CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Mengenal Lebih Dekat "Micin" -
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee64eaef4ae2f2d832a7731/mengenal-lebih-dekat-quotmicinquot

Mengenal Lebih Dekat "Micin" -

Sugeng Rawuh dulurr kabehh..
Pripun kabare, hampir 3 bulan lebih kiranya dulur kabeh berada pada keadaan tanggap bencana darurat COVID-19, semoga dulur kabeh tetap dan selalu dalam keadaan sehat nggeh...

dengan berbagai kebijakan dan protokol-protokol kesehatan yang diterbitkan oleh pemerintah bukan menjadi alasan bagi kita untuk bermalas malasan dong yaa..
MinDu yakin nih pasti banyak dari kita mengisi kegiatan luang di masa pandemi ini dengan berbagai variasi kegiatan outdoor maupun indoor yang sesuai protokol kesehatan yakan ? mulai dari joging keliling rumah, angkat turun cucian pakaian, kegiatan fisik statis dinamis ex push-up, sit up bahkan take up tryout utbk :')  

selain kegiatan diatas pasti banyak juga dari kita melakukan kegiatan eksperimental  di Dapur tercinta,  apalagi kalau bukan memasak a.k.a Happy cooking Time,  emoticon-Add Friend (S)
nah tentu saja saat  memasak ngga jauh jauh dari penggunaan MSG a.k.a Micin yakan ??.
 emoticon-Ngakak
Nahh dikesempatan kali ini MiMin Du akan menyajikan Thread
-  "Mengenal lebih dekat Micin" -, 

Miciin iya micin atau sering juga dikenal sebagai MSG, Vetsin, Penguat rasa.
Secara awam kita ketahui fungsi micin ini tiada lain adalah sebagai salah satu unsur penting dalam misi eksekusi penguatan cita rasa di berbagai makanan yang kita konsumsi, sebagai title yang disematkan kepada generasi milleniall akhir-akhir ini  ,dan sangat terkenal sebagai isu-isu penyebab kebodohan yang paling terkenal dikalangan ibu-ibu selain dari Game online, PS , dan Warnet. emoticon-Big Grin


Tapi pernah ngga sih terpintas dih benak kawan kawan sekalian apa dan untuk apa saja sebenarnya micin ini berada di planet bumi yang berotasi atas matahari di salah satu sistem galaksi Bima Sakti ini ??  monggo mari kita simak penjelasan dibawah ini
emoticon-Matabelo
ADefinisi
Micin/Vetsin atau dikenal dengan nama ilmiah  Monosodium Glutamate (MSG), 
MSG  merupakan garam natrium dari asam glutamat (salah satu asam amino non-esensial  paling berlimpah yang terbentuk secara alami )nah kandungan glutamat inilah yang merubah rasa makanan menjadi nikmat, secara umum glutamat ini juga banyak terkandung dalam produk susu seperti keju, dan produk lain seperti daging, rumputlaut, kecap, ikan, tepung kanji dan pada beberapa macam jenis sayuran .

Selain dikenal sebagai micin, vetsin dan Monosodium Glutamate, dalam label makanan zat ini juga sering disebut/dikenal sebagai sodium glutamate, glutamic acid monosodium salt monohydrate, monosodium L-glutamate monohydrate, sodium caseinat, eekstrak ragi, protein nabati terhidrolisis atau HVP, kalium glutamat, dan perasa alami. Nama-nama ini biasanya tercantum pada label produk makanan, jika micin dimasukkan sebagai bahan tambahan dalam makanan *(source : klik ini gan ). 
 
