CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
5 Wisata Kuliner Khas Banten
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee635b28d9b176d5d4d15dc/5-wisata-kuliner-khas-banten

5 Wisata Kuliner Khas Banten

Banten terkenal dengan destinasi wisata banten alamnya yang indah. Butuh tenaga yang ekstra untuk sekadar menjelajahinya. Agar tetap semangat, lebih baik isi perut terlebih dahulu dengan kuliner khas Banten yang terkenal lezat dan menggiurkan. Berikut  tempat berburu kuliner khas Banten yang legendaris yang cocok dinikmati saat liburan bersama keluarga dan rekan di Banten.

1. Nasi Sumsum

Banten terkenal dengan Nasi Sumsum nya yang rasanya gurih dan lezat. Seperti namanya, kuliner ini terdiri dari campuran nasi dan sumsum tulang kerbau yang telah dibumbui. Cara mencampurnya cukup unik yaitu dengan cara menggorengnya. Setelah digoreng, campuran nasi dan sumsum ini langsung dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas pemanggang.
Cita rasa yang dihasilkan dari proses memasak Nasi Sumsum ini sangat lezat, gurih, dan nikmat. Sayangnya saat ini rumah makan yang menyediakan kuliner ini makin susah di cari alias langka. Tapi wisatawan bisa ke Jalan Purbaya, Pasar Lama, Bendungan, Serang untuk mencicipi kuliner satu ini. Jika kamu memesan paket tour banten murah melalui travel panglima tour kamu akan memdapatkan suguhan Nasi Sumsum secara gratis.

2. Rabeg

Untuk warga Banten khususnya kota Cilegon pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rabeg. Rabeg merupakan salah satu makanan yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda sedang berlibur di Cilegon ataupun Serang. Salah satu Tempat Wisata Kuliner yang menjualnya yaitu Warung Gonjleng, yang terletak tepat di depan Hotel Cilegon. Kuliner satu ini memang menjadi salah satu menu andalan jika sedang diadakannya acara-acara adat masyarakat Banten seperti acara pernikahan. Karena menurut kepercayaan masyarakat Banten khususnya warga Cilegon, Rabeg menjadi salah satu menu istimewa yang telah ada sejak masa kepemimpinan Sultan Hasanuddin Banten. Rabeg adalah kuliner khas Banten yang menggunakan bahan baku kambing. Hampir semua bagian kambing, dari jeroan, daging, hingga tulangnya bisa diolah menjadi masakan ini.

3. Angen Lada

Wisata Kuliner khas Banten selanjutnya yaitu Anguen Lada. Kuliner yang berupa sayur atau kuah ini dilengkapi dengan daging kerbau atau sapi, Makanan ini disajikan biasanya pada saat lebaran atau saat berkumpul dengan keluarga. Kamu dapat menikmati hidangan ini  di kawasan Serang bagian Selatan, Pandeglang atau juga  di Warung Makan Doa Nini Aki di Jalan Raya Petir Serang.

4. Pecak Bandeng

Kuliner di Banten yang satu ini merupakan sebuah hidangan yang menurut saya cukup sederhana. Pecak Bandeng terdiri dari gabungan pecak dan ikan bandeng. Tempat yang paling terkenal dan juga banyak diburu mengenai Pecak Bandeng ini berada di Desa Sawah Luhur, kecamatan Kaseman. Kamu dapat mencicipi Pecak Bandeng Sawah Luhur ini dengan Harga yang  cukup terjangkau yaitu sekitar Rp20.000 untuk satu ikan dan nasinya atau satu porsinya.

5. Sate Bandeng

Selain olahan Pecak Bandeng, Banten juga memiliki olahan Bandeng lainnya yang tidak kalah menarik dan lezat yaitu Sate Bandeng. Sate Bandeng merupakan hidangan yang cukup unik karena meskipun disajikan layaknya bandeng utuh namun sate bandeng tidak memiliki tulang sama sekali karena telah melewati pembersihan tulang dan daging dari kulitnya dan diisi lagi dengan campuran daging bandeng, tepung, dang telur. Sehingga dagingnya halus dan sangat enak dinikmati dengan sambal dan nasi panas. Proses selanjutnya adalah pengasapan bandeng yang telah ditusuk dengan bambu dan menunggunya matang seutuhnya. Selain diasapi, kuliner ini juga disajikan dengan digoreng ataupun di kukus.

Itu lah tadi beberapa kuliner khas Banten yang dapat kamu coba ketika berlibur ke Banten melalui paket wisata banten. Kuliner ini tentunya selain akan memberikan pengalaman menarik mencicipi cita rasa khas banten, kuliner ini juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk kerabat Kamu semua.


Untuk info lainnya mengenai wisata banten kamu dapat mengunjungi wisata kuliner nasi sumsum khas banten.
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Diubah oleh wisatabanten


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di