CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
8 Cara mengatasi insomnia bagi pekerja kantoran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee5e832dbf76424c571f943/8-cara-mengatasi-insomnia-bagi-pekerja-kantoran

8 Cara mengatasi insomnia bagi pekerja kantoran

8 Cara mengatasi insomnia bagi pekerja kantoran

Pekerja kantoran rentan alami gangguan tidur seperti insomnia. Beberapa penyebab insomnia bisa jadi terbiasa kerja shift malam atau karena merasa cemas dan stres akibat beban pekerjaan.

Jika kamu juga mengalami hal itu, jangan biarkan berlama-lama. Gan. Coba atasi insomnia agar tidak semakin parah dengan melakukan beberapa hal seperti:


1. Bangun tidur pada waktu yang sama di setiap harinya


 

 

Meski mungkin nampak sulit dilakukan, tidur lebih awal dan bangun tidur pada waktu yang sama setiap harinya dapat membantu kamu untuk mengatasi insomnia. Dengan begini, kamu akan melatih tubuhmu untuk terbiasa dengan jam tidur dan bangun yang sehat. 

2. Kurangi kafein

 

Efek kafein dapat menyebabkan insomnia. Pasalnya, efek kafein dapat bertahan di tubuhmu bahkan hingga dalam kurun waktu 24 jam. Selain itu, mengonsumsi kafein yang berlebih bisa menyebabkan kamu sering terbangun pada malam hari.

3. Batasi aktivitas dari tempat tidur

 


Memang terasa nyaman ketika kita beraktivitas di tempat tidur seperti membaca buku, bermain gawai, belajar dan menonton tv. Tetapi hal ini ternyata bisa menyebabkan sulit tidur dan mudah terjaga.

4. Kurangi waktu tidur siang

 


Tidur siang memang salah satu cara yang tepat untuk mengejar kekurangan waktu tidur. Tetapi tidur siang tidak selalu baik, salah satu alasannya ternyata bisa menyebabkan pola tidur yang berantakan dan memengaruhi kualitas tidur pada malam hari. 

5. Olahraga secara teratur

 


Berolahraga ternyata dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur, apalagi jika dilakukan beberapa jam sebelum tidur.

Cara ini mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya bisa menghilangkan efek stimulan pada tubuh, kamu bisa mencoba berolahraga minimal tiga jam sebelum tidur.

6. Buat lingkungan tempat tidur senyaman mungkin

 


Kamu bisa membuat lingkungan tidur kamu senyaman mungkin. Misalnya kamu bisa mengontrol suhu ruangan, pencahayaan lampu, dan ketenangan kamar tidur.

Selian itu, jika kamu memiliki hewan peliharaan, sebaiknya jangan biarkan mereka tidur  di kamarmu untuk beberapa waktu. Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat tidur lebih tenang.

7. Hindari makan atau minum tepat sebelum tidur

  


Makan larut malam atau mengemil sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem penernaan dan membuatmu tetap terjaga. Selain itu minum banyak cairan sebelum tidur juga dapat membuatmu tiap sebentar ke toilet dan ini akan mengganggu tidur kamu.

Karena itu cobalah menghindari kebiasaan makan atau minum tepat sebelum tidur.

8. Melakukan relaksasi

 


Relaksasi bisa menurunkan beban pikiran dan menurunkan ketegangan pada otot di berbagai area tubuh. Jika hal ini rutin dilakukan, maka hal ini akan sangat membantu untuk mengatasi insomnia yang kamu alami.

Teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan sebelum tidur, misalnya seperti latihan pernapasan dan meditasi.

Sebagai seorang pekerja, tidur berkualitas dan pola hidup sehat tentu sangat penting untuk menunjang produktivitas selama bekerja. Oleh karena itu, segera melakukan beberapa cara mengatasi insomnia adalah hal yang penting untuk kamu Gan.

Tapi ingat, jika kondisimu terus berlanjut, kamu juga bisa berkonsultasi tentang masalah insomniamu pada dokter atau psikolog.

Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan mental dan kesehatan fisik kamu agar kamu bisa bekerja secara optimal dan efisien,


sumber
profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di