CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Audio & Video /
Langkah Praktis Kompres Video Yang Perlu Anda Ketahui
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee5fdbc09b5ca6c2616a9d1/langkah-praktis-kompres-video-yang-perlu-anda-ketahui

Langkah Praktis Kompres Video Yang Perlu Anda Ketahui

Langkah Praktis Kompres Video Yang Perlu Anda Ketahui
Apakah Anda termasuk orang yang suka menonton film atau music video ?  Untuk saat ini banyak sekali gadget yang menyediakan media hiburan. Dimulai dari menonton video ataupun dokumentasi video. Tetapi kebanyakan masih terkendala akibat kapasitas penyimpanan pada gadget yang tidak memadai. Caranya, bisa dilakukan dengan kompres video.

Faktor besarnya ukuran video antara lain dari: Frame size dan Aspect Ratio, Frame rate, Codec, dan bite rate. Faktor tersebut sangat mempengaruhi ukuran file video yang lebih besar. Terutama jika Anda sering mengkoleksi video film yang terkadang memiliki ukuran besar jika dilihat dari frame size dan aspect ratio.

Kebanyakan file video seperti fim atau music video memiliki kapasitas ukuran lebih besar dari penyimpanan internal pada smartphone. Terdapat beberapa media penyimpanan seperti flashdisck atau hardisk yang bisa membantu menyimpan file yang tergolong ukurannya lebih besar. Untuk bisa mengkompres video terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

Menggunakan Aplikasi Kompres Video Terbaik

Rahasiatekno merekomendasikan salah satu aplikasi yang populer untuk memperkecil ukuran video dengan kualitas terbaik yaitu aplikasi handbrake. Aplikasi memiliki banyak fitur yang bisa saja mengubah tingkat kompresi. Missal pengaturan rate (kbps) yang lebih stabil.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengoptimalkan video pada perangkat seperti windows, tablet, ipad, tv, ataupun android. Beberapa alasan menggunakan aplikasi ini karena, aplikasi ini bisa kompres video online dengan menggunakan fomat apapun, gratis dan open source, serta bisa digunakan di windows, linux dan Mac.

Cara Memperkecil Video Menggunakan Aplikasi Handbrake

Silahkan download dan install aplikasi handbrake. Setelah diinstall buka dan langsung video yang akan dikompres ukurannya.

Setelah memilih video yang sudah dipilih dan akan diperkecil, tentukan lokasi yang akan menyimpan hasil kompres video. Pada bagian ‘destination’ klik browse dan tentukan lokasi penyimpanan kompres dan namai file tersebut.  Kemudian, ‘preset’ pilih ‘normal’ dan atur output setting dan pilih ‘mp4’ dan cebtang langsung ‘web optimized’

Selanjutnya, ubahlan resolusi ukuran pada video menjadi 360 atau 480 dari ukuran aslinya. Pada bagian tab ‘video’ atur ‘video codec’ menjadi ‘H.264/ x 264’. Selanjutnya, klik start encode, kemudian handbrake akan langsung mengkompres video. Tunggulah beberapa menit sampai proses selesai.

Setelah proses selesai, lihat kembali lokasi hasil folder dari kompres tadi dan lihat hasilnya.

Mudah sekali cara mengecilkan ukuran video via aplikasi handbrake. Handbrake juga merupakan salah satu aplikasi yang digunakan dalam keadaan offline. Cukup mudah bukan untuk kompres video? Semoga tidak membingungkan lagi untuk Anda mencari aplikasi atau cara memperkecil ukuran video seperti film atau musik video.


sumber: https://rahasiatekno.com/kompres-video/

profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di