B. Fakta Menarik & Manfaat Si Micin
mungkin pernah dan masih ada dipikiran wan kawan semua bahwa micin ini berasal dari zat kimia buatan yang berbahaya, siapa sangka gan ternyata teori kita yang satu ini salah ..
justru MSG pada awal penemuannya terbuat dari ekstrak kombu atas eksperimen penemuan rasa ke 5 oleh Prof. Kikunae Ikuda *(Source : Klik ini gan ), yang kemudian di sisi industri  diproduksi dengan fermentasi tebu, molase, dan gula bit. Proses fermentasi ini terjadi mirip dengan proses membuat yogurt, cuka, dan anggur. 
Selain fakta diatas berikut beberapa fakta menarik tentang Micin :

1. Penguat Rasa yang aman, Melansir pikiran-rakyat.com (12/03/2018) MSG adalah salah satu bahan tambahan pangan penguat rasa yang paling aman dan diizinkan untuk dikonsumsi berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 033 Tahun 2012 dengan takaran penggunaan secukupnya ( Oleh WHO : 6 gram perhari)

2. Mudah diterima tubuh, dengan kandungan asam glutamat sebagai zat non esensial dengan kandungan 78% merupakan faktor yang mendukung mudahnya MSG untuk dimetabolisme dengan baik dalam tubuh, dan juga MSG bersifat mudah larut

3. Peningkat Nafsu makan, Melansir Kompas.com (30/05/2011), riset pada 2011 lalu mengungkap makanan ber-MSG kemungkinan berkontribusi pada kenaikan berat badan. Dari hasil riset, orang obesitas umumnya mengonsumsi makanan yang mengandung banyak MSG atau micin. Namun ada pula penelitian lain yang berpendapat bahwa micin dapat membuat seseorang kenyang lebih lama dan membantu menjaga berat badan. Karena itu, efek micin terhadap naik turunnya berat badan masih perlu diteliti lebih lanjut *(Source : Klik disini).
 
4. Bermanfaat bagi Tanaman juga, Melansir skeletonwatchmart.com(06/11/2017), MSG juga kaya akan unsur Hara berupa Carbon, Oksigen, Natrium, dan Nitrogen
bagi tanaman msg dapat berperan dalam penyuburan tanaman, mempercepat perkembangan tanaman, memenuhi nutrisi bagi tanaman meningkatkan kandungan air, bahkan  mempercepat adanya bunga.

5. Pembersih Noda Pada Baju, melansir wajibbaca.com (14/11/2017), ternyata vetsin atau micin ini dapat kita manfaatkan juga sebagai sarana pembersih noda baju tanpa harus luntur lunturan.

C. Sisi Negatif Micin
layaknya seluruh hal yang ada di dunia selain sisi positif/manfaat pasti selalu ada sisi negatif dari hal tersebut atas teori sebab akibat atas penggunaan benda itu sendiri, seperti halnya penggunaan yang berlebih.
 
Nahh, Melansir dari Alodokter.com  (08/04/2018) berikut sisi negatif penggunaan micin yang berlebih :

A. Kerusakan Sel Saraf, Sejumlah penelitian menyatakan bahwa glutamat pada MSG dengan penggunaan dalam dosis tinggi dapat bertindak sebagai racun yang menyebabkan kerusakan sel saraf. Bahkan disebutkan, MSG dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan kerusakan berbagai organ. Unsur ini juga dapat menimbulkan sejumlah penyakit, seperti Alzheimer, Parkinson, dan gangguan konsentrasi ketika belajar. 

B. Memicu Asma, dengan takaran 3gram atau lebih dalam sekali maskan ternyata dapat memicu asma.

C. Sakit Kepala dan Meningkatnya Tekanan Darah, beberapa kasus bahkan MSG bisa memperburuk migrain bagi beberapa orang dengan indera pengecap yang sensitif.

D. Kesimpulan
MSG hasil cipta karya Prof. Kikunae Ikuda membawa banyak perubahan dalam dunia cita rasa, bahkan ikut membawa manfaat bagi tumbuhan dan juga mampu berperan dalam pembersihan noda baju sekalipun.
Sebagai produk, MSG memiliki segelintir manfaat yang dan juga disisi lain pada kadar pemakaian yang salah justru membawa permasalahan yang cukup serius bagi tubuh kita.Semua kembali kepada kita sebagai konsumen untuk menggunakan secara bijak sesuai kadar dan kebutuhan yang seperlunya.

Akhir Kata, terimakasih atas perhatiannya gan, keep healthy, Strong, and be open minded, Cekap semanten .. Like comment & Share Gan  

 





profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di