.

Sebenarnya moral itu adalah dasar bagi etika. Seseorang yang bermoral ingin melakukan hal benar, dan didorong oleh moral itu sendiri sehingga kita sering sebut niat baik

**Apa itu Etika?**

Etika berbeda dengan moral karena jauh lebih praktis.

Etika tidak harus selalu bermoral. Itu hanyalah sebuah aturan yang diikutin oleh orang-orang. Setiap komunitas atau kelompok masyarakat memiliki aturan (etika) tersendiri dan diikuti sesuai aturan tersebut.

Dengan kata lain Etika hanyalah aturan yang memastikan anggotanya tidak keluar dari batas tertentu atau melanggar sehingga membuat masalah yang bisa merugikan dia atau orang lain, bahkan kolompok atau komunitasnya sendiri.

**Kesimpulan**

Dari diatas kita sudah tahu kalau moral itu terbentuk dari lingkungan atau keyakinan yang mendifenisikan kalau orang tersebut benar atau salah dalam berprilaku. Simplenya moral itu prilaku.

"Kamu itu sungguh tak bermoral,"

Bisa diartikan kalau prilaku dia itu salah dalam ajaran atau keyakinan di lingkungan sekitarnya.

Contohnya adalah ketika kita menolong seseorang yang sedang kesusahan, tidak ada aturan yang mengharuskan kita untuk menolong orang. Namun kita mempercayai kalau menolong orang tersebut adalah hal benar.

Sedangkan Etika adalah sebuah aturan yang sudah ditetapkan oleh sebuah komunitas atau kelompok masyarakat untuk mengatur anggotanya agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Etika tidak harus bermoral. Sederhananya sih Etika adalah aturan yang disepakati oleh orang-orang dalam sebuah komunitas atau kelompok masyarakat.

"Kamu itu sungguh tak punya etika."

itu artinya dia melanggar aturan yang telah disepakati oleh komunitas/kelompoknya. Sehingga dia dikatakn salah.

Contoh penerapan kata etika sering kita lihat pada aturan yang dibuat oleh kelompok masyarkat, misalnya aturan jam malam.


Sebenarnya contoh paling mudah definisi etika tidak harus bermoral adalah ketika seorang dokter mendapatkan pasien yang ternyata adalah seorang begal, kemudian dia masuk UGD karena tindakannya tersebut. Jika dilihat dari sisi moral dia memang salah, namun jika dilihat dari etika. Dokter tersebut harus menolong karena itu adalah Etika Seorang Dokter.


"Wah sebenarnya tidak penting-penting amat dengan dua kata iniemoticon-Wakaka. Tetapi setidaknya kita tahu kalau dua kata ini mempunyai konsep yang berbeda."
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Diubah oleh trikunprayoga
makasih gan, aku mengira sama aja, baiklah
Etika lebih ke sopan santun, bisa aja gak salah, cuma gak sopan aja. Kalo moral soal benar salah. Menurut ane gitu


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di