CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
5 Cara menghilangkan kecemasan berlebihan selama pandemi COVID-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee5eb59c342bb66ca0478fd/5-cara-menghilangkan-kecemasan-berlebihan-selama-pandemi-covid-19

5 Cara menghilangkan kecemasan berlebihan selama pandemi COVID-19

5 Cara menghilangkan kecemasan berlebihan selama pandemi COVID-19


Perasaan takut, cemas, sedih, kesepian dan stres adalah hal yang mungkin kamu rasakan selama pandemi Corona ini. 

Hal ini wajar Gan. Kamu tidak tahu seberapa lama pandemi Covid-19 akan terjadi, seberapa lama kamu harus melakukan isolasi diri, dan seberapa buruk lagi dampak yang menanti.  Meski begitu, jangan biarkan rasa cemas ini terus terjadi.

Rasa cemas dan takut berlebihan dapat memengaruhi kesehatan mental dan imunitas kamu. Itu sebabnya penting untuk menerapkan beberapa tips berikut sebagai cara menghilangkan kecemasan berlebihan selama pandemi.

1. Hindari memantau informasi perkembangan COVID-19 secara berlebihan

 

Mendapatkan informasi selama pandemi Corona memang penting. Kamu harus tahu cara-cara tepat untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Corona.

Meski begitu, memantau informasi terkait pandemi secara berlebihan berpotensi menambah rasa cemas dan kepanikan, apalagi bila kamu justru melihat informasi-informasi keliru dan sensasional yang beredar.

Itu sebabnya cara menghilangkan kecemasan tersebut adalah dengan menyaring menyaring serta membatasi konsumsi media selama pandemi dan isolasi diri berlangsung.


Spoiler for misalnya:

Cek fakta sebelum meneruskan informasi yang kamu dapat. Dengan begitu kamu bisa menghindari penyebaran rumor dan menciptakan kepanikan yang tidak perlu.

2. Kenali rasa cemas yang kamu rasakan

 

Daripada hanya mengabaikan dan membiarkan semua rasa cemas menumpuk, ambilah catatan dan tulis apa yang kamu rasakan.  

Mengenali rasa cemas dapat dapat membuat kamu kembali memegang kendali atas diri. Setelah mengenalinya, carilah sumber dari mana kecemasan itu muncul. 

Kecemasan adalah respon emosional terhadap ancaman masa depan yang diantisipasi. Ada banyak kepanikan yang mungkin kamu rasakan di tengah wabah pandemi ini karena itu carilah hal spesifik yang membuat kamu benar-benar peduli dan cemas.

Semakin baik kamu menemukan penyebab dari rasa cemas itu, semakin mudah kamu mengelola kecemasan yang kamu rasakan. 

3. Tetaplah terhubung meski di tengah isolasi diri

 

Social yang distancing mau tidak mau membuatmu mengurangi interaksi fisik dalam keseharian. Itu sebabnya, tidak jarang di tengah isolasi diri dan social distancing ini kamu justru merasa semakin kesepian. 

Jangan biarkan rasa kesepian ini terjadi terus menerus. Pasalnya, kesepian dapat memperburuk kecemasan dan depresi.

Oleh karena itu, walau harus mengurangi interaksi secara fisik, penting agar kamu tetap merasa terhubung secara sosial. Gantilah interaksi fisik dengan sosialisasi secara virtual, misalnya dengan menelepon atau melakukan teleconference. Ini dapat menjadi alternatif cara menghilangkan kecemasan berlebihan dan mengurangi risiko depresi selama pandemi berlangsung.

4. Fokus pada hal-hal yang bisa kamu kontrol

 

Alihkan fokus pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan saja. Misalnya, kamu tentu tidak dapat mengontrol seberapa parah wabah Corona akan terus terjadi, tetapi kamu dapat mengambil langkah nyata untuk mengurangi risiko itu pada diri sendiri, bukan. 

Kamu dapat melakukan hal-hal lain seperti rutin mencuci tangan, hindari menyentuh wajah, menghindari kerumunan, menjaga kebersihan dan kesehatan, serta istirahat yang cukup.

Lakukan pula rutinitas yang baik untuk diri dan kesehatan jiwa misalnya dengan meluangkan waktu melakukan kegiatan yang disukai, berolahraga, meditasi atau mengikuti kelas online untuk mengasah kemampuan yang kamu miliki. 

5. Jangan ragu meminta bantuan

 

Jika merasa kewalahan dengan rasa cemas yang kamu miliki, maka jangan ragu untuk meminta pertolongan. Ceritakan kekhawatiranmu pada orang yang dapat berpikir dengan jernih.

Dari situ mungkin kamu mendapatkan perspektif lain terhadap kekhawatiran yang dimiliki.

Kamu juga dapat mencari bantuan profesional bila dirasa kecemasan itu betul-betul memengaruhi kesehatan mentalmu.

Itu  dia beberapa tips untuk mengatasi kecemasan berlebihan selama pandemi. Ingat bahwa mengatasi kecemasan berlebihan bukan berarti kamu lantas cuek dan tidak waspada. Tetap waspada, ikuti anjuran yang diberikan tapi tetap kelola rasa cemas yang kamu rasa. 



profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